Temukan Keseimbangan dengan Teknologi yang Tepat

Alat yang baik seharusnya membuat hidup Anda lebih mudah. Itu sama benarnya di dunia digital seperti halnya di tempat lain. Saat ini, orang menggunakan alat digital untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas, mulai dari menemukan taman bermain untuk anak-anak mereka hingga memeriksa ramalan cuaca, memberi mereka lebih banyak ruang untuk fokus pada hal yang paling penting bagi mereka.

Teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu, dan upaya Kesehatan Digital kami dapat membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik mungkin—sehingga teknologi selaras dengan hidup Anda, tanpa gangguan yang tidak diinginkan. Di Google, kami berkomitmen untuk memberi semua orang alat yang mereka butuhkan untuk mengembangkan rasa kesehatan digital mereka sendiri.

Di Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, kami membagikan beberapa alat dan fitur di seluruh produk kami yang diharapkan dapat membantu Anda menemukan keseimbangan yang lebih baik dengan teknologi untuk mencapai rasa kesejahteraan digital pribadi Anda.

Baca juga: Bersama Grab, Kemenhub Dorong Vaksinasi Ojol dan Taksol

Menciptakan kesadaran yang lebih besar akan penggunaan teknologi sehari-hari

Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi Anda adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan. Alat Kesehatan Digital Android memberi Anda gambaran harian tentang seberapa sering Anda memeriksa ponsel dan seberapa sering Anda menggunakan berbagai aplikasi.

Timer Aplikasi di Android

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menetapkan batas waktu penggunaan suatu aplikasi. Setelah Anda mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap. Jadi, Anda hanya akan menghabiskan waktu yang Anda inginkan, tepat di waktu yang Anda inginkan.

Mode Waktu Tidur di Android

Anda juga dapat lebih tenang di malam hari dengan fitur seperti mode Waktu Tidur. Jadwalkan untuk waktu tidur Anda sehingga secara otomatis mengubah layar Anda menjadi skala abu-abu (grayscale) dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb. Tidak akan ada gangguan tanpa akhir yang membuat Anda tetap terjaga.

Profil Waktu Tonton di YouTube

Profil waktu tonton memungkinkan Anda memeriksa rata-rata waktu tonton harian Anda. Ini juga menunjukkan berapa lama Anda telah menonton video di YouTube dalam satu hari tsb, kemarin, dan selama 7 hari terakhir. Fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler.

Membatasi gangguan untuk memungkinkan Anda fokus pada hal yang paling penting

Mode Fokus di Android

Mode fokus memungkinkan Anda memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika Anda ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, Anda dapat mengaktifkan mode ini, bahkan Anda dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

Baca juga : Kemenperin Dukung IKM Ekspor Produk Halal ke Jepang

Mode Do Not Disturb di Android

Mode ini dapat membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Anda dapat memilih apa yang Anda blokir dan apa yang Anda izinkan.

Pengingat Istirahat di YouTube

Setelah Anda tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan di aplikasi, Anda mungkin ingin menetapkan batas. Anda mudah lupa waktu saat sedang bersenang-senang, itulah sebabnya kami akan membantu Anda menyiapkan pengingat untuk beristirahat. Buka saja pengaturan Anda dan pilih jumlah waktu YouTube yang tepat untuk Anda. Setelah Anda mencapai batas itu, pengingat akan muncul di layar Anda.

Notifikasi: Ringkasan Terjadwal

Secara default, semua suara dan getaran dari aplikasi YouTube dinonaktifkan antara pukul 10 malam dan 8 pagi. Anda dapat menyesuaikan waktu mulai dan berakhir untuk memastikan bahwa notifikasi dari aplikasi YouTube dikirim secara diam-diam ke ponsel Anda selama waktu yang ditentukan setiap hari. Jika Anda ingin lebih mengontrol saat menerima notifikasi dari YouTube, Anda dapat menggabungkan semua notifikasi YouTube ke dalam satu notifikasi setiap hari dan menyetel waktu tertentu untuk menerima ringkasan Anda di pengaturan akun YouTube Anda.

Teknologi baik adalah yang meningkatkan kehidupan, bukan mengalihkannya.

Tujuan kami selalu menciptakan produk yang meningkatkan kehidupan orang-orang yang menggunakannya. Kami terus-menerus terinspirasi oleh cara orang menggunakan teknologi untuk mengejar pengetahuan, menjelajahi minat mereka dan dunia di sekitar mereka, atau sekadar membuat keseharian mereka sedikit lebih mudah.

Namun seiring dengan semakin meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang hal ini mengalihkan perhatian dari hal-hal yang paling penting bagi kita. Kami percaya teknologi harus memainkan peran yang bermanfaat dan berguna dalam kehidupan orang-orang, dan kami berkomitmen untuk membantu semua orang mencapai keseimbangan yang terasa tepat bagi mereka.

Mari kita temukan keseimbangan dengan teknologi dan kesehatan yang tepat bagi diri sendiri dan orang – orang di sekeliling kita. Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!

Exit mobile version