Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Fitur-fitur Terbarunya

Microsoft resmi merilis sistem operasi komputer Windows 11. Dengan desain tampilan yang sederhana membuat multitasking jadi mudah. Selain itu Microsoft Store yang baru menyediakan akses mudah ke aplikasi, game, dan film. Windows 11 dioptimalkan untuk bekerja, belajar, dan bermain, serta memberikan pengalaman luar biasa untuk semua.

“Dengan Windows 11, kami ingin membangun tempat yang familiar di mana setiap orang dapat berkreasi, belajar, bermain. Dan yang terpenting – terhubung dengan cara yang lebih baik,” ujar Chief Product Officer Microsoft Panos Panay, melalui keterangan tertulisnya.

Pada Windows 11, tombol Start berubah posisi, tak lagi berada di pojok kiri bawah layar. Tapi berpindah ke tengah layar. Start memanfaatkan kecanggihan cloud dan Microsoft 365 untuk menampilkan file yang terakhir dilihat pengguna di platform atau perangkat lain. Sehingga pengguna dapat melanjutkan dokumen tersebut dengan mudah – termasuk dokumen yang sebelumnya sedang mereka kerjakan di perangkat Android atau iOS mereka.

BACA JUGA : Laptop Mulai Lemot, Kenali Biang Keroknya

Fitur-fitur Windows 11 baru seperti Snap Layouts, Snap Groups, dan Desktops membantu pengguna mengatur window dan mengoptimalkan layar mereka. Pengguna kini dapat menikmati fleksibilitas beberapa window sekaligus. Dan bekerja di beberapa aplikasi secara bersamaan, dengan menempatkan aplikasi secara berdampingan di layar mereka.

Selain itu pengguna juga bisa mendapat akses lebih cepat ke informasi yang diminati melalui Widget. Bagi creators dan publishers, Widget membuka real estate baru di dalam Windows untuk menghadirkan konten yang dipersonalisasi.

Didesain untuk menjadi sistem operasi yang aman, cocok untuk pekerjaan dan pembelajaran hybrid. Terlindungi sejak awal, Windows 11 memiliki teknologi keamanan built-in dan menyediakan sistem operasi yang mendukung Zero Trust untuk melindungi data dan akses pengguna di seluruh perangkat.

Tak hanya itu, Microsoft Store pun mengalami pembaruan dengan peningkatan kecepatan, variasi, dan kenyamanan. Katalog aplikasinya pun lebih variatif dan sudah diuji keamanan dan kenyamanan bagi keluarga.

BACA JUGA : Digitalisasi Jadi Kunci Puttei Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Untuk pertama kalinya, aplikasi Android akan tersedia di Microsoft Store. Pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui Amazon App store. Kemudahan ini merupakan bentuk kemitraan Microsoft dengan Amazon.

Windows 11 akan tersedia di PC baru dan melalui upgrade gratis bagi PC Windows 10 yang memenuhi syarat mulai musim liburan ini.

Exit mobile version