Membuka Toko Bahan Kue Online: Langkah-Langkah untuk Memulai Bisnis Sendiri

Industri makanan dan minuman tidak akan pernah sepi. Apalagi sekarang ini teknologi berkembang pesat, peluang untuk membuka toko online pun semakin terbuka lebar. Jika ingin merintis bisnis di industri ini, membuka toko bahan kue online bisa dipertimbangkan.

Kebutuhan masyarakat akan bahan kue cukup tinggi apalagi menjelang perayaan tahun baru ataupun acara tertentu seperti ulang tahun. Namun, kehadiran toko bahan kue baik online maupun offline belum terlalu banyak. Ceruk ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis di bidang bahan baku kue.

Bisa dikatakan bisnis bahan kue ini masih sepi pesaing. Target pasar untuk bisnis ini mulai dari ibu rumah tangga, pengusaha kue rumahan hingga UMKM.

Jenis bahan kue yang bisa dijual pun beragam mulai dari tepung-tepungan, aneka keju, butter, mentega, gula, coklat dan lain-lain. Semua bahan tersebut tidak hanya dibutuhkan untuk membuat kue saja, tapi beberapa di antaranya sering digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dengan demikian, online shop ini akan selalu dicari orang.

Menjalankan usaha ini pun cenderung fleksibel, bisa dimulai dari skala kecil dengan modal yang tentunya menyesuaikan. Jumlah bahan kue yang akan dijual juga bisa menyesuaikan dengan modal awal. Bahan yang dijual pun cenderung tahan lama dan tidak mudah basi dalam waktu yang singkat.

Tertarik untuk membuka usaha toko bahan kue online? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuka Toko Bahan Kue Online

Membuka Toko Bahan Kue Online

1. Persiapan Modal

Modal adalah langkah awal dalam membuka toko bahan kue. Walaupun penjualannya dalam bentuk online, tapi tetap harus ada modal awal. Karena biasanya bahan-bahan kue tersebut tetap harus distok untuk persediaan pemesanan. Hitung bujet dengan teliti agar bisa menyediakan modal sesuai kebutuhan.

Baca juga: 8 Kiat Kreatif untuk Mendesain Tata Letak Toko Mainan yang Disukai Anak-anak

2. Paham dengan Seluk-beluk Bahan Kue

Tidak perlu menjadi ahli baking untuk bisa membuka toko bahan kue. Tapi, setidaknya memahami seluk-beluk kue dan bahan-bahannya. Sehingga, nantinya bisa menjelaskan dengan detail pertanyaan dari pembeli dan merekomendasikan produk terbaik.

Layanan ini tentunya akan mendongkrak popularitas toko bahan kue online dan menjadi pembeda dengan toko sejenis.

3. Variasi Produk

Untuk meningkatkan kepuasan pembeli, sediakan variasi produk bahan kue. Ini tentunya akan menjadi nilai plus dari toko bahan kue online yang kamu rintis. Pembeli akan lebih tertarik apabila sebuah toko menyediakan beragam macam produk. Contohnya, selain menyediakan bahan dasar pembuatan kue, bisa juga menjual wadah kue, cetakan maupun aneka topping.

Sedikit tip untuk menyediakan variasi produk bahan kue adalah cek kompetitor. Data barang-barang apa saja yang tidak dijual di kompetitor, lalu jual di toko kamu.

4. Jual Produk Berkualitas

Menjual produk yang berkualitas dan memiliki daya tahan cukup lama akan menjadi selling point yang bagus untuk toko bahan kue online. Sekarang ini, edukasi terkait bahan makanan sudah gencar dilakukan, sehingga masyarakat semakin pintar dalam memilah mana produk yang baik. Jadi, pastikan poin ini disiapkan secara matang.

Salah satu tip yang bisa dilakukan adalah carilah barang dari supplier besar dan terpercaya. Pilih supplier yang sudah lama menggeluti bidang ini dan jalin kerja sama dengan baik.

Strategi Pemasaran Toko Bahan Kue Online

1. Buka di Berbagai e-commerce

Ada banyak e-commerce yang bisa dijadikan pilihan untuk membuka toko bahan kue online. Dari sekian banyak, toko oranye dan toko hijau memiliki jumlah pengguna terbesar. Untuk permulaan bisa dengan membuat akun di kedua e-commerce tersebut.

2. Membuat Akun Media Sosial

Dalam membuka usaha wajib memiliki media sosial. Buatlah beberapa akun media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbesar seperti Instagram, Facebook dan TikTok. Mengunggah konten di media sosial akan meningkatkan brand awareness dan menjaring calon pembeli potensial.

3. Update Konten Berkala

Jika sudah memiliki media sosial, langkah selanjutnya adalah update konten berkala. Gunakan content planning dalam merencanakan konten apa saja yang akan diunggah setiap minggunya. Dengan begitu, followers akan terus update produk dari toko.

4. Mengadakan Promo Diskon dan Giveaway

Mengadakan promo diskon di tanggal-tanggal penting misalnya untuk menyambut ulang tahun negara, menyambut hari raya keagamaan atau tanggal cantik, merupakan salah satu strategi marketing yang tepat. Selain bisa mendongkrak penjualan, pemberlakukan syarat seperti follow akun media sosial akan meningkatkan followers dengan cara organik.

Selain promo diskon, bisa adakan giveaway kecil-kecilan. Tidak perlu menunggu hari-hari penting, bisa lakukan sebulan sekali atau dua bulan sekali.

5. Gandeng Influencer

Strategi marketing dengan menggandeng influencer dalam hal ini selebgram food dan food blogger, bisa meningkatkan brand awareness toko dan juga penjualan. Konten yang diunggah para influencer akan membuat followers tertarik untuk menggunakan bahan yang sama dalam pembuatan kue atau peralatan yang digunakan.

Untuk menggandeng influencer, tentunya membutuhkan persiapan bujet yang matang. Karena rate card tiap influencer berbeda dan tidak murah.

6. Membuat Website

Perlu diingat, hingga saat ini perilaku konsumen dalam membeli adalah dengan melakukan pencarian informasi di mesin pencari. Website digunakan untuk sarana informasi lengkap tentang toko bahan kue online yang dimiliki. Warganet bisa dengan mudah melihat info produk, katalog, promosi dan membaca artikel terkait bahan kue.

Dengan website, kamu bisa menggaet calon pembeli potensial dengan memanfaatkan SEO (search engine optimization). Selain itu, mengoptimasi website akan meningkatkan kredibilitas toko bahan kue di mata warganet.

Baca juga: Mau Belajar Digital Marketing, dari Mana Mulainya?

Membuka toko bahan kue online juga butuh persiapan layaknya offline. Langkah-langkah dan strategi pemasaran di atas bisa dijadikan panduan untuk mengembangkan usaha yang akan dirintis.

Exit mobile version