Tips Jitu Mengatasi Modem WiFi Bermasalah

mengatasi gangguan internet pada modem wifi bermasalah

Penggunaan modem WiFi untuk kebutuhan internet, baik di rumah maupun kantor sudah menjadi hal yang umum. Namun, akan sangat mengganggu apabila modem WiFi bermasalah, karena dapat membuat aktivitas kamu tersendat.

Sekadar informasi, modem WiFi atau biasa disingkat MiFi merupakan perangkat modem yang dibekali dengan kemampuan untuk memancarkan sinyal internet. Biasanya koneksi internet yang dipakai berasal dari operator seluler, sejak era 3G sampai 4G. Mungkin tidak lama lagi akan ada modem WiFi yang memancarkan koneksi internet 5G.

Namun, seperti kebanyakan perangkat elektronik pada umumnya, model WiFi juga tak luput dari masalah. Ada beberapa permasalahan yang bikin internet kamu lemot atau malah tidak tersambung ke perangkat gadget yang kamu pakai. Nah, kalau sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? Simak tips mengatasi modem WiFi bermasalah berikut!

Mengatasi Modem WiFi Bermasalah

Coba restart modem

Kalau tiba-tiba sinyal WiFi kamu hilang atau tidak adanya sinyal internet tiba-tiba, jangan keburu panik. Coba deh restart dulu modem WiFi kamu. Biasanya sih, sinyak hilang tersebut disebabkan oleh faktor software. Maka dari itu, cara mudah mengatasinya adalah dengan mematikan terlebih dahulu modem, lalu nyalakan kembali. Tips seperti ini sudah terbukti berhasil di beberapa kasus.

Baca Juga: Trik Hemat Kuota Data Saat Zoom

Cek lagi penerima WiFi di gadget

Kalau koneksi WiFi bermasalah, jangan dulu ngomel-ngomel. Padahal sudah restart modem, tapi kok belum juga ada internet. Coba deh cek dulu penerima WiFi di gadget kamu, baik itu PC, laptop, atau smartphone, sudah nyala atau belum. Jangan-jangan, tidak bisa tersambung ke internet gara-gara lupa nyalain WiFi lagi.

Kuota habis

Nah, ini juga jadi permasalahan sepele yang kadang menjadi hal yang dibesar-besarkan. Kebanyakan pengguna internet tanpa menyadari kuota internet mereka sudah habis. Makanya, cek dulu apakah kuota kamu masih ada atau tidak. Kalau sudah habis, mau sampai lebaran tahun depan juga nggak bakal tersambung ke internet dong.

Pastikan APN benar

Modem WiFi bermasalah bisa juga datang dari APN (Access Point Name) yang tidak benar. Seperti misalnya, modem kamu menggunakan SIM card XL, tapi APN yang dipakai milik Indosat. Hal seperti itu tentu saja membuat koneksi internet terganggu. Makanya pastikan APN yang kamu pakai sesuai dengan SIM card di dalam modem.

Pengaturan ulang

Tips atasi modem WiFi bermasalah yang berikutnya bisa dengan cara reset atau pengaturan ulang. Namanya juga perangkat elektronik, pasti ada saja masalahnya. Tapi, kalau kamu reset, siapa tahu bisa normal. Caranya adalah dengan menekan tombol reset yang tiap modem pasti memiliki penempatan yang berbeda-beda. Dengan menekan tombol reset, maka pengaturan akan kembali lagi ke semula.

Kendala lainnya

Selain kendala-kendala yang disebutkan di atas, ada beberapakenda lainnya yang bisa kamu atasi. Seperti misalnya pastikan SIM card terpasang dengan baik. Jika sudah usang, coba ganti ke gerai terdekat. Atau ada kemungkinan kamu sedang berada di dalam zona atau wilayah yang memang blank spot atau tidak ada sinyal. Kemungkinan berikutnya operator seluler yang kamu pakai sedang dalam gangguan.

Baca Juga: Xiaomi Resmi Merilis Mi WiFi Range Extender AC1200, Harganya?

Exit mobile version