Tips Minum Air Putih Saat Puasa Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

tips minum air putih saat puasa

Ketika menjalankan puasa, umat muslim akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Dibanding lapar, menahan rasa haus menjadi hal yang sulit. Kamu butuh tips minum air putih saat puasa agar terhindar dari yang namanya dehidrasi.

Air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh. Hal ini karena di dalam tubuh manusia terdapat kandungan air sekitar 60 persen. Air ini dibutuhkan oleh organ-organ di dalam tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: 6 Manfaat Berpuasa, Nggak Hanya Menyehatkan Fisik tapi Mental

Sebuah studi yang dilakukan oleh Archive Fur Kriminologie menyimpulkan bahwa manusia dapat bertahan hingga lebih dari satu bulan apabila tidak mendapat asupan makanan. Sebaliknya, manusia hanya akan bertahan selama satu minggu tanpa asupan air.

Kekurangan cairan di dalam tubuh membuat tubuh terasa lemas. Hal ini lah yang sering terasa ketika seseorang menjalankan puasa selama kurang lebih 12 jam.

Tips Minum Air Putih Saat Puasa

Menurut pakar kesehatan, seseorang memang harus memenuhi asupan air yang cukup dalam sehari, yakni sekitar 8 gelas atau 2 liter air per hari. Nah, kalau kamu sedang menjalankan ibadah puasa, berikut ini adalah tips minum air putih saat puasa agar tubuh tetap segar dan terhindar dari dehidrasi.

1. Dua gelas pada waktu berbuka

Umat muslim diwajibkan berbuka puasa sesaat setelah azan Maghrib berkumandang. Oleh karenanya, setelah azan Maghrib dikumandangkan, yang pertama-tama harus kamu konsumsi adalah air. Kalau bisa air yang kamu konsumsi pertama kali adalah air putih dengan takaran dua gelas. Sisanya, terserah kamu apakah ingin mengonsumsi minuman manis atau tidak.

2. Dua gelas setelah shalat tarawih

Setelah berbuka puasa dan menjalankan ibadah shalat Maghrib, jangan lupa untuk menjalankan ibadah shalat tarawih. Nah, setelah shalat tarawih ini lah kamu juga harus mengonsumsi dua gelas air putih.

3. Dua gelas sebelum tidur

Jangan lupa nih sebelum kamu tidur, juga harus mengonsumsi dua gelas air putih. Usahakan jangan tidur terlalu larut malam. Sebab kamu harus bangun di pagi hari atau sekitar jam 3 pagi untuk menunaikan sahur.

4. Dua gelas pada waktu sahur

Selama sahur, usahakan juga untuk mengonsumsi dua gelas lagi yaa. Oh iya, pada saat sahur hindari makan makanan yang berminyak. Mengapa? Karena makanan yang mengandung minyak akan membuat rasa haus berlebih ketika esok harinya. Makanan yang berminyak juga bisa membuat kegemukan lho.

Baca Juga:  Pilihan Aplikasi Menu Masakan yang Cocok Buat Kreasi Saat Buka Puasa

Exit mobile version