Tips Bisnis Tetap Lancar di Tengah Pandemi

Tips Bisnis Tetap Lancar di Tengah Pandemi

Grafik Promosi di Media Sosial

Pandemi Covid-19 yang datang tiba-tiba merusak tatanan perekonomian, terutama pada kalangan pelaku bisnis, ini tips bisnis tetap lancar di tengah pandemi. Terlebih bagi pelaku usaha yang mengandalkan perputaran uang harian sebagai sumber penghasilan.

Nah, bagi Anda yang memiliki usaha mandiri baik berupa barang atau jasa, berikut tips bisnis tetap lancar di tengah pandemi.

BACA JUGA: 5 Podcast Inspiratif Untuk Pebisnis Pemula

Tips Bisnis Tetap Lancar di Tengah Pandemi

Menggenjot Penjualan Online

Selain karena pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, tampaknya pelaku usaha benar-benar harus menggenjot penjualan online akibat merebaknya virus corona.

Adanya anjuran physical distancing serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mengakibatkan pergerakan toko offline menjadi sangat terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memaksimalkan penjualan secara online dengan menawarkan produk melalui marketplace atau media sosial.

Bahkan penawaran melalui toko online dan media sosial juga bisa membuat Anda mendapatkan pelanggan-pelanggan baru, lho.

Manfaatkan Promosi Media Sosial

Media sosial memberikan fasilitas untuk mempromosikan bisnis Anda kepada calon pembeli baru yang lebih luas dengan mudah dan bebas biaya.

Anda hanya perlu menyiapkan konten promosi, baik foto maupun video produk untuk diunggah. Jika memiliki budget berlebih, Anda juga bisa mengalokasikan dana untuk memasang jasa endorsement.

BACA JUGA: Tips Membuat Konten Bisnis di Media Sosial

Memberikan Layanan Pengiriman Barang atau Makanan

Bila tempat Anda tinggal masih dalam kategori aman, Anda bisa menjalankan layanan pesan-antar untuk produk-produk Anda.

Kendati saat ini jasa ojek online bisa menjadi alternatif mengirim barang kepada konsumen, Anda bisa menambahkan daya tarik dengan layanan pesan-antar ini.

Anda bisa memberikan fasilitas gratis ongkos kirim untuk radius tertentu, ini tentunya lebih menarik konsumen dibandingkan ojek online yang saat ini bertarif cukup tinggi.

Kurangi Varian Menu (Bagi Bisnis Kuliner)

Semakin banyak varian menu makanan / minuman yang Anda jual, semakin banyak pula modal yang harus Anda keluarkan.

Meski banyaknya varian menu akan mendatangkan daya tarik pelanggan, namun dalam kondisi pandemi ini, Anda bisa mengurangi produk yang Anda tawarkan.

Pilihlah produk-produk andalan saja, serta produk yang Anda yakini laku di pasar dalam kondisi sekarang ini.

Memberikan Bonus atau Hadiah Bagi Pembeli

Mengingat saat ini penjualan berbagai barang sedang menurun, roda ekonomi kurang mulus, maka tidak ada salahnya Anda memberikan bonus-bonus menarik bagi pembeli Anda.

Tawarkan harga spesial atau beri tambahan produk sebagai penunjang daya tarik. Tidak ada salahnya mengurangi keuntungan agar perputaran uang bisnis Anda menjadi lebih cepat.

Itulah tips bisnis tetap lancar di tengah pandemi, yang bisa Anda aplikasikan demi kelancaran bisnis. Tetap lakukan inovasi agar bisnis anda tetap bertahan dalam situasi yang sulit ini.

BACA JUGA: 7 Cara Mendapatkan Review Bintang 5 Dari Pembeli

Exit mobile version