Tips Foto di Malam Hari Pakai Smartphone Agar Gambar Kece

Tips foto malam hari dengan smartphone

Smartphone dalam beberapa tahun sudah tak lagi berperan sebagai alat komunikasi saja, melainkan untuk kebutuhan hiburan dan multimedia lainnya, termasuk salah satunya mengabadikan gambar. Biasanya, smartphone menjadi kamera kedua setelah kamera profesional untuk mengambil gambar jika sedang bepergian.

Alasannya sederhana, dengan menggunakan smartphone, kamu bisa lebih ringkas dalam hal bawaan. Berbeda ketika kamu membawa kamera sungguhan untuk bepergian. Memang sih ada yang ukurannya kecil, tapi jika baterainya habis, mau tidak mau kamu mengandalkan smartphone.

Toh, sekarang ini smartphone sudah dilengkapi dengan kemampuan mengambil gambar yang canggih, baik di siang hari maupun malam hari. Namun, khusus untuk malam hari, beberapa di antara pengguna smartphone masih kesusahan untuk mengambil gambar yang bagus.

Jangan bingung-bingung deh, simak tips foto malam hari berikut ini ya!

Baca Juga: Bikin Foto Produk Kuliner UMKM Lebih Merangsang

1. Pakai night mode

Tips foto malam hari yang pertama yang paling mudah adalah menggunkan mode malam hari atau nigh mode. Mode ini sepertinya sudah umum dimiliki oleh berbagai merek smartphone, mulai dari Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga iPhone sekalipun. Tujuannya sih tentu saja untuk membantu pemotretan dalam kondisi pencahayaan rendah. Beberapa punya fitur sangat canggih dibantu software pada HP untuk menghasilkan gambar terbaik saat malam hari, termasuk mode astrophotography atau memotret bintang

2. Gunakan tripod agar stabil

Salah satu kendala ketika memotret di malam hari adalah gambar yang goyang. Karenanya, agar gambar tidak goyang, disarankan untuk menggunakan tripod. Karena, goyang sedikit bisa membuat gambar jadi agak buram. Hal ini karena kamu pastinya harus menurunkan shutter speed agar mendapatkan cahaya yang terang. Sementara semakin rendah shutter speed akan rentan terhadap guncangan. Kalau kamu merasa tangan kamu mudah goyang, kamu butuh tripod agar objek foto terlihat jelas.

3. Manfaatkan sumber cahaya sekitar

Tips foto malam hari berikutnya adalah memaksimalkan penggunaan cahaya yang ada di sekitar. Senter, lampu motor, lampu penerangan jalan dan sumber cahaya lain di malam hari bisa jadi tambahan sumber cahaya untuk mengambil foto. Jangan membatasi diri hanya karena malam hari yang gelap. Kamu juga bisa berkreasi dengan objek-objek di sekitarmu. Lebih baik lagi menggunakan aksesoris penerangan tambahan, seperti salah satunya ring light.

Baca Juga: Cetak Foto Makin Praktis dengan Hasil Fantastis Via Canon PiXMA

4. Manfaatkan backlighting

Bermain siluet malam hari, kenapa tidak. Cahaya di belakang subjek foto bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek visual yang kreatif. Cahaya dari ruangan dengan pintu terbuka, jendela toko, lampu taman, bisa kamu manfaatkan sebagai cahaya latar.

5. Atur shutter speed

Kebanyakan pengaturan standar dari kamera di sebuah smartphone adalah auto. Namun, kamu bisa memakai mode profesional untuk mengatur setelah sesuai yang kamu inginkan, termasuk shutter speed. Kita bisa mengakali shutter speed untuk mendapatkan long exposure. Pergi ke menu pengaturan yang biasanya ditandai dengan huruf S untuk shutter speed. Kecepatan shutter speed diukur dengan satuan detik. Misal 1/1000 untuk rana cepat, dan 1s, atau 3s untuk rana lambat.

Baca Juga: 5 Ponsel Untuk Pecinta Fotografi

Exit mobile version