Tips Membuat Konten Bisnis di Media Sosial

Ikuti 4 Tips Promosi Low Budget Ini

Walapun promosi di medsos terlihat simple, namun memerlukan tips khusus agar tepat sasaran, itu sebabnya Anda harus menyimak tips membuat konten bisnis di media sosial berikut ini.

Media sosial adalah media promosi yang paling murah untuk menjangkau target pasar secara luas dengan efektif dan efesien.  Walapun terlihat simple, namun promosi di media sosial tidaklah semudah itu.

Tips Membuat Konten Bisnis di Media Sosial

1. Pilih Medsos yang Sesuai Dengan Target Bisnis

Jika Anda berjualan secara online di media sosial maupun e-commerce lainnyan, mulailah mengecek bagian statistik toko untuk lihat demografi target seperti jenis kelamin, rentang usia dan domisili pembeli.

Dari situ Anda dapat menyimpulkan media sosial apa yang dipilih oleh target pembelimu. Biasanya pembeli maupun penjual akan menggunakan media sosial seperti Youtube, WhatsApp, facebook, Instagram, dan Twitter.

Namun bagaimana persentase jangkauan dari masing-masing media sosial tersebut? Berdasarkan riset We Are Social Hootsuite Januari 2019 lalu, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.

Menurut laporan Digital 2020, inilah urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia.

Grafik Promosi di Media Sosial

Dari Media sosial di atas, tentunya tidak semuanya cocok untuk target bisnis Anda. Mengapa demikian? platform Youtube dan WhatsApp memeliki keterbatasan dalam menjangkau target pasar. Karena Pembeli yang bisa melihat promosimu hanyalah orang-orang yang menyimpan nomor handphone. Bukankah begitu?

Sementara Facebook, Instagram dan Twitter dinilai lebih luas dalam memasarkan produk dan menjangkau lebih banyak pengguna. Rata-rata ketiga platform tersebut bisa memuat konten berupa foto, video, dan hastag. Tinggal cara Anda membuat konten yang menarik untuk menarik minat pembeli.

BACA JUGA: Apa Itu Linktree? Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Bisnis

2. Posting Konten Sebanyak 1x Sehari

Anda tidak perlu melakukan boom posting, karena bisa mendatangkan kejenuhan pada pengguna instagram yang melihatnya. Anda hanya perlu memposting konten 1x sehari tetapi dilakukan secara konsisten di waktu yang sama setiap harinya.

Rata-rata pengguna media sosial membuka aplikasi diantara pukul 09.00-12.00, postinglah konten pada waktu tersebut, dan konsisten setiap harinya.

jangan pernah absen mengupload konten, agar pengguna dan calon pembeli tidak melupakan produk Anda.

3. Pastikan Konten Bervariasi Sesuai Tujuan

Setiap kali Anda memposting konten pastikan memiliki variasi sesuai tujuannya. Seperti branding toko, launching produk baru, promosi produk unggulan, promo atau diskon, penawaran khusus.

Anda juga bisa menyelangi konten dengan info produk, update toko, cara pemakain produk, varian produk, tips inspiratif.

Sesekali Anda juga harus meningkatkan interaksi dengan pembeli dengan memberikan kuis giveaway, quotes inspiratif, ucapan hari raya, polling dan Q&A weekend, ll, dan testimoni pembeli. Interaksi ini diperlukan agar pelanggan merasa dekat dengan toko Anda.

Menarik sekali bukan? Anda sudah melakukan yang mana dari tips membuat konten bisnis di media sosial diatas? Jika belum, yuk mulai promosi bisnis di media sosial sekarang juga.

BACA JUGA: Sekotak Asa Dalam Kiriman Doa, Semangat Bertahan di Tengah Wabah

Exit mobile version