Viral Pengobatan Ida Dayak, Warga Rela Antre Berjam-jam

viral pengobatan ida dayak

Pengobatan Ida Dayak belakangan tengah viral di kalangan masyarakat, terutama setelah kedatangannya ke GOR Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (3/4/2023) bikin heboh. Ida Dayak dianggap mampu menyembuhkan segala macam penyakit terkait tulang. Lantas seperti apa sih pengobatan suku Dayak sendiri?

Ida Dayak berasal dari Paser, Kalimantan Timur. Nama Ida Dayak sendiri viral usai muncul video di TikTok yang memperlihatkan dirinya ‘mampu’ menyembuhkan berbagai keluhan penyakit yang berkaitan dengan syaraf dan tulang, mulai dari keseleo, patah tulang, meluruskan tulang yang bengkok, hingga stroke.

Semuanya ia lakukan hanya dalam waktu sekejap. Tidak heran, berkat ‘kesaktiannya’ itu, dirinya menjadi terkenal dan dicari banyak orang. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang antusias untuk datang ke kegiatan pengobatan tradisional Ida Dayak di GOR Kostrad Cilodong kemarin.

Baca Juga: Merasa Nyeri Tulang Belakang dan Lutut? Jangan Khawatir, Ini Cara Atasinya

Ratusan bahkan mungkin ribuan orang yang penasaran dengan ‘kesaktian’ Ida Dayak rela datang dari selepas Subuh dan antre berjam-jam. Kebanyakan dari warga yang datang bahkan tidak hanya dari wilayah Depok, tapi bahkan hingga dari luar Depok.

Menurut salah seorang penuturan warga yang datang dari Karawang, dirinya mengetahui informasi pengobatan dari media sosial. Ia rela datang jauh-jauh ke Depok untuk mengobati ayahnya yang punya penyakit stroke.

Mengutip dari postingan Instagram Depok24jam, pendaftaran pasien pun ditutup hingga mencapai jumlah 500 pendaftar. Meski demikian, membludaknya warga yang datang ke tempat tersebut tidak mampu ditampung dan disanggupi semua oleh Ida Dayak.

Dengan berat hati, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun pun mengumumkan pengobatan dibatalkan. Menurut Bobby, dengan jumlah warga yang datang, pengobatan bahkan tidak bisa ditangani dalam 4-5 hari. Dirinya pun memastikan pengobatan tidak akan dilanjutkan dalam waktu yang tidak ditentukan.

Baca Juga: Tip agar Tetap Bugar saat Merawat Pasien Stroke

Metode pengobatan Ida Dayak

Lantas seperti apa sih metode pengobatan Ida Dayak sehingga viral di TikTok? Dikutip dari berbagai sumber, pengobatan memanfaatkan sebuah minyak. Sebelum memulai pengobatan, dirinya yang mengaku baragama Islam, selalu melafalkan kalimat tauhid La Ilaha Illallah dan basmalah. Selanjutnya metode pengobatan akan berbeda penanganan setiap kasus.

Contoh, untuk patah tulang dan masalah tulang lainnya, Ida Dayak akan mengoleskan minyak berwarna merah dan mengurutnya. Diketahui minyak tersebut berasal dari suku Dayak asli. Tidak hanya itu, pengobatan juga biasanya diselingi dengan tarian khas dengan diriingi oleh lagu. Entah apa maksud dari tarian tersebut.

Untuk hasilnya, tidak sedikit yang mengaku langsung diberikan kesembuhan. Namun, ada pula yang memang tidak langsung sembuh. Untuk pengobatannya sendiri tidak dipungut biaya. Hanya saja, pasien diharuskan membeli minyak merah yang menurut beberapa sumber dibanderol harga yang terjangkau, yakni Rp50.000 per botol.

Exit mobile version