Tips Beli Motor Listrik, Nomor 4 Penting Banget!

Tips Beli Motor Listrik

Tips Beli Motor Listrik – Kendaraan listrik atau electric vehicle kini tengah menjadi pilihan menarik di sejumlah masyarakat. Salah satu penyebabnya tentu saja karena pemerintah menaikkah harga BBM, baik yang bersubsidi maupun yang tidak.

Sejalan dengan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik yang mulai meningkat, pemerintah pun gencar mendorong penggunaan kendaraan listrik. Berbagai upaya pun dilakukan, seperti merancang peta jalan penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi nasional.

Bahkan Presiden Joko Widodo juga telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) terkait Percepatan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (Mobil Listrik). Perpres tersebut merupakan landasan bagi pelaku industri otomotif di Indonesia untuk membangun dan mengembangkan mobil listrik.

Baca Juga: Tokopedia Jual Mobil Listrik Tesla, Diskon Sampai Rp 50 Juta

Nah, bicara soal kendaraan listrik, di Indonesia sudah ada mobil listrik dan motor listrik. Harga mobil listrik paling murah yang sudah resmi dijual saat ini baru sebatas Wuling Air EV dengan harga mulai dari Rp238 juta. Namun, untuk sepeda motor saat ini ada banyak pilihan motor listrik menarik, mulai dari Smoot, Gesits, Uwinfly, Davigo Space, Alva One, dan lainnya.

Kalau kamu ada rencana mau beli motor listrik, simak tips memilih motor listrik berikut ini!

BBM Naik, Ini Tips Beli Motor Listrik!

1. Tentukan budget

Sama seperti ketika ingin membeli kendaraan pada umumnya, tips memilih motor listrik yang pertama tentu saja tentukan budget. Sekarang ini harga motor listrik di Indonesia bervariasi, mulai dari yang di bawah Rp10 juta, bahkan hingga menyentuh angka Rp85 juta pun ada lho, seperti motor listrik keluaran Segway. Sesuaikan budget kamu dan tentukan dengan bijak.

2. Kenali produk yang dijual

Tak kenal maka tak sayang. Yap, pepatah tersebut juga berlaku buat kamu yang mau beli motor listrik nih. Lagi-lagi, ada banyak varian yang tersedia di pasaran. Mungkin kamu bisa memilihnya dengan berdasarkan berapa jarak tempuh yang bisa dicapai atau berapa kilometer per jam yang bisa ditempuh oleh sebuah motor listrik. Kalau sudah, tinggal cari tahu fitur yang diberikan dan terakhir tentu saja sesuaikan dengan selera desain.

3. Cari tahu informasi layanan purna jual

Nggak kalah penting dari kedua tips di atas, kamu juga perlu mencari tahu soal layanan purna jual sebuah produk motor listrik. Meski ada banyak varian produk, tidak semua menawarkan layanan purna jual yang baik. Hal ini juga berkaitan terhadap apakah ketersediaan spare parts mudah didapat atau tidak. Jangan sampai ketika motor terjadi trouble, ketersediaan spare part tidak ada.

4. Pilih motor yang sudah bersurat

Tips beli motor listrik berikutnya adalah pastikan bahwa motor yang kamu beli memiliki kelengkapan surat-surat, seperti faktur, STNK, BPKB, dan tentu saja plat nomor. Sebab beberapa dari merek motor listrik tersebut tidak bisa mengurus surat-surat. Kalaupun bisa harus mengurus sendiri. Repot, bukan?

5. Pilih sistem charging atau tukar

Saat ini ada dua tipe motor listrik di Indonesia, yakni sistem charging dan tukar baterai. Sistem charging di sini adalah kamu mengisi daya seperti layaknya mengisi daya baterai HP, bisa di rumah, kantor, dan di mana saja selagi ada colokan listril. Sistem yang kedua adalah dengan tukar baterai. Untuk sistem yang kedua saat ini ada Swap dengan motor Smoot, SGB dengan motor Volta, dan Oyika dengan motor Viar. Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga: BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

Exit mobile version