Tips COD yang Aman dan Nyaman

Tips COD cash on delivery

Tips COD yang Aman dan Nyaman – Jagat internet Indonesia belakangan tengah viral dengan permasalahan sistem COD atau cash on delivery di sejumlah platform e-commerce. Banyak dari masyarakat yang belum paham dengan ketetapan sistem COD yang diberlakukan oleh platform e-commerce. Alhasil, terjadi perseteruan antara pembeli dengan kurir yang mengantarkan barang.

Sebelum kita membahas lebih jauh permasalahan mengenai viral COD, ada baiknya kita memahami dulu apa itu sistem cash on delivery yang dimaksud. Sistem COD sejatinya merupakan sistem transaksi yang sudah ada sejak lama. Sistem ini muncul seiring dengan penetrasi internet dan belanja online yang semakin pesat.

Sebelum munculnya e-commerce, jual beli barang biasanya dilakukan melalui sejumlah forum, salah satunya Kaskus. Guna menghindari penipuan transaksi melalui transfer, dipilihlah metode transaksi dengan cara bertatap muka atau cash on delivery tadi.

Baca Juga: Ketentuan COD di Shopee dan Tokopedia, Jangan Sampai Salah

Dengan sistem cash on delivery, pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibeli sebelum memutuskan untuk membayarnya. Jika oke barang dibayar, jika tidak transaksi dibatalkan. Dengan demikian, pembeli bisa merasa aman tanpa harus khawatir barang tidak akan dikirim.

Nah, beberapa platform e-commerce pun akhirnya mengadopsi sistem tersebut. Namun, yang membedakan adalah barang diantar dalam kondisi terbungkus. Membuka kemasan berarti membeli. Dengan kata lain, pembeli tidak dapat memeriksa terlebih dahulu kondisi barang, apakah cacat atau tidak sesuai dengan gambar.

Yang menjadi permasalahan beberapa waktu lalu adalah pembeli merasa tidak puas dengan barang yang dibeli, sementara mereka wajib membayar karena kemasan sudah dibuka. Lalu apakah bisa dikembalikan uangnya? Jawabannya bisa. Tapi dengan cara mengklik tombol aduan di platform e-commerce dan menunggu proses refund.

Bila dibandingkan dengan sistem COD pada umumnya, sistem COD di e-commerce ini memang lebih ribet. Nah, melalui artikel ini, akan kami bagikan tips COD yang aman.

Tips COD yang Aman

1. Tentukan Lokasi COD yang Pas

Tips COD yang pertama adalah tentukan lokasi yang tepat. Usahakan untuk cari tempat yang ramai untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bahaya. Karena kita tidak akan pernah tahu siapa orang yang akan kita temui dan niat sesungguhnya. Jika kita bertransaksi di tempat ramai, paling tidak meminimalisir niat buruk orang tersebut.

2. Usahakan Jangan Pergi Sendiri

Ketika ingin bertransaksi, usahakan jangan pergi sendirian. Mita teman atau keluarga untuk menemani. Selain untuk menjadi pelindung, mengajak teman juga bisa dijadikan sarana meminta saran, terlebih teman kamu itu paham dengan barang yang ingin kamu beli, semisal smartphone. Jadi, kamu bisa tahu apakah smartphone yang ingin kamu beli itu dalam kondisi yang baik atau tidak.

Baca Juga: Gampangnya Beli Mobil Lewat Layanan OLX Autos

3. Usahakan Jangan Pergi Larut Malam

Poin yang ketiga ini sedikit menyambung dari poin yang pertama. Selain pemilihan tempat yang ramai, usahakan pilih waktu transaksi yang tepat, semisal pagi, siang, atau sore. Kalaupun terpaksa bertransaksi pada malam hari usahakan jangan terlalu larut. Hal ini juga untuk berjaga-jaga jika nanti terjadi sesuatu.

4. Selalu Waspada

Selalu waspada menjadi hal yang penting selama bertransaksi. Usahakan untuk tetap fokus jangan mudah terpengaruh dengan lawan transaksi. Jangan sampai lengah dan tetap lindungi barang berharga, seperti dompet dan bawaan lainnya.

5. Periksa Kondisi dan Kelengkapan Barang

Teliti dalam memeriksa kondisi dan kelengkapan barang merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai setelah deal dan sampai rumah, kamu malah mendapati barang yang kamu beli cacat atau tidak lengkap.

Baca Juga: Kurir Dimaki dan Dihina Goblok, Ini Tanggapan Asperindo

Sebagai perusahaan jasa ekspedisi terdepan di Indonesia, JNE pun memiliki layanan untuk cash on delivery. Informasi lebih lanjut mengenai JNE COD bisa klik link website berikut ini.

Exit mobile version