Jadi Tren di Masa Pandemi, Ini Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan!

ilustrasi gambar bersepeda sebagai bagian dari gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dengan bersepeda sangat penting untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat, terutama sejak pandemi beberapa tahun terakhir.

Seiring itu, bersepeda pun berubah menjadi tren gaya hidup, tak hanya sebagai olahraga dan transportasi saja. Hal ini kemudian menumbuhkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Tubuh Bugar Pasca Lebaran

Sebab, dengan bersepeda secara rutin dapat dapat memberikan banyak manfaat untuk bagi kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Berikut tiga manfaat menerapkan gaya hidup sehat dengan bersepeda bagi kesehatan ala Shopee dan Brompton, produsen sepeda.

1. Cegah obesitas

Bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk mengontrol dan mengurangi berat badan. Sebab, bersepeda dapat membakar lemak dengan efektif. Dengan bersepeda di luar ruangan selama 30 menit saja bisa membakar kalori sebanyak 180-360 kalori.

Selain itu, bersepeda juga dapat mencegah obesitas, sumber dari berbagai penyakit kronis.

2. Melatih otot kaki

Saat sedang bersepeda, tentunya kaki akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak terjatuh. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot.

Baca juga: Pandemi Masih Belum Usai, Ketahui Tips Jaga Kesehatan dari Kementerian Kesehatan

Di mana otot-otot lengan dan kaki kita akan untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selain bisa membantu kurangi berat badan dan melatih otot kaki, ada manfaat lain dari bersepeda yang bagus untuk kesehatanmu secara menyeluruh.

Bersepeda bisa turunkan berbagai resiko penyakit seperti jantung. Sebab, bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dan kolesterol jahat dalam darah menurun sehingga dapat memberikan dampak positif bagi penderita penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan jantung.

Baca juga: Musim Pancaroba, Dokter: Jaga Imun Tubuh dengan Jalani Gaya Hidup Sehat

Exit mobile version