Tempat Wisata Mulai Dibuka Kembali, Cek Tips Aman Liburan Berikut

tips wisata aman ide liburan akhir tahun

Tips Liburan Aman Selama Pandemi – Seiring mulai meredanya kasus penularan Covid-19 di Indonesia, pemerintah pun mulai merenggankan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Sejumlah tempat wisata pun satu per satu mulai dibuka kembali.

Sebelumnya, ketika kebijakan PPKM ketat diterapkan berbagai ruang publik, termasuk tempat pariwisata sempat ditutup guna mencegah penyebaran virus. Meski kini telah dibuka kembali, pemerintah tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu taat protokol kesehatan dengan menerapkan standar prokes 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan membatasi aktivitas.

Nah, buat kamu yang sudah tidak sabar untuk pergi liburan bersama kawan atau keluarga, Jnews punya beberapa tips nih terkait aman berwisata di masa pandemi. Simak informasinya di bawah ini ya!

Baca Juga: Mulai 26 Oktober, Beli Tiket Kereta Api Wajib Pakai NIK

Tips Aman Liburan

1. Cek Kesehatan

Sebelum kamu pergi liburan, pastikan dulu apakah kamu dalam kondisi yang sehat. Kalau kamu merasa tidak enak badan, sebaiknya urungkan niat untuk pergi. Atur ulang jadwal liburan kamu setelah kondisi kesehatan membaik. Memeriksa kondisi kesehatan bisa dilakukan dengan cara screening mandiri.

Selain itu, ada baiknya pastikan di antara kamu dan rombongan sudah melakukan vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Vaksin ini termasuk penting dan wajib, terlebih saat ini semua tempat wisata mewajibkan pengunjungnya harus sudah vaksin. Kalau belum, bisa-bisa nanti kamu harus menunggu di parkiran, sementara teman atau keluarga asik berwisata.

2. Cek Syarat Perjalanan

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki aturan yang berbeda terkait syarat perjalanan. Nah, hal ini lah yang musti kamu periksa terlebih dahulu. Misal kamu ingin berwisata ke Jogja, maka periksa dulu syarat yang diberlakukan di daerah tersebut.

Kemudian, jika kamu bepergian menggunakan moda transportasi angkutan umum, seperti kereta, bus, atau pesawat, pastikan dulu syarat-syaratnya. Biasanya, yang wajib adalah menyerahkan bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama dan juga melampirkan bukti hasil test antigen atau PCR.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Malam di Jogja Terbaik, Ada Tempat Makan Cinta dan Rangga

3. Disiplin Prokes

Selain menerapkan tips liburan di atas, tips yang satu ini sangat penting. Menerapkan protokol kesehatan dapat mencegah penyebaran rantai virus Covid-19. Kamu tidak akan tahu kan bahwa sebelah kamu terpapar virus atau tidak ketika pergi ke tempat wisata, bukan? Karenanya, pastikan kamu menyiapkan masker cadangan yang banyak selama perjalanan liburan.

Selain itu, siapkan juga hand sanitizer dan kalau bisa cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum makan. Usahakan jangan menyentuh langsung benda-benda menggunakan jari, seperti gagang pintu, pegangan tangga, atau tombol lift. Jika terpaksa, segera bersihkan tangan.

4. Pakai Kendaraan Pribadi

Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi jadi pilihan yang tepat di masa pandemi. Hal ini dimaksudkan untuk membatasi diri dari kerumunan. Jika bepergian dengan kendaraan pribadi, paling tidak kamu satu atap kendaraan dengan orang yang dikenal, seperti keluarga atau kawan.

Keuntungan berikutnya menggunakan kendaraan pribadi tentu saja kamu bebas untuk pegi ke mana saja selama liburan. Kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan sebagai tempat jika ingin makan di luar. Namun, pastikan bahwa selama di kendaraan tetap menggunakan masker dan menyediakan perlengkapan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Aturan Baru, Calon Penumpang Pesawat Wajib PCR

Exit mobile version