Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Jangan Sampai Dehidrasi!

Tips Menjaga kesehatan di masa cuaca panas agar tidak dehidrasi

Siapa di antara kamu yang belakangan merasakan cuaca panas yang sangat ekstrim? Eits, jangan khawatir. Bukan cuma kamu doang kok yang merasakan hal tersebut. Hal ini memang karena sebagian besar wilayah Indonesia sedang dilanda cuaca panas akibat dari gelombang panas.

Hal tersebut pun ditegaskan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam unggan di akun Instagram-nya. Dalam postingan tersebut, Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menjelaskan bahwa suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukan fenomena gelombang panas.

Baca Juga: Rekomendasi AC Hemat Listrik untuk Solusi Cuaca Panas

Diterangkan oleh Guswanto, cuaca panas yang terjadi belakangan ini disebabkan oleh posisi semu matahari yang berada di wilayah utara ekuator. Hal itu menunjukan bahwa sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau.

Selama periode 1-7 Mei 2022, suhu maksimal di Indonesia berkisar di angka 33 – 36,1 derajat Celcius. Adapun, suhu maksimal tertinggi hingga 36,1 derajat Celcius diketahui terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimantan Utara.

“Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari,” jelasnya seperti mengutip dari akun Instagram @BKMGinfo.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Workout untuk Hajar Lemak Usai Lebaran

Selama cuaca panas seperti saat ini, amat penting untuk menjaga kesehatan. Dehidrasi menjadi masalah utama ketika cuaca panas seperti saat ini. Dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi.

Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak berfungsi secara normal. Selain itu, udara yang kering membuat debu menjadi mudah masuk ke saluran pernapasan atau menempel pada makanan, sehingga menimbulkan infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran pencernaan.

Maka dari itu, guna menghindari dehidrasi di saat kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini, dibutuhkan tips menjaga kesehatan. Berikut ini tipsnya seperti dikutip dari halaman Konimex!

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Cuaca Panas

Baca Juga: Dermatologis: Banyak Orang Sadar Merawat Kulit dengan Optimal

Exit mobile version