Tips Buat Kurir, Ini 4 Makanan dan Minuman untuk Buka Puasa di Jalan

makanan dan minuman untuk buka puasa di jalan

Kurir adalah profesi yang banyak menghabiskan waktu di jalan raya, termasuk saat momen puasa Ramadan. Foto: Twitter/ JNE Express.

JNEWS – Buka puasa di jalan menjadi salah satu konsekuensi yang dialami oleh kurir dan ojek online (ojol). Pasalnya dua profesi ini lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan atau jalan raya, termasuk saat Ramadan.

Momen Ramadan seperti sekarang, kurir dan ojol kerap harus buka puasa di tengah jalan. Selain harus menyiapkan sepeda motor dalam kondisi terbaik, asupan gizi bagi pengendaranya juga harus terjaga.

Agar kebugaran tubuh tetap terjaga selama beraktivitas, dibutuhkan asupan yang seimbang. Berikut makanan dan minuman untuk berbuka puasa bagi kurir dan ojol agar tubuh tetap bugar setiap hari.

Baca juga: 8 Cara Jitu Jualan Kuliner Online selama Ramadan

1. Kurma

Kurma adalah buah favorit nabi yang mengandung banyak manfaat. Buah ini sangat identik dengan bulan Ramadan, khususnya saat berbuka puasa.

Kurma sangat baik dikonsumsi pengendara motor yang kerap menempuh puluhan kilometer setiap harinya. Di dalam kurma terkandung vitamin, mineral, serat, dan gula untuk dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Jus, susu, air putih

Saat berpuasa satu hal yang menjadi perhatian adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Karena itu, saat berbuka puasa kembalikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Kamu bisa minum air putih yang banyak saat berbuka puasa. Atau penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan jus buah ataupun susu agar badan kembali bugar.

3. Madu

Selain kurma dan air putih, madu juga bisa jadi pilihan tepat untuk kurir dan ojol berbuka puasa saat berada di luar rumah. Madu yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak kandungan alami, seperti antioksidan dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Selain itu madu juga memiliki senyawa yang dapat mencegah antioksidan jahat yang banyak ditemui selama di perjalanan.

4. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi makanan yang direkomendasikan dikonsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, buah mengandung sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral.

Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang. Beberapa buah yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa seperti semangka, anggur, apel, jeruk, stroberi, mangga, pisang, blewah, pir, belimbing, dan lainnya.

Nah, saat berbuka puasa sebaiknya hindari minuman energi. Sebab, jenis minuman ini malah membuat tubuh lemas, perut tidak nyaman, dan sering buang air.

Baca juga: 5 Menu Buka Puasa ala Rumahan yang Patut Kamu Coba!

Exit mobile version