Tips Hemat Belanja Mingguan ala TikTokers, Rp100 Ribu Seminggu

Bagi para ibu rumah tangga, mengehmat pengeluaran uang belanja menjadi hal yang penting. Nah, untuk keperluan belanja mingguan, ada tips hemat belanja mingguan yang dibagikan oleh seorang pengguna TikTok bernama @hi_armaida.

Melalui video TikTok kreasinya, ibu rumah tangga yang bernama lengkap Armaida Aditya ini menjelaskan bagaimana ia bisa hemat pengeluaran uang belanja mingguan. Dalam satu minggu, dirinya hanya mengeluarkan uang makan sekitar Rp100.000. Wow, murah banget kan? “Setiap minggunya aku pasti budgetin Rp 100.000 untuk dana makan,” tuturnya di dalam video.

Baca Juga: Baterai HP Terasa Boros? Ini Nih Tips Menghemat Baterai Smartphone

Sontak video tersebut pun mendapat reaksi positif dari para netizen. Tidak sedikit dari mereka yang tertarik bagaimana caranya uang Rp100.000 bisa dibelanjakan untuk kebutuhan seminggu. Ternyata salah satu tipsnya adalah semua bahan masakan dibelanjakan di pasar tradisional.

Adapun bahan masakan yang ia belanjakan, di antaranya 1 ikat kangkung seharga Rp2.500, tahu putih dan tahu kuning Rp5.000, tomat Rp5.000, cabai Rp5.000, dan kentang 1/2 kg dengan harga Rp7.000. Tak ketinggalan ada juga bahan makanan lain, seperti jagung bungkusan, pare, sayur bayam, wortel, sawi, daging ayam, dan ikan.

Perlu diingat juga bahwa Armaida bertempat tinggal di Lampung, di mana tentu saja harganya akan berbeda dibanding daerah lain. Namun, untuk ukuran belanja di pasar tradisional, harga yang disebutkan akan lebih masuk akal ketimbang belanja di supermarket.

Kamu mau tahu nggak bagaimana cara menghemat belanja mingguan seperti Armaida? Seperti dilansir dari halaman DetikFood, Armaida membagikan tips belanja mingguan.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Mendampingi Anak yang Kecanduan Internet

Tips Hemat Belanja Mingguan

1. Konsisten masak di rumah

Menurut Armaida, tips hemat belanja mingguan yang pertama adalah konsisten untuk terus masak sendiri di rumah. Karena akan menjadi hal yang percuma kalau kita sudah belanja untuk kebutuhan seminggu, tapi tidak dipakai. Yang ada malah menjadi sebuah pemborosan karena bahan makanan ada yang tidak bertahan lama atau malah nantinya milih untuk jajan.

2. Bikin meal plan

Sebelum kamu memutuskan untuk belanja, ada baiknya buat meal plan atau rencana menu masakan apa yang akan dibuat dalam seminggu. Soal itu, kamu bisa berdiskusi bersama pasangan. Tanya apa yang sedang ingin dimakan. Bisa juga tanya kepada anak. Jangan sampai, kamu memasak makanan, tapi tidak disukai oleh anggota keluarga.

3. Bikin perincian

Menurut Armaida, amat penting untuk membuat perincian setiap bahan yang akan dibeli. Belanja lah sesuai dengan apa yang sudah ditulis di catatan. Berikutnya, jangan memaksakan untuk membeli bahan makanan yang di luar budget. Pastikan bahan tersebut cukup (tidak kurang dan tidak lebih) untuk sekali masak.

4. Jangan malu pakai sistem bagi

Tips hemat belanja mingguan yang berikutnya adalah jangan malu untuk membeli barang dengan sistem bagi ke pedagang. “Misalnya kebutuhan cabe dalam seminggu cuma sedikit, jangan malu untuk beli dengan sistem bagi harga Rp 5.000,” jelasnya.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Mengolah Frozen Food

Exit mobile version