Tips Mengatasi Memori Internal HP Android yang Penuh

5 Ponsel yang Mendukung Jaringan 5G

5 Ponsel yang Mendukung Jaringan 5G

Penggunaan data di smartphone semakin lama semakin meningkat. Meski saat ini sudah banyak sekali HP Android yang dibekali dengan kapasitas memori internal yang besar, tidak sedikit dari pengguna Android yang mengeluh kapasitas memorinya penuh.

Lantas bagaimana dengan pengguna HP yang hanya punya kapasitas memori kecil? Tentu mereka akan membuat mood berantakan. Pasalnya, memori itu diibaratkan seperti sebuah otak bagi smartphone, yang apabila penuh maka lag pun tidak akan bisa terhindarkan.

Nah, lalu gimana sih cara mengatasi memori internal yang penuh? Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Tips Memilih Monitor Terbaik untuk Bekerja dari Rumah

Cara Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

1. Rutin bersihkan file junk dan cache

Tips yang pertama ini wajib Kamu jalani. Pasalnya file-file tidak jelas ini bisa dibilang merupakan sampahnya smartphone, tak. Jadi, tidak ada gunanya juga menyimpan file junk dan cache. Mengapa harus rajin atau rutin dibersihkan? Pasalnya meski Kamu rutin pun, file-file ini akan tetap bermunculan di HP Android-mu.

2. Uninstall aplikasi yang tak penting

Hadirnya aplikasi di smartphone turut memberikan kontribusi yang besar terhadap kapasitas memori internal HP-mu. Karenanya, periksa kembali deretan aplikasi yang telah di-install, apakah masih diperlukan atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya uninstall saja. Tapi, perlu diperhatikan juga ketika melakukan uninstall untuk clear data terlebih dahulu agar tidak ada sampah data yang tertinggal ya.

3. Sebaiknya pilih aplikasi yang ringan

Ada banyak sekali aplikasi yang beredar di Play Store.. Ukuran aplikasinya pun beragam, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Kebanyakan aplikasi yang berat ini memang datangnya dari kategori game, sebut saja PUBG Mobile atau Mobile Legends. Saran kami, sesuaikan saja dengan kapasitas memori HP Android-mu. Kalau tidak penting-penting banget, tidak usah install.

Baca Juga: Tablet Advan Bisa untuk Membuat Sketsa, Menggambar, dan Mewarnai

4. Matikan auto-download media di WhatsApp

Nah, ini juga termasuk penting dan terkadang para pengguna WhatsApp tidak menyadarinya. Kamu mendin matiin deh auto-download media yang ada di WhatsApp. Ini penting terutama bagi kamu yang aktif dan ikut banyak group WhatsApp. Daripada nantinya gallery HP kamu isinya foto-foto tidak jelas, ya kan?

5. Beli microSD

Salah satu kelebihan smartphone Android dibanding iPhone ya tentu saja dibekali dengan slot microSD. Walaupun memang ada smartphone Android yang tidak dibekali dengan microSD. Meski tidak bisa dipakai untuk menyimpan aplikasi (non-root), microSD ini sangat membantu untukmu dalam menyimpan foto hingga video.

Tips tambahan

Selain lima tips yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa tips tambahan cara mengatasi memori internal Android yang cepat penuh. Salah satunya bisa meng-install aplikasi pembersih (cleaner) dan anti virus. Ada juga dengan cara menghapus aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan dengan cara disable.

Baca Juga: Begini Cara Beli Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 di Erajaya

Exit mobile version