Tertarik Bisnis Franchise? Pelajari Dulu Strateginya

strategi bisnis franchise

STRATEGI MEMBANGUN BISNIS FRANCHISE

Tertarik untuk menjajal bisnis Franchise? Meski popularitas bisnis franchise atau waralaba tidak pernah memudar dari waktu ke waktu, terutama di Indonesia, namun bisnis satu ini juga memiliki kerumitan tersendiri dalam menjalankannya. Anda butuh strategi bisnis franchise yang baik dan benar.

Berbisnis franchise memungkinkan Anda sebagai franchisee (penerima waralaba) untuk mendapatkan hak dalam menjual produk atau jasa dari bisnis milik franchisor (pemilik waralaba), yang sudah lebih dulu berjalan serta memiliki banyak pelanggan.

Bila Anda baru atau tertarik menjajal bisnis franchise, pelajari dulu strategi berikut ini agar bisnis franchise Anda bisa sukses dan menguntungkan.

7 Strategi Menjalankan Bisnis Franchise

1. Selektif dalam Memilih Jenis Franchise dan Brand

Sebelum menetapkan pilihan, selektiflah dalam memilih jenis franchise dan brand yang akan Anda kembangkan. Anda perlu mempertimbangkan betul-betul jenis usaha apa yang hendak Anda jalankan.

Di balik pertimbangan tersebut, pertimbangan lainnya berupa jenis usaha tersebut dibutuhkan masyarakat, besaran peluangnya, peralatan, tingkat kesulitan, strategi dan perencanaan matang, dan sebagainya.

Anda harus betul-betul selektif dalam memilihnya, mulai dari jenis franchise itu sendiri dan brand yang menopang di baliknya. Bagaimana reputasi brandfranchisor tersebut? Pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya matang-matang.

BACA JUGA: 3 Risiko Bisnis Online yang Perlu Kamu Ketahui

2. Rencanakan Semuanya Dengan Matang, Dari A Sampai Z

Setelah memilih jenis usaha dari sebuah brand, strategi bisnis franchise selanjutnya adalah menyusun perencanaan mulai dari bagaimana Anda akan memasarkannya, memilih lokasi, merekrut tim, dan berbagai kegiatan pemasaran dan operasional lainnya.

Penting untuk merencanakan semuanya dengan matang dari A sampai Z. Namun jangan terlalu berpaku pada perencanaan yang matang dan sempurna, eksekusi tetap menjadi langkah berikutnya yang harus segera Anda lakukan.

3. Fokus Dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Memberi pelayanan yang buruk, selain akan mempengaruhi kepuasan pelanggan ke arah yang lebih negatif, Anda juga akan merusak citra brandfranchisor dan tentu akan mempengaruhi relasi yang buruk dengan dua pihak utama tersebut.

Sebaliknya, upayakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan Anda dan pastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

4. Manfaatkan Segala Sumber Daya dan Dukungan dari Franchisor

Manfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam dukungan lainnya.

Kuatkan relasi yang baik dengan franchisor dan mereka pun akan setiap membantu Anda dalam menyukseskan bisnis franchise Anda.

Karena biar bagaimana pun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa Anda sebagai pemegang hak jual. Jadi, mereka akan selalu senang dalam mendukung bisnis franchise.

BACA JUGA: Bisnis Kecil dan Menengah yang Paling Terdampak Covid-19

5. Bangun Reputasi

Sedari awal Anda menjalankan bisnis franchise, mulailah bangun reputasi di tengah-tengah masyarakat, terutama komunitas tertentu yang sejalan dengan jenis usaha yang Anda pilih.

Ikuti kegiatan-kegiatan mereka baik dalam bentuk bazaar maupun event lainnya. Jangan ragu menjadi sponsor atau donatur di acara-acara mereka.

6. Pilih Lokasi yang Strategis

Dari sekian banyak yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise, memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang terpenting. Pilihlah lokasi yang strategis dengan pasar yang sesuai dengan target pelanggan Anda.

Perlu diketahui bahwa lokasi yang ramai bukanlah jaminan bahwa sebuah bisnis mampu menarik pelanggan untuk berbondong-bondong datang ke lapak Anda bak magnet menarik kumpulan paku kecil.

7. Ikut Serta dalam Berbagai Event

Ini juga menjadi salah satu tahap terpenting dalam menerapkan strategi bisnis franchise. Manfaatkan pula keikutsertaan dalam berbagai event bila memungkinkan. Namun, selektiflah dalam memilih event apa yang cocok untuk jenis usaha Anda menurut target pasarnya.

Pilihlah event yang cocok untuk jenis Anda, semisal menawarkan jasa ekspedisi pengiriman barang di acara seminar pebisnis online.

Tertarik untuk bisnis franchise? Nah itulah strategi yang harus Anda terapkan dalam membangun dan menjalankan bisnis franchise.

BACA JUGA: Tips Menguasai Instagram untuk Bisnis Online

Exit mobile version