5 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

Bicara soal makanan, kamu pasti sepakat kalo Indonesia ini punya banyak banget kuliner khas nusantara yang memiliki cita rasa yang khas. Saking khas dan enaknya, bahkan beberapa dari makanan khas Indonesia ini sampai terkenal hingga ke mancanegara.

Bukan hanya sekadar terkenal, ada juga penggemarnya. Mungkin karena makanan khas Indonesia cenderung lebih kaya akan rempah sehingga memiliki karakteristik yang khas dan membuat banyak orang di seluruh dunia larut akan kelezatannya.

Walaupun memang tidak semua orang di negara lain sanggup makan makanan khas Indonesia. Selain kaya akan rempah, tidak sedikit dari kuliner khas Nusantara punya cita rasa pedas. Meski demikian, sekali mencicipi, dijamin mereka akan ketagihan.

Nah, lalu makanan khas Indonesia mana saja sih yang sampai diganderungi oleh masyarakat luar negeri? Nih daftarnya. Kalau kamu suka yang mana?

Baca Juga: 5 Tempat Makan Malam di Jogja Terbaik, Ada Tempat Makan Cinta dan Rangga

Deretan Makanan Khas Indonesia yang Digemari di Dunia

1. Tempe

kuliner indonesia tempe mendoan

Meski merupakan makanan yang sederhana, tempe ini diakui menjadi makanan khas Indonesia yang punya rasa unik dan lezat. Bahkan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini menjadi salah satu makanan yang dicari-cari lho di beberapa negara, seperti di Jepang, Inggris, Austria, hingga ke Afrika Selatan.

Di restoran Indonesia di luar negeri, menu tempe yang paling banyak dipesan adalah tempe goreng atau tempe mendoan. Mungkin dua cara pengolahan tempe tadi masih diterima oleh lidah masyarakat luar. Padahal kan masih ada cara mengolah tempe yang enak lainnya ya, seperti orek tempe atau tumis tempe kacang panjang.

2. Sate

Salah satu makanan yang pernah diucapkan mantan presiden AS Barack Obama ketika berkunjung ke sini adalah sate. Ya, sate bisa dibilang merupakan makanan yang memiliki kemiripan di berbagai negara. Di Jepang misalnya, sate ini tak ubahnya yakitori. Hanya saja, perbedaannya terletak pada penggunaan bumbu.

Sate di Indonesia, khususnya sate khas Madura, dibumbui dengan saus kacang atau kecap pedas. Penggunaan dua bumbu tadi ternyata menciptakan perpaduan rasa yang unik dan lezat. Sate sendiri banyak dijumpai di restoran-restoran khas Indonesia di luar negeri dan tidak sedikit dari mereka yang memesannya.

3. Nasi Goreng

Sama seperti sate, nasi goreng juga memiliki kemiripan dengan makanan di luar negeri. Di Jepang ada juga menu mirip nasi goreng yang bernama chahan. Namun, tetap tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan nasi goreng dalam negeri. Apa sih yang bikin nasi goreng Indonesia terkenal?

Jawabannya tentu saja terletak pada penggunaan berbagai macam bumbu dan kombinasi dengan kecap manis lah yang membuat nasi goreng Indonesia lebih enak dibanding nasi goreng negara lain. Coba deh liat channel YouTube negara lain, pasti kalau ke Indonesia yang paling sering disebut ketika hendak makan adalah nasi goreng.

Baca Juga: Nggak Cuma Papeda, Ini 5 Kuliner Papua yang Tak Kalah Lezat

4. Bakso

Selain sate, bakso juga menjadi salah satu makanan yang disebutkan oleh Barack Obama ketika berkunjung ke Indonesia beberapa tahun silam. Ya, bakso sebenarnya merupakan makanan hasil asimilasi budaya dari China. Diolah dari daging sapi yang diberi tepung sagu atau tepung tapioka, bakso memiliki basis penggemar yang banyak di dalam negeri.

Tak hanya digemari masyarakat lokal, bakso juga digemari masyarakat luar negeri. Tidak hanya dijual matang di restoran, bakso pun diimpor ke beberapa negara di luar negeri. Sebenarnya yang membuat bakso Indonesia terkenal dibanding bakso negara lain adalah cara penyajiannya yang menggunakan kuah hangat dan lezat.

5. Rendang

Wah kalau makanan khas Indonesia yang satu ini sih tidak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan menurut CNN Travel di tahun 2011, rendang masuk ke dalam peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Delicious Food atau 50 Makanan Enak di Dunia. Wah, seenak itu kah rendang?

Ya jelas lah! Kamu saja kalau pergi ke restoran masakan Padang pasti kurang lengkap tanpa memesan rendang. Bahkan chef ternama Gordon Ramsay pun tersihir dengan kelezatan rendang dan ikut mencoba membuat kuliner khas Indonesia yang dimasak berjam-jam ini.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan di Cirebon Buat Santap Siang

Exit mobile version