Jangan Sampai Salah! Perhatikan Tips Bertransaksi Online Berikut!

belanja online

belanja online

Sejak beberapa tahun belakangan ini belanja online tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, orang-orang lebih memilih untuk belanja secara online, baik melalui saluran media sosial maupun e-commerce.

Belanja online sendiri memang lebih praktis. Kamu tak perlu beranjak dari rumah untuk membeli barang yang diinginkan. Meski demikian, kamu harus memperhatikan keamanan dari bertransaksi secara online.

Banyak kasus contoh dari hal-hal yang tidak mengenakan ketika bertransaksi online. Alih-alih mendapatkan barang yang diinginkan, bila tidak hati-hati maka justru hal buruk yang akan menimpa. Nah, untuk menghindari hal tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal dalam bertransaksi online. Simak tips bertransaksi online berikut ini!

Baca Juga: Tips Mengatasi Memori Internal HP Android yang Penuh

Tips Dalam Bertansaksi Online

1. Transaksi di situs yang menggunakan HTTPS

Tips pertama dalam bertransaksi online adalah hindari transaksi di situs yang hanya menggunakan HTTP. Sebisa mungkin, pilihlah situs yang menggunakan HTTPS (tersertifikasi SSL). Mengapa demikian? Hal ini karena situs yang menggunakan HTTPS ini lebih terlindungi dari peretas dan penjahat cyber potensial.

2. Jangan berikan identitas apapun

Sepertinya masih cukup banyak dari pengguna atau pelaku belanja online yang masih tidak mengerti akan bahayanya hal ini. Jangan pernah untuk memberikan identitas apapun kepada orang lain, walaupun mengaku dari pihak tempat kamu berbelanja.

Jangan pernah memberikan informasi apapun seperti nama, nomor kontak, alamat email, hingga informasi penagihan ke orang lain. Kamu pun jangan sesekali untuk memberikan kode verifikasi saat hendak login ke akun e-commerce kepada orang lain. Banyak yang merasa tertipu karena hal ini.

 Baca Juga: Nokia 5310 Dirilis Ulang, Berapa Harganya?

3. Jangan sembarangan membuka link (tautan)

Ada berbagai macam cara buat hacker untuk memancing calon korbannya. Salah satunya adalah membuat tautan. Nah, jika kamu menemukan tautan-tautan yang mencurigakan pada situs belanja online, terutama di situs yang tidak menggunakan HTTS, sebaiknya jangan terpancing untuk mengkliknya.

Mengapa? Karena bisa saja tautan tersebut adalah jebakan dari hacker. Tautan tersebut bisa saja disusupi oleh virus yang bisa menjebol informasi pribadi pada perangkat yang kamu gunakan, seperti smartphone atau laptop ketika belanja online.

Nah, itu dia tadi beberapa tips yang penting untuk diperhatikan ketika kamu berbelanja online. Selalu bertransaksi pada situs e-commerce terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya melalui situs Shopee.

Sebagai salah satu platform e-commerce yang besar, Shopee memiliki sistem keamanan terintegrasi karena telah mengikuti standar keamanan internasional ISO 27001 untuk menjamin keamanan privasi data penggunanya, termasuk juga untuk sistem keamanan pada metode pembayaran ShopeePay.

ShopeePay sendiri merupakan fitur layanan uang dan dompet digital terintegrasi di Indonesia yang terdapat di dalam aplikasi Shopee. Dompet digital ini dihadirkan sebagai metode pembayaran yang aman dan efektif untuk pengguna, serta bisa digunakan pada ribuan merchants yang tersebar di sekitar 200 kota di Tanah Air.

Baca Juga: Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Bekerja dari Rumah

Exit mobile version