Tips Perawatan Rem Cakram Motor Mudah

rem cakram sepeda motor

Siapa di sini di antara kalian yang rajin merawat sepeda motor? Selain merawat mesin, kamu juga perlu memperhatikan perawatan rem cakram motor. Sebab, rem cakram motor juga menjadi salah satu part yang paling penting dan menyangkut keselamatan dari pengendara itu sendiri. Maka dari itu, kamu perlu menyimak tips perawatan rem cakram motor.

Kamu pasti sepakat bahwa sepeda motor merupakan moda transportasi paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tidak percaya? Badan Pusat Statistik Indonesia di awal 2021 kemarin merilis data bahwa jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 112.771.136 di tahun 2019.

Angka tersebut pun meningkat sekitar 6,1 jutaan dari 2018 . Masyarakat Indonesia sendiri lebih menyukai menggunakan sepeda motor ketika bepergian. Hal ini dinilai praktis dan bisa mempersingkat waktu perjalanan dibandingkan menggunakan transportasi umum atau mobil.

Baca Juga: Tips Membersihkan Beragam Jenis Jok Mobil

Bukan sekadar menggunakan, kamu tentu harus merawat kondisi sepeda motor agar tetap nyaman dipakai. Nah, selain merawat mesin, kamu juga wajib merawat rem motor kesayanganmu.

Rem sendiri merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Rem berkaitan erat dengan keselamatan pengendaranya. Dari sekian banyak tipe rem, rem cakram merupakan yang paling digemari dan aman saat ini. Berikut ini adalah tips bagaimana merawat rem cakram motor.

Tips Merawat Rem Cakram Motor

1. Periksa kuantitas minyak rem

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kuantitas minyak rem. Umumnya penggantian minyak rem sendiri dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika motormu sudah mencapai jarak 24.000 kilometer.

Pemeriksaaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master harus rutin dilakukan. Kamu bisa memeriksa apakah kuantitas minyak rem di dalamnya masih banyak atau sudah menyentuh level paling bawah.

Jika sudah menyentuh, kamu wajib melakukan pemeriksaan terhadap kampas remnya. Karena jika kampas rem sudah mulai haus, maka minyak rem akan semakin terkuras. Selain melihat kuantitas, kamu juga bisa melihat kualitas. Cara melihatnya mudah, semakin gelap warna minyak rem maka menunjukkan kualitas semakin berkurang.

2. Pilih minyak rem yang berkualitas

Selain memperhatikan kuantitas minyak rem, pemilihan minyak rem yang berkualitas juga menjadi faktor yang tak kalah penting. Kamu wajin memperhatikan spesifikasi DOT (Department of Transportation), lembaga di Amerika Serikat yang melakukan pengujian terkait transportasi, termasuk mintak rem.

Ada beberapa standar minyak rem yang direkomendasikan, seperti DOT 3 atau DOT 4, dengan angka DOT tertinggi 5.1. Angka DOT ini berkaitan dengan titik didih minyak rem. Sebagai contoh DOT 3 punya titik didih 205 derajat Celcius. Semakin tinggi angka DOT, semakin tidak mudah mendidih minyak rem tersebut.

Baca Juga: Motor Niaga Murah Siap Diandalkan untuk Usaha

3. Rutin bersihkan kaliper

Langkah berikutnya dalam merawat rem cakram motor adalah dengan rajin membesihkan bagian-bagian kaliper rem secara rutin. Mengapa demikian? Hal ini karena posisi kaliper yang berada di bawah memudahkan kotoran debu, pasir, atau lumpur mudah masuk.

Membongkarnya pun tidak sulit. Kamu tinggal membuka baut pengunci antara braket dengan tabung shock. Kalau dirasa masih cukup tebal, kamu juga bisa sekalian membersihkan kampas rem dengan sikat kawat yang dicampur dengan air sabun.

Baca Juga: Fatalnya Titik Buta Bagi Pengendara Motor di Jalan Raya

Selain kampas, piston kaliper juga sekalian ya dibersihkan. Agar bersihnya maksimal, keluarkan piston dari kaliper menggunakan tang. Jadi, Sobat bisa membersihkan bagian dalam kaliper. Hilangkan kotoran menggunakan air bersih dan kain lap.

Jangan lupa berikan grease atau pelumas di braket yang terhubung dengan kaliper. Hal ini dilakukan agar rem tidak macet ketika ditekan. Jika sudah selesai semua, kamu tinggal pasang kembali.

Exit mobile version