Wingz O Wingz Sukses Maksimalkan Pengantaran Online

Founder Wingz O Wingz Fery Yoga memulai bisnisnya dari keingintahuannya untuk mempopulerkan sajian sayap ayam. Di awal bisnisnya, Fery keuntungannya hanya untuk membayar sewa. Pemasukannya tersebut terbantu dengan usaha sampingannya, jasa bimbingan belajar.

Singkat cerita, saat membuka cabang ketiganya di Antapani, Bandung, Fery mulai menjajaki platform online dengan bergabung sebagai merchant mitra GrabFood. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang diambil Fery.

Di awal tahun 2020, Wingz O Wingz kembali membuka cabang di Bojongsoang. Cabang ini relatif kecil dibanding outlet lainnya. Tapi, ini ternyata bagian dari strategi juga untuk fokus dan memaksimalkan pengantaran online.

BACA JUGA : Dua Produk UMK Binaan Pertamina Terbang ke Negeri K-pop

Tak lama dari berdirinya cabang Bojongsoang, pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Sehingga mengubah segala rencana bisnis Wingz O Wingz. Kondisi ini menuntut tiap bisnis beradaptasi dengan perubahan perilaku masyarakat. Karena adanya pembatasan selama pandemi.

Melalui GrabFood, bisnis sayap ayam ini mulai berinovasi dengan set menu makanan beku. Sehingga memungkinkan konsumennya menyiapkan hidangan chicken wings favorit di rumah. Dengan begitu keamanan bagi pelanggan lebih terjamin.

Tak hanya itu, GrabFood juga memfasilitas protokol kesehatan bagi merchant mitranya. Seperti thermo gun dan kartu pencatatan suhu bagi mitra pengemudi. Ini dilakukan Grab untuk menanamkan kepercayaan konsumen dengan prokes yang diberlakukan mitranya.

Strategi ini pun membawa adaptasi yang mulus dan lancar bagi Wingz O Wingz selama menghadapi pandemi. Cabang baru di Bojongsoang ini juga berhasil menjadi gerai yang memiliki jumlah pemesanan online yang kompetitif dibandingkan dengan gerai lainnya.

BACA JUGA : Punya Bisnis Kuliner? Begini Cara Daftar Grabfood

Selain inovasi menu dan penerapan protokol kesehatan, usaha sayap ayam ini juga aktif mempromosikan varian paket baru melalui GrabFood untuk menarik lebih banyak konsumen. Marketing Manager Wingz O Wingz M. Muhlis mengatakan perusahaannya berkomitmen untuk tetap relevan bagi konsumen setianya dengan menghadirkan berbagai pilihan paket menu best deal di masa pandemi ini.

Setelah setahun pandemi, Wingz O Wingz berhasil membuka dua cabang baru di wilayah Kopo dan Ujungberung dengan menerapkan segala inovasi dan adaptasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Rencana ekspansi ini dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya di wilayah Bandung Timur.

Ketika memutuskan memperluas cabang ini, tim pemasaran mengamati antusiasme konsumen melalui interaksi di media sosial. Dan membaca data distribusi pesanan GrabFood. Melalui data ini, Wingz O Wingz dapat mengidentifikasi daerah mana yang relatif jauh dari kota namun memiliki penjualan yang cukup tinggi.

Dengan informasi tersebut, gerai baru di Kopo dan Ujungberung pun dibuka. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan diri dengan konsumennya dan memangkas ongkos kirim mereka. GrabFood pun mendukung mitra merchant untuk mengembangkan bisnis saat pandemi. Muhlis menyadari pentingnya memanfaatkan peluang dalam kesempatan apa pun..

“Dengan bantuan teknologi digital, kami dapat mengamati perilaku konsumen dengan lebih mudah. Media sosial maupun GrabFood telah memberi kami bukti serta data yang akurat tentang permintaan konsumen kami. Datanya sudah tersedia, tinggal bagaimana kami memanfaatkannya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan produk yang juga relevan untuk mereka,” tambah Muhlis.

BACA JUGA : 3 Solusi Terbaru Grab Dukung UMKM #TerusUsaha di Masa Pandemi

Head of Marketing GrabFood Hadi Koe membenarkan beratnya masa pandemi bagi bisnis kuliner Indonesia. GrabFood melihat perjuangan mitra merchant yang tangguh dalam mempertahankan operasional bisnisnya.

“Analisis data bisnis yang tepat dan lingkungan yang mendukung akan membuat bisnis terus berkembang, seperti Wingz O Wingz. Seiring dengan upaya kami untuk menjadi platform terbaik bagi UMKM,” kata Hadi.

GrabFood meluncurkan GrabAcademy dan GrabMerchant AutoLaris. Dengan tujuan memberdayakan mitra merchant dengan rangkaian webinar edukatif dan peluang berbagi dengan sesama pelaku bisnis.

Dukungan finansial juga diberikan kepada mitra merchant setia melalui Program Apresiasi Mitra. Dimana Grab memberikan cashback untuk mendorong lebih banyak pengembangan bisnis bagi mitra merchant terlepas dari ukuran maupun latar belakangnya.

 

Exit mobile version