Tips Foto Macro Pakai Smartphone

Tips foto macro smartphone

Tips Foto Macro – Kebutuhan fotografi smartphone terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi kamera di smartphone yang semakin canggih. Nggak cuma memperbaiki kualitas gambar, para produsen smartphone juga menghadirkan fitur foto makro agar gambar jadi lebih kece.

Sekadar informasi aja nih, teknik foto macro adalah teknik fotografi yang mampu membuat objek yang kecil jadi terlihat besar dan lebih hidup. Teknik ini sebelumnya sudah ada sejak jaman kamera DSLR atau digicam. Biasanya sih menggunakan lensa khusus.

Namun, di era modern seperti saat ini pengambilan foto macro aja sudah bisa lho pakai smartphone. Oh iya, nggak sedikit juga yang menyebut foto makro ini dengan sebutan foto bokeh. Tapi, untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus, diperlukan beberapa tips foto macro. Penasaran? Langsung aja simak informasinya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Jembatan dengan Spot Foto Terbaik di Bogor

Tips Foto Macro Pakai Smartphone

1. Pilih smartphone yang mumpuni

Sekarang ini ada banyak banget jenis smartphone yang sudah dilengkapi dengan kemampuan foto macro. Nggak perlu bingung sih emang. Tapi, paling nggak pilih smartphone dengan kemampuan foto bokeh yang mimpuni. Contohnya ada Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy A71, Realme 5i, Huawei Nova 5T, dan lain-lainnya. Tapi, ada juga kok sekarang pilihan aksesoris lensa macro smartphone yang dijual di marketplace.

2. Atur dari Setting

Kalau mau bikin foto macro, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke pengaturan kameranya dulu. Biasanya kamera di smartphone hadir dalam mode otomatis, nah ubah dulu ke mode manual. Dari situ, kamu bisa mengatur cahaya, fokus, shutter speed, dan yang lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Pastikan juga kamu sudah mematikan mode auto focus pada smartphone kesayanganmu.

3. Cari objek foto yang pas

Setting kamera di smartphone udah mantap, langkah berikutnya tinggal cari deh objek foto yang pas. Mulai lah terleih dahulu dengan objek yang ada di sekitarmu, sepert misalnya pajangan, mainan, bunga, hingga hewan peliharaan. Tapi, paling mudah sih foto objek yang statis yang tidak bergerak agar hasil foto bisa maksimal.

Baca Juga: Bikin Foto Produk Kuliner UMKM Lebih Merangsang

4. Pakai mode Burst Shooting

Kalau kamu ingin mengambil foto macro dengan objek bergerak, kamu bisa manfaatkan mode Burst Shooting. Caranya adalah dengan menekan tombol shutter yang ada pada smartphone untuk mengambil gambar beberapa gambar objek dalam beberapa detik. Menggunakan mode Burst Shooting bisa membuatmu mendapatkan momen terbaik dari segi angle hingga warna, terlebih lagi pada objek bergerak seperti serangga.

5. Manfaatkan aplikasi editing foto

Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan foto macro yang kamu inginkan, jangan lupa nih langkah terakhir untuk memolesnya menggunakan aplikasi editing foto. Ada banyak banget lho aplikasi yang bisa kamu download di smartphone, mulai dari Adobe Lightroom, Snapseed, atau VSCO. Penggunaan aplikasi dibutuhkan untuk memperbaiki beberapa hal yang kurang pada foto yang sudah kamu jepret, mulai dari brightness, contrast, hingga white.balancenya.

Baca Juga: Tips Foto di Malam Hari Pakai Smartphone Agar Gambar Kece

Exit mobile version