Tips Menghemat Kuota Netflix Biar Nggak Boros Paket Data

tips menghemat kuota netflix streaming film

Platform video-on-demand (VoD) tengah menjamur di Indonesia. Salah satu yang paling digemari oleh masyarakat adalah Netflix. Platform VoD asal Amerika Serikat ini memiliki banyak sekali koleksi film dan serial yang menarik untuk ditonton.

Terlebih ketika salah satu provider internet di Indonesia telah mengizinkan platform ini untuk tayang menggunakan layanannya, makin banyak dari masayrakat Indonesia yang mengaksesnya. Dengan berbagai macam tontonan menarik di dalam platform tersebut, tak heran menonton film atau serial di Netflix seolah menjadi sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia di waktu akhir pekan atau liburan.

Baca Juga: 5 Tontonan Menarik Sehabis Nonton Squid Game

Netflix sendiri hadir untuk berbagai macam platform, mulai dari smartphone, tablet, hingga PC. Syaratnya sih cuma dua, yakni berlangganan dan punya kuota atau paket data. Nah, bicara mengenai syarat yang terakhir, tidak sedikit dari pengguna yang mengeluh kuotanya cepat habis.

Karena kuota yang cepat habis itu, alhasil sebagian pengguna ada yang kapok untuk berlangganan kembali. Padahal sih, ada sejumlah tips menghemat kuota Netflix yang bisa kamu terapkan. Apa saja? Simak informasinya di bawah!

Jenis-jenis Kualitas Netflix dan Kuotanya

Sebelum kami membawa kamu ke tips menghemat kuota Netflix, ada baiknya mengetahui jenis-jenis kualitas yang ada di Netflix beserta kuota yang dihabiskan.

1. Low

Sesuai namanya, kualitas ini yang palng rendah yang bisa kamu terapkan. Karena menampilkan kualitas video yang rendah, maka kuota yang tersedot hanya 300MB per jam. Cocok banget kan buat kamu yang nggak peduli kualitas.

2. Medium

Di atas kualitas low, ada kualitas medium. Pada kualitas ini video yang ditampilkan sedikit lebih baik daripada low dan tidak membuat mata terlalu sakit. Hanya saja dibutuhkan kuota 700MB per jam.

3. High

Kalau kamu merasa low dan medium kurang bagus, coba aja pindah ke High. Tapi, untuk bisa nonton dengan lualitas high, kamu perlu berlangganan pake HD. Kuota yang tersedot pun 3GB per jam dan juga tergantung kondisi jaringan.

4. UHD 4K

Nah, kualitas yang satu ini jauh lebih baik dari yang sudah disebutkan sebelumnya. Cocok banget buat kamu nonton di perangkat yang sudah mendukung 4K. Tapi sih disarankan menggunakan Wi-Fi agar lancar. Kualitas ini memakan kuota 7GB per jam.

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Serial Kekinian buat Streaming pakai Samsung Galaxy M22

Tips Menghemat Kuota Netflix

1. Tentukan kualitas video

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya total ada empat kualitas video yang ditampilkan beserta kuota yang dibutuhkan. Kalau ingin menghemat tapi tidak mengorbankan kualitas video, disarankan medium. Tapi kalau ingin kualitas gambar bagus, disarankan high. Caranya berikut:

2. Pilih jaringan internet

Tips menghemat kuota Netflix berikutnya adalah dengan memiliki jaringan internet yang digunakan. Cara ini bisa dilakukan jika kamu nggak mau kuota data smartphone terpakai. Jadi, Netflix menyediakan fitur Cellular Data Usage yang berguna untuk mengatur penggunaan internet penggunanya.

Terdapat 4 jenis pengaturan yang disediakan, yaitu Automatic, Wi-Fi Only, Save Data, dan Maximum Data. Nah, kamu bisa aktifkan Wi-Fi Only kalau nggak mau paket data terkuras.

3. Pakai cara download

Tips berikutnya buat kamu yang nggak mau kehilangan paket data adalah dengan cara mengunduh atau download konten terlebih dahulu, untuk ditonton nanti. Ya, misal kamu lagi berada di kantor atau rumah dan terhubung Wi-Fi, kamu bisa download dulu dan nantinya ketika konten sudah ter-download kamu bisa menontonnya tanpa harus tersambung ke koneksi internet.

Baca Juga: Syarat dan Cara Nonton Netflix HD di Android

Exit mobile version