Tokopedia, Shopee, dan Lazada, Mana yang Paling Populer?

Shopee Tokopedia Lazada mana yang paling favorit

Ada banyak sekali e-commerce yang beredar di Indonesia. Namun, sebuah survei yang digelar oleh perusahaan riset pasar, Ipsos, menyebut hanya ada tiga e-commerce besar yang populer di Indonesia, yakni Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Dari ketiganya manakah yang paling populer di kalangan masyarakat?

Periode akhir tahun merupakan momentum penting bagi pemain e-commerce untuk meningkatkan nilai saing dengan menghadirkan rangkaian inovasi, fitur hingga penawaran menarik untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi masyarakat Indonesia. Biasanya momen akhir tahun sering dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan melalui beragam promo.

Selama tahun 2021 kemarin, Ipsos melakukan hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021. Berdasarkan hasil survei, di antara 3 pemain utama e-commerce di Indonesia, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada 4 penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Baca Juga: Apresiasi Shopee, Ridwan Kamil Ingin E-commerce Lain Mengikuti

“Dalam survei ini, kami menggunakan 4 indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelas Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia dikutip dari siaran pers.

Berikut hasil survei berdasarkan 4 indikator:

Baca Juga: UMKM Banyak Gunakan Fitur PayLater Tokopedia

Harbolnas jadi salah satu faktor pemicu

Selain 4 indikator utama, riset kali ini juga ditujukan untuk melihat bagaimana perilaku serta antusiasme masyarakat dalam menyambut kemeriahan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Harbolnas menjadi salah satu aspek signifikan yang menjadikan kuartal 4 sebagai momentum bagi e-commerce untuk meningkatkan nilai saing dan memberikan penawaran terbaik bagi konsumen.

Ragam aspek mulai dari rangkaian promo yang ditawarkan hingga pilihan produk dari berbagai kategori favorit pengguna mengambil peran signifikan dalam memberikan nilai tambah serta memenuhi preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce.

Berbagai penawaran dihadirkan oleh pemain e-commerce di Indonesia untuk produk-produk dari ragam kategori. Menariknya, 49% responden telah memiliki daftar ragam produk yang akan dibeli saat Harbolnas, diikuti dengan 37% responden akan melihat penawaran yang ditawarkan di hari H serta 10 % akan berbelanja produk yang memiliki penawaran menarik.

Persiapan itu tidak hanya terkait pembelanjaan produk tetapi juga dalam pemilihan platform yang akan digunakan saat Harbolnas. Dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Shopee menduduki peringkat pertama (60%) sebagai platform yang dipilih pengguna untuk berbelanja saat hari puncak. Kedudukan pertama Shopee diikuti oleh Tokopedia (26%) dan Lazada (11%).

Baca Juga: Pengaduan Konsumen Terbanyak dari e-Commerce di 2021

Exit mobile version