Cara Mudah Melacak HP dengan Fitur Temukan Perangkat Saya dari Google

Temukan Perangkat Saya atau Find My Device adalah salah satu fitur yang disediakan Google. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menemukan HP yang hilang entah ke mana. HP sudah seperti hidup seseorang yang berisi semua data pribadi dan foto atau video untuk kepentingan pekerjaan maupun pribadi. Karena itu, kehilangan HP bagi sebagian orang berarti kehilangan yang sangat besar.

Lebih dari itu, ketakutan utama dari kehilangan HP adalah disalahgunakan oleh pihak yang menemukan atau mengambilnya. Karena itu, HP tersebut harus ditemukan. Jika tidak bisa kembali, setidaknya semua data di HP tersebut bisa dihapus dari jarak jauh.

Melacak HP dengan Fitur Temukan Perangkat Saya

Untuk menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya atau Find My Device perlu persiapan singkat lebih dulu. Meski panik, cobalah untuk tetap tenang dalam melakukan persiapan serta pelacakan.

Cara Mudah Melacak HP dengan Fitur Temukan Perangkat Saya dari Google

1.  Memastikan HP Dapat Terlacak

Bagi yang belum kehilangan HP, pastikan telah mengaktifkan langkah-langkah di bawah ini. Beberapa langkah ada di “Pengaturan Keamanan Pada Perangkat”.

  1. Masuk ke akun Google yang digunakan oleh HP.
  2. Aktifkan fitur “Lokasi”
  3. Aktifkan fitur “Temukan Perangkat Saya”.
  4. Aktifkan fitur “Simpan Lokasi Terbaru” yang bisa melacak perangkat tersebut meski sedang off-line.
  5. Sudah install fitur “Temukan Perangkat Saya” dari Google Play. Pelacakan bisa juga dilakukan melalui browser.
  6. Membuat kode verifikasi 2 langkah.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, lakukan percobaan pelacakan HP tersebut dengan bantuan teman tepercaya untuk memastikan bahwa fitur “Temukan Perangkat Saya” bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Melacak HP Hilang Pakai Google Maps, Gampang Gan!

2. Cara Melacak HP dari Google

  1. Karena akan dilakukan pelacakan real-time, maka dibutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil.
  2. Buka laman android.com/find, lalu setujui Google untuk melacak lokasi HP yang hilang. Pelacakan akan lebih efektif menggunakan aplikasi karena sering kali browser lebih lambat melakukan penyesuaian.
  3. Pastikan pelacakan menggunakan akun Google yang sama dengan yang ada di HP yang dilacak tersebut, karena pelacak harus terhubung dengan perangkatnya.
  4. Jika akun Google tersebut digunakan oleh lebih dari satu perangkat, pilih jenis perangkat yang hilang.
  5. Jika akun Google tersebut digunakan oleh lebih dari satu profil pengguna, masuk melalui profil pengguna utamanya.
  6. Begitu masuk atau login sudah dilakukan, akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service dan informasi mengenai lokasi HP di Maps.
  7. Lokasi tersebut mungkin saja tidak akurat atau hanya merupakan perkiraan. Jika sempat mengaktifkan fitur “Simpan Lokasi Terbaru” sebelumnya, maka HP dapat terlacak lebih akurat meski sedang off-line.

3. Menemukan, Mengunci dan Mengapus Data HP dari Jarak Jauh

Inti dari pelacakan dengan Temukan Perangkat Saya di atas adalah agar bisa menemukan HP tersebut untuk digunakan lagi. Namun jika tidak dapat ditemukan, setidaknya pemilik HP dapat mengunci atau bahkan menghapus saja data di dalam HP tersebut demi keamanan.

Ada 3 fasilitas yang disediakan Google dalam Temukan Perangkat Saya untuk menemukan, mengunci dan menghapus data di HP dari jarak jauh, yaitu:

Putar Suara atau Play Sound

Fasilitas dalam Temukan Perangkat Saya ini akan memungkinkan pemilik menderingkan HP dengan volume maksimal selama 5 menit tanpa henti, meski perangkat disetel ke mode senyap atau getar. Ini bermanfaat jika lokasi HP terdeteksi di rumah atau mobil dan lingkungan privat lainnya. Sebaiknya jangan dilakukan jika HP terdeteksi di tempat ramai, sampai pelacak benar-benar sudah berada dekat dengan HP yang dilacak tersebut.

Amankan Perangkat atau Secure Device

Pemilik dapat mengunci HP yang hilang tersebut dengan menggunakan password, pola atau PIN. Meski dalam keadaan terkunci, pemilik dapat mengirinkan pesan yang akan tampak pada layar HP yang hilang tersebut. Isi pesan misalnya nomor HP lain yang bisa dihubungi oleh penemu Hp tersebut.

4. Hapus Perangkat atau Erase Device

Fasilitas ini akan menghapus semua data dan pengaturan dalam HP yang hilang dari jarak jauh. Fasilitas ini bisa digunakan jika sudah tidak ada harapan HP bisa kembali lagi.

Namun, data yang bisa dihapus adalah data yang tersimpan di dalam perangkat atau HP saja. Sedangkan data yang ada di kartu SD atau memori eksternal lainnya tidak dapat dihapus. Karena semua data dan pengaturan sudah dihapus, maka fitur “Temukan Perangkat Saya” tidak bisa digunakan lagi di HP yang hilang tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Agar Terhindar dari Penipuan

Melakukan pengaturan Temukan Perangkat Saya sebagai tindakan berjaga-jaga jika HP hilang hanya membutuhkan waktu sebentar. Namun kadang pemilik HP menganggap hal ini kurang penting, hingga akhirnya malah terlupakan. Baru kemudian saat HP benar-benar hilang, pemilik baru kebingungan dan menyesal tidak melakukan pengaturan ini. Jadi, ada baiknya sempatkan waktu untuk mengamankan gawai yang dimiliki, agar nantinya tidak merepotkan.

Selamat mencoba.

Exit mobile version