Cobain Nih 5 Tempat Sarapan di Medan Terfavorit

Mengonsumsi sarapan di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah mendapatkan energi untuk bekal aktivitas di siang hari. Buat kamu yang sedang berwisata ke Medan, Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk mencoba rekomendasi tempat sarapan di Medan yang satu ini.

Ya, Medan memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Ke Medan tidak berburu kuliner maka akan sangat sayang untuk dilewatkan, seperti misalnya soto Medan, durian Ucok, sampai lontong Medan.

Berikut ini akan kami bagikan rekomendasi tempat buat kamu yang ingin cari sarapan di Medan. Simak terus informasinya ya!

Baca Juga: 5 Restoran di Puncak Dekat Taman Safari Bogor

1. Soto Udang Kesawan

tempat sarapan medan soto udang kesawan

Nah, buat kamu pecinta seafood atau makanan laut, kayaknya harus mampir deh ke tempat yang satu ini. Ya, sesuai namanya, kedai kuliner Soto Udang Kesawan menyuguhkan menu makanan soto dengan bahan utama berupa udang. Ini lah yang membuat warung Soto Udang Kesawan ini berbeda dengan warung soto pada umumnya, yakni menyuguhkan daging sapi atau ayam.

Meski demikian, bagi kamu yang alergi udang, kamu juga bisa menggunakan toping daging ayam atau sapi. Kuahnya sendiri cenderung memiliki warna yang sedikit pucat, tapi punya cita rasa gurih dan ringan, tanpa berbau amis dari udangnya. Harga seporsinya mulai dari Rp 23 ribu sampai Rp 28 ribu aja.

Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.116, Kesawan, Kota Medan.

2. RM Sinar Pagi

Banyak yang bilang kalau RM Sinar Pagi menjadi salah satu restoran yang terkenal di Medan. Bahkan katanya tidak sah disebut orang Medan kalau nggak pernah berkunjung ke RM Sinar Pagi. Ada apa sih memangnya?

RM Sinar Pagi terkenal akan makanan Soto Medan. Warung ini sudah ada sejak tahun 1950-an lho. Soto Medang di RM Sinar Pagi ini terkenal lezat dengan sajian potongan daging yang disiram kuah santan kental berwarna kuning kehijauan. Makin nikmat bila disantap dengan sepiring nasi. Kalau kamu nggak doyan soto santan, ada juga soto ayam buat yang tak kalah nikmat.

Alamat: Jl. Sei Deli, Silalas, Medan.

3. Mie Balap Wahidin

Kalau di Surabaya ada lontong balap, maka di Medan ada mie balap. Eits, ini bukan balapan kebut-kebutan ya tapi. Disebut mie balap karena penyajiannya yang cepat, bak pembalap. Nah, salah satu kedai mie balap yang terkenal adalah Mie Balap Wahidin.

Kedan Mie Balap Wahidin sendiri terbilang sangat sederhana, yakni dijual di atas gerobak dengan sepeda. Mie balap yang dijual di sini hanya ada dua jenis, yakni mie tiaw dan bihun yang dimasak dengan cara digoreng dan beragam topping, mulai dari polos, telur, seafood (udang dan cumi), hingga bakso ikan.

Alamat: Jl. Bambu Runcing No.25, Pahlawan, Kota Medan.

Baca Juga: Maknyus! Ini Dia 5 Nasi Pecel Enak di Surabaya

4. Lontong Kak Lin

Kuliner Medan berikutnya yang tak kalah terkenal dan cocok dijadikan menu sarapan adalah Lontong Kak Lin. Sajian lontong ini berbeda dengan lontong Betawi, yakni memiliki rempah yang khas dengan topping bihun dan bumbu rendangnya.

Kedai Lontong Kak Lin ini sudah ada sejak 1994. Selain lontong Medan, ada juga menu makanan lain, seperti lontong pecel dan nasi gurih. Lontong pecel ini mirip seperti pecel tapi dipadukan dengan kuah gurih dengan tambahan telur balado, sayuran, dan juga kerupuk merah. Dijamin bikin kamu nambah deh.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kota Medan.

5. Bihun Bebek Kumango

Kalau berkunjung ke sebuah daerah, jangan makan yang itu-itu aja. Cobain kuliner unik khas daerah tersebut, seperti misalnya Bihun Bebek Kumango yang menjadi salah satu kuliner di Medan terlaris. Sesuai namanya, bihun bebek merupakan hidangan berupa bihun yang disajikan dengan irisan daging bebek yang melimpah.

Selain irisan daging bebek, ada juga topping lain seperti sawi, daun bawang, dan bawang putih. Cara makannya adalah disiram dengan kuah yang tidak terlalu kental dengan cita rasa yang gurih. Daging bebeknya pun tidak terasa amis dan juga memiliki tekstur yang empuk. Ada juga topping tambahan berupa hati dan ampela.

Alamat: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kota Medan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Jogja

Exit mobile version