Biar Cozy, Begini Bikin Kantor di Dalam Rumah saat WFH

Ilustrasi Home Office

Outdoor Office / www.flexjobs.com

 

Home Office – Pandemi Covid-19 membuat segala kebiasaan yang sebelumnya menjadi rutinitas dilakukan hilang seketika. Termasuk tradisi atau budaya bekerja di kantor yang harus digantikan dengan work from home.

Kondisi tersebut pun membuat banyak dilema terjadi lantaran banyak orang harus beradaptasi. Meski WFH terlihat mengasyikan, namun pada kenyataanya, setelah berbulan-bulan menjalaninya justru sebaliknya.

BACA JUGA : Awas Otak Burn Out saat WFH, Gini 6 Cara Menangkalnya

Tak sedikit pekerja yang stres lantaran suntuk dan bosan dengan suasana rumah yang dipaksa jadi kantor. Belum lagi dengan banyaknya gangguan bekerja di rumah yang membuat fokus menjadi hilang.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan meskipun tetap harus berujung dari rumah juga, yakni membuat home office atau ruang bekerja di salah satu sudut rumah yang bisa membuat WFH layaknya di kantor.

Dari beberapa literatur yang ada, cara ini dianggap paling efektif. Memang akan membuat dana keluar dari dompet, namun mengenai besarannya, tergantung soal desain apa yang dipilih serta kreativitas masing-masing.

Buat yang penasan bagaimana caranya, berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan panduanga membuat kantor di dalam rumah alias home office :

BACA JUGA : Bikin Foto Produk Kuliner UMKM Lebih Merangsang

– Menentukan ruang, sektor, atau kamar mana yang pas untuk dijadikan kantor. Sebenarnya hal ini tak mengingat harus dalam ruangan tertutup, tinggal senyamannya Anda saja.

Bahkan ada beberapa yang memiliki halaman luar rumah dijadikan kantor dengan lansakap yang terbuka. Terutama bagi pekerja yang biasa sambil menghisap rokok.

– Desain menjadi faktor penting yang harus diperhatikan usai menentukan posisi home office. Nah, seperti diungkapkan sebelumnya, memang harus mengeluarkan dana pribadi untuk membeli beberapa peralatan ala kantor, seperti meja, kursi, dan perintilan lainnya.

Tapi sebenarnya hal ini bisa diakali dengan perangkat yang ada. Artinya, tidak harus semuanya dibeli, dan paling penting lagi buat kantor di rumah senyaman-nyamannya buat Anda sendiri.

– Hiasan juga menjadi faktor penambahn agar ambiens nuansa kantor sungguhan bisa tetap hadir. Seperti rak di atas, lukisan, foto, whiteboard, dan lain sebagainya.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Conference Call Untuk Anda yang WFH

– Bila anda bekerja menggunakan PC atau banyak daya listrik. Usahakan lokasinya tidak jauh dengan colokan, pastikan juga semua diatur dengan sempurna agar nyaman dan aman.

– Kebersihan juga menjadi hal yang wajib diperhatikan. Bila di perkantoran ada office boy yang biasa membersihkan, maka di kantor rumah Anda sendiri yang harus merangkap menjadi OB.

Exit mobile version