BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

BBM Naik, Ini 3 Cara Menghemat Bahan Bakar Motor Matik

 

Populasi motor matik di Indonesia tumbuh subur lantaran memiliki kemudahan untuk mobiliasasi. Hampir semua segmen, secara usia bisa membawa motor matik. Namun di tengah pamor yang melonjak, saat ini pemilik motor matik pun perlu melakukan langkah-langkah penghematan mengingat banderol bahan bakar yang naik tinggi.

Ada beberapa cara untuk membuat motor matik lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar. Tak hanya memastikan bila kondisinya prima, tapi yang tak kalah penting adalah soal gaya berkendara.

Tak bia dipungkiri, sampai saat ini banyak pengguna motor mati yang masih asal tancap gas tanpa memikirkan efek samping, seperti kerusakan komponen dan borosnya bahan bakar.

BACA JUGA : Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax Kompak Naik

Pertama soal memutar gas. Mengendarai skutik memang tingal memutar pedal gas saja, namun dalam hal ini pun ada tekniknya, alias tak boleh asal bejek.

Honda Vario 160

Memutar gas motor matik perlu diurut, artinya biasakan untuk tidak langsung gas poll atau berkendara terlalu agresif. Kondisi ini membuat semua komponen penggerak bisa bergerak spontak dan menyebabkan kerusakan.

Bisa dipastikan juga putaran gas tinggi membuat bahan bakar yang digunakan untuk pembakaran terpakai lebih banyak. Karena itu penting untuk menjaga ritme dan berkendara konstan.

Kedua, usahakan meminimalkan pengereman. Hilangkan budaya mengerem mendadak dengan jarak yang mepet. Selain berisiko, kondisi ini membuat putaran mesin langsung drop, dan ketika tuas gas di tekan lagi akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

Untuk membiasakan hal ini, baiknya pengendara matik mulai menggunakan metode jaga jarak. Sehingga dapat meminimalkan penggunaan rem.

BACA JUGA : Harga BBM Subsidi Naik, Tarif Bus AKAP dan Ojol Segera Menyusul

Indramayu, Indonesia – May 3, 2022: Motorcyclist refueling gasoline at a Pertamina gas station. Because the government subsidy gasoline ran out, they have to buy non-government subsidies. More expensive gasoline is called “Pertamax”.

Ketiga, agar irit bahan bakar, biasanya menggunakan jenis BBM yang sesuai rekomendasi pabrikan. Kebanyak skutik modern sidah dianjurkan untuk mengisi RON 90 seperti Pertamax.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, pabrikan pastinya sudah memiliki perhitungan menyesuaikan kompresi mesin. Dengan bahan bakar yang seimbang, pembakaran bakal lebih sempurna yang berujung pada efisiensi BBM.

Exit mobile version