VoLTE Telkomsel Sudah Hadir di 219 Kota di Indonesia

volte telkomsel

Telkomsel tampaknya terus mengembangkan layanan VoLTE (Voice over Long Term Evolutin) agar dapat dinikmati oleh setiap masyarakat di pelosok Indonesia. Melalui pengumuman terbarunya, Telkomsel mengatakan bahwa saat ini layanan VoLTE miliknya sudah merambah hingga ke 219 kabupaten/kota dari target 230 kabupaten/kota hingga akhir tahun 2021.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan bahwa perluasan jangkauan layanan VoLTE ini sebagai upaya untuk memperkuat perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Selain itu, diharapkan dengan adanya perluasan ini masyarakat, khususnya pelanggan Telkomsel, bisa segera beralih dari 2G atau 3G menggunakan 4G.

Baca Juga: Vivo Y21 Resmi Diluncurkan, Punya Fitur Extended RAM

“Dengan menggunakan layanan VoLTE, pelanggan dapat merasakan pengalaman panggilan telepon yang lebih lancar, cepat, dan jernih dibanding panggilan konvensional ataupun Voice over IP (VoIP). VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan,” ujar Nugroho dikutip dari siaran persnya.

Lebih lanjut, Nugroho mengungkapkan bahwa ke depannya teknologi layanan Video Ring Back Tone (RBT) juga dapat diimplementasikan ketika pelanggan melakukan panggilan telepon suara atau video di jaringan VoLTE.

Selain sebagai cara untuk mengalihkan pelanggan 2G dan 3G, hadirnya VoLTE juga sebagai upaya Telkomsel untuk membangun ekosistem 5G. Dengan nantinya masyarakat terbiasa menggunakan VoLTE, maka secara tidak langsung bisa menjadi upaya Telkomsel untuk mengembangkan teknologi panggilan suara yang lebih canggih lagi, yakni VoNR (Voie over New Radio).

Baca Juga: Tips Mencari Smartphone Entry Level

Pengembangan layanan VoLTE oleh Telkomsel bisa dibilang sangat pesat. Anak perusahaan Telkom ini mengklaim perluasan cakupan jaringan VoLTE hingga meningkat sekira 350% sejak awal 2021. Pengguna layanan VoLTE Telkomsel sendiri kini telah mengalami pertumbuhan sekira 80,9% sejak awal 2021.

Tak hanya memperluas cakupan coverage area, Telkomsel juga memperluas ketersediaan perangkat yang mendukung. Nugroho menyebut saat ini sudah ada lebih dari 100 tipe smartphone yang sudah support layanannya dari berbagai macam brand, mulai dari Advan, Evercross, Huawei, Oppo, Realme, Samsung, Vivo dan Xiaomi.

Cara Mengaktifkan VoLTE

Lalu apa sih keunggulan dari layanan tersebut? Simak caranya berikut!

  1. Ganti SIM Card 4G

Kalau kamu belum pakai SIM card 4G sih, dipastikan tidak akan bisa menggunakan layanan tersebut. Untuk ganti SIM card kamu bisa ke Grapari atau melalui situs resmi.

  1. Pastikan smartphone support

Selain menggunakan SIM card 4G, pastikan juga smartphone kamu juga sudah mendukung 4G. Ada banyak smartphone 4G yang saat ini sudah dibanderol dengan harga terjangkau lho.

  1. OS smartphone terbaru

Langkah berikutnya untuk bisa memakai VoLTE adalah pastikan sistem operasi kamu sudah update ke versi terbaru. Untuk Android bisa minimal Android 9, sedangkan iOS 13 ke atas.

  1. Berada di wilayah yang sudah ter-cover

Pastikan juga kamu berada di wilayah yang sudah tercover ya. Untuk mengetahui wilayah mana saja yang sudah ter-cover VoLTE Telkomsel, kamu bisa mengeceknya di situs resmi.

  1. Aktifkan layanan VoLTE

Kalau semua syarat di atas tadi sudah terpenuhi, kamu tinggal aktifkan saja. Caranya gampang kok, tinggal masuk ke menu “Settings” dan pilih “Mobile Networks”. Habis itu, nyalakan deh tombol “VoLTE Call” untuk mengaktifkan layanan VoLTE.

Baca Juga: Smartfren Salurkan Bantuan untuk Pendidikan dan UMKM Disabilitas

Exit mobile version