Tips Mudik Pakai Motor yang Aman dan Nyaman

Kemenhub prediksi 123,8 juta pemudik akan bergerak selama masa lebaran 2023

Sejumlah pengendara motor yang melakukan perjalanan mudik. Foto: Istimewa.

Ada banyak sekali opsi untuk pulang kampung, baik itu menggunakan kereta api, kapal laut, bus, pesawat terbang, hingga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Nah, buat kamu yang berencana untuk mudik naik motor, harus memperhatikan tata cara agar bisa pulang kampung dengan aman.

Ya, hari raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Oleh karenanya, mudik atau pulang kampung selalu menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang merantau.

Baca Juga: 10 Tips Polri untuk Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia

Bicara mengenai mudik, sebagian besar masyarakat Indonesia masih ada yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hal ini karena sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki masyarakat, mungkin saja karena harganya yang terjangkau.

Padahal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta masyarakat untuk mudik tanpa menggunakan sepeda motor, terlebih jika jarak yang ditempuh amat jauh. Namun, karena keterbatasan dana atau sebagainya, beberapa masyarakat akhirnya tetap memilih untuk mudik pakai sepeda motor.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mudik pakai motor? Simak tipsnya berikut!

Tips Mudik Pakai Motor di Lebaran 2022

1. Cek Kondisi Motor

Tips mudik pakai motor yang pertama tentu saja adalah kamu harus memeriksa kesiapan motor terlebih dahulu. Bahkan kalau bisa, motor harus dilakukan service atau pengecekan, baik itu mesin maupun fitur keselamatan seperti rem, kaki-kaki, hingga lampu motor. Jika ada keluhan, sebaiknya sampaikan kepada mekanik tempat kamu service motor. Usahakan motor dalam kondisi yang sehat, karena dengan demikian, perjalanan akan terasanya nyaman dan aman.

2. Mengenakan perlengkapan berkendara yang aman

Kasus kecelakaan sepeda motor selama musim mudik lebaran setiap tahunnya pasti sering terjadi. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengemudi terlebih dahulu harus membentengi diri dari segala kemungkinan, yakni dengan mengenakan perlengkapan berkendara yang aman dan lengkap atau riding gear. Apa saja sih memang riding gear? Ya yang pasti helm sesuai ukuran kepala dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Disarankan pula mengenakan jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang yang pas.

3. Tidak berlebihan muatan

Salah satu aspek keselamatan penting ketika berkendara sepeda motor adalah tidak membawa kapasitas melebihi seharusnya. Hal ini berlaku, baik bagi mereka yang membawa penumpang orang maupun barang. Untuk yang berboncengan, sebaiknya mengikuti UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 mengenai aturan berkendara sepeda motor, yakni tidak boleh membawa penumpang lebih dari 1 orang. Untuk mereka yang membawa barang, pastikan lebar barang bawaan tidak melebihi setang kemudi dan barang ditempatkan di belakang pengendara serta tidak melebihi panjang sepeda motor maupun tinggi bahu pengemudi saat duduk berkendara.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran? Wajib Pasang 5 Aplikasi Ini di Ponsel

4. Mengatur perjalanan

Tips mudik pakai motor berikutnya adalah mengatur atau merencanakan perjalanan. Jika kampung halaman yang ditempuh sangat jauh, pastikan untuk senantiasa menepi dan beristirahat sejenak. Jarak aman berkendara adalah tidak lebih dari 2 jam. Jika melebihi 2 jam, sebaiknya beristirahat. Cek juga kondisi lalu lintas. Di zaman canggih seperti saat ini, kondisi lalu lintas bisa dengan mudah dicek lewat internet. Selain kondisi lalu lintas, cek juga prakiraan cuaca. Jika memang terjadi hujan, menepi terlebih dahulu. Tidak aman berkendara di tengah curah hujan yang deras.

5. Tidur cukup sebelum perjalanan

Yang tak kalah penting dari tips mudik pakai motor adalah usahakan untuk tidur atau istirahat yang cukup sehari sebelum melakukan perjalanan. Jika memang besok ingin melakukan mudik, pastikan untuk tidak begadang pada malam harinya. Senantiasa untuk menjaga protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Bagi kamu yang ingin pulang kampung, pastikan agar vaksin booster terlebih dahulu.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini untuk Mudik Aman dan Nyaman

Exit mobile version