Tips Belanja Online di Momen Lebaran

tips belanja online lebaran idulfitri 1442 H

Lebaran sudah di depan mata. Hayoo siapa di antara kamu yang belum punya baju lebaran? Jelang lebarang kemarin sejumlah e-commerce saling unjuk kebolehan memberikan berbagai macam promo menarik dan juga potongan harga. Alhasil, minat belanja online masyarakat pun menjadi meningkat dalam beberapa minggu ke belakang.

Entah mengapa, belanja barang baru sepertinya sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia ketika menjelang hari raya. Terlebih ketika hari raya Idulfitri, biasanya para kantor memberikan yang namanya Tunjangan Hari Raya atau THR, pastinya makin kalap deh belanja online. Nah, agar kamu tidak kalap dalam belanja online di momen lebaran Idulfitri 1442 H, berikut sejumlah tipsnya.

Baca Juga: Persiapan Lebaran Nagita Slavina, Seperti Apa Sih?

1. Belanja sesuai kebutuhan

Tips belanja online pertama di momen lebaran adalah pastikan kamu membuat rencana belanja. Pastikan daftar tersebut sejalan dengan apa yang kita rencanakan. Jangan sampai di tengah-tengah, kamu malah belanja hal yang lain, tidak sesuai dengan kebutuhan. Biasanya ini terjadi karena kamu tergiur dengan promo menarik produk lainnya.

2. Bandingkan antar seller

Tips belanja online berikutnya adalah kamu harus rajin mengecek perbandingan antara penjual (seller) satu dengan lainnya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Selain mengecek harga, cek juga perbandingan ongkos kirim yang ditawarkan. Semakin jauh jarak penjual dengan kamu, pastinya ongkos kirim juga akan meningkat.

3. Pilih situs belanja online terpercaya

Di era canggih seperti saat ini, ada banyak sekali tindak kejahatan menggunakan teknologi siber. Masih ingat kan kamu kasus Grab Toko awal tahun lalu? Kalau kamu tidak mau mengalami nasib yang sama seperti pembeli di Grab Toko, makanya pilih situs e-commerce yang terpercaya. Jangan hanya mengandalkan testimoni, karena testimoni belum tentu benar dan bisa dibuat-buat.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Smartphone Xiaomi untuk Lebaran

4. Pilih seller dengan reputasi baik

Kamu sudah dapat barang yang diinginkan? Cek dulu seller-nya punya reputasi baik atau tidak. Seller dengan reputasi baik biasanya fast respon dalam melayani chat pembeli, pengiriman tepat waktu, dan bertanggung jawab. Perhatikan juga foto produknya, apakah asli atau mengambil dari tempat lain.

5. Teliti sebelum membeli

Teliti sebelum membeli di sini maksudnya di antaranya adalah baca deskripsi baik-baik. Banyak dari pembeli yang protes karena barang tidak sesuai, padahal dirinya sendiri tidak membaca deskripsi dengan baik dan sudah terkecoh dengan judul, foto, dan harga yang menarik. Tak jarang terjadi keributan antara penjual dengan pembeli akibat kesalahan sepele tapi fatal seperti ini.

Nah, itu dia tadi beberapa tips belanja online Lebaran yang bisa kamu terapkan di momen Idulfitri 1442 H. Kami segenap tim dari Jnewsonline mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat merayakan Lebaran! Tetap waspada dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Dari Pada Kerumunan Belanja Lebaran, Mending Online dari e-Commerce

Exit mobile version