10 Destinasi Wisata Bogor yang Bisa Dikunjungi dengan Bujet Terbatas

Wisata Bogor meliputi wilayah yang sangat luas, dari dalam kota hingga jauh ke gunung-gunung. Destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan bujet terbatas, banyak ditemui di Bogor. Bahkan sebagian destinasi tersebut gratis. Bujet terbatas tidak boleh menghalangi keinginan untuk piknik karena wisata itu bermanfaat untuk menyegarkan jasmani dan rohani.

Dari situs Kabupaten Bogor diketahui bahwa Bogor berbatasan langsung dengan Jakarta Timur di sisi utara. Warga Jakarta menjadikan Bogor sebagai destinasi wisata favorit karena dekat dan berudara sejuk. Hal itu membuat wisata Bogor berkembang pesat sehingga muncul banyak objek wisata baru dengan harga tiket masuk dan makanan yang tinggi. Namun, jangan khawatir karena tempat wisata murah juga masih cukup banyak.

10 Destinasi Wisata Bogor dengan Bujet Terbatas

Yang menjadi pertimbangan dalam memilih destinasi wisata dengan bujet terbatas adalah biaya BBM atau angkutan umum, biaya parkir, tiket masuk objek wisata, tarif spot wisata, serta harga makanan dan minuman. Agar tidak terlalu khawatir kekurangan bekal uang, berikut adalah destinasi wisata Bogor dengan bujet terbatas.

1. Istana Bogor

Istana Bogor bisa dikunjungi secara gratis, tetapi calon pengunjung perlu melakukan sedikit persiapan administrasi. Calon pengunjung harus mendaftarkan nama-nama yang akan mengunjungi Istana Bogor pada Biro Istana, Rumah Tangga Kepresidenan Istana Bogor.

Istana Bogor merupakan satu dari enam istana kepresidenan yang dimiliki Indonesia. Presiden Joko Widodo masih menggunakan Istana Bogor untuk menerima tamu negara. Selain Istana Bogor, pengunjung dapat pula melihat-lihat Museum Kepresidenan Balai Kirti dan memberi makan rusa.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

Taman Safari: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan ikon wisata Bogor seluas 87 hektare, yang terkenal ke seluruh Indonesia. Awalnya Kebun Raya Bogor merupakan kebun percobaan tanaman yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Saat ini Kebun Raya Bogor yang memiliki 15.000 tanaman berada di bawah tanggung jawab BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Tanaman-tanaman tersebut dikelompokkan dalam beberapa taman bertema khusus yang bisa dinikmati pengunjung umum.

Pengunjung dengan tinggi lebih dari dari 90 cm dikenakan biaya tiket masuk Rp40.000, sudah termasuk shuttle bus untuk sekali keliling Kebun Raya. Sedangkan pengunjung dengan tinggi kurang dari 90 cm tidak dikenai biaya alias gratis. Tiket dapat dibeli secara online.

3. Jalan Suryakencana

Jalan Suryakencana terkenal sebagai destinasi wisata kuliner khas Bogor, seperti laksa, soto kuning, asinan, dan berbagai jajanan tradisional lainnya. Wisata kuliner itu berarti mengeluarkan uang cukup banyak untuk membeli makanan.Tapi paling tidak uangnya menjadi makanan yang mengenyangkan. Selain itu tidak ada biaya masuk, melainkan hanya ongkos parkir umum.

Tips untuk berhemat adalah datang di jam makan agar sekalian memenuhi kebutuhan makan seperti biasa dan meminimalkan jajan makanan ringan karena sudah kenyang. Sebenarnya pilihan jajan di Suryakencana itu sangat beragam, termasuk yang berharga murah.

4. Taman Kencana

Taman Kencana merupakan taman kota sehingga warga bebas masuk ke taman ini secara gratis. Taman Kencana sudah dikelola dengan baik sehingga banyak perubahan menjadi lebih tertata rapi dan bersih. Pengelola menerapkan sanksi berupa denda bagi yang buang sampah sembarangan.

Kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung antara lain jogging, jalan-jalan dan bersantai dengan keluarga. Namun, menggelar tikar untuk makan bekal secara lesehan tidak dianjurkan karena akan merusak rumput dan mengotori taman. Di sekitar taman terdapat penjual makanan kakilima dengan menu-menu yang disukai anak-anak dan remaja.

5. Taman Sempur

Taman Sempur yang berada di samping Kebun Raya Bogor ini menjadi favorit warga untuk berolahraga atau bersantai bersama teman atau keluarga. Pengelola menyediakan jalur jogging, lapangan rumput yang luas, sarana latihan panjat tebing, dan sebagainya. Bahkan disediakan pula keran air minum. Untuk anak-anak, ada taman bermain yang membuat mereka aktif bergerak. Bagi yang suka berolahraga malam, pengelola telah memasang lampu penerangan yang cukup banyak. Karena merupakan taman kota, maka Taman Sempur ini gratis untuk umum.

6. Situ Gede

Situ Gede merupakan destinasi wisata Bogor yang sudah ada sejak zaman Belanda. Awal tahun 2023, Situ Gede telah direvitalisasi menjadi jauh lebih bagus dan bersih. Dalam peresmian selesainya revitalisasi Situ Gede, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, sempat menjajal olahraga kano di situ atau telaga tersebut. Aktivitas lain bagi pengunjung adalah jalan-jalan, naik bebek air atau melihat penangkaran rusa milik CIFOR (Center for International Forestry and Research).

Sebagai perkenalan setelah revitalisasi, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp5.000 bagi kendaraan roda dua dan Rp10.000 bagi kendaraan beroda empat. Belakangan dikenakan tiket masuk Rp5.000 per orang. Harga tersebut kemungkinan masih akan berubah karena masih dalam penyesuaian.

7. Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Kota Bogor juga selesai ditata kembali baru-baru ini. Suasana alun-alun menjadi lebih rapi, bersih dan asri. Warga dapat jogging mengelilingi alun-alun atau jalan-jalan di sekitarnya. Di alun-alun ini juga disediakan peralatan gym luar ruangan dan permainan anak-anak. Masyarakat dapat pula berkunjung ke Masjid Agung yang terletak di kawasan tersebut. Tentu saja untuk masuk ke alun-alun tidak perlu membayar tiket.

8. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) dulu bernama Museum Etnobotani Indonesia. Isi museum ini secara garis besar masih sama, yaitu koleksi ribuan tumbuhan dari seluruh Indonesia. Tumbuhan tersebut menjadi bahan penelitian untuk mempelajari hubungan suku-suku di Indonesia dengan tumbuhan di sekitarnya.

Museum ini juga memiliki ruang pamer yang berisi informasi sejarah terbentuknya pulau-pulau di Indonesia, termasuk evolusi and diversitas kehidupannya. Munasain buka pukul 08.00 – 16.00 dengan harga tiket masuk Rp15.000 per orang di hari kerja dan Rp25.000 di akhir pekan.

9. Museum Zoologi

Museum Zoologi menyimpan koleksi yang berkaitan dengan satwa, terutama fosil. Museum Zoologi ada 2, yaitu di Jl Ir H Juanda yang dibuka untuk umum setiap hari dan di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong yang dibuka untuk umum setahun sekali di bulan Oktober. Jadi jangan sampai salah. Harga tiket masuk Museum Zoologi adalah Rp15.000 di hari kerja dan Rp25.000 di akhir pekan.

Baca juga: Taman Safari Bogor: 5 Alasan untuk Dikunjungi bersama Keluarga

10. Taman Peranginan

Taman Perangin ini kecil dan sederhana, tak jauh dari Taman Sempur. Namun, karena letaknya di tengah kota, taman ini menjadi penting sebagai tempat menghilangkan penat. Pengunjung bisa jogging atau duduk-duduk memandang rumah-rumah di bawahnya. Taman Peranginan juga rindang dan memiliki beberapa permainan anak-anak, antara lain ayunan.

Itulah 10 destinasi wisata Bogor yang bisa dikunjungi dengan bujet terbatas, bahkan beberapa di antaranya gratis. Destinasi wisata yang sesuai dengan bujet akan membuat hati tenang selama berlibur.

Exit mobile version