Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Punya permasalahan kolesterol tinggi? Sebaiknya jangan disepelekan lho. Faktanya, selain disebabkan oleh makanan, meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh ternyata juga disebabkan oleh minuman. Apa saja sih minuman berkolesterol tinggi?

Sebelum kita lanjut membahas daftar minuman berkolesterol tinggi, ada baiknya kamu pahami dulu apa itu kolesterol. Mengutip dari laman Wikipedia, kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterok yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kolesterol Jahat Tinggi Sebelum Fatal

Sejatinya kolesterol diproduksi secara alami oleh organ hati. Zat ini berguna untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D yang diperlukan untuk tubuh. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu banyak malah bikin tubuh jadi nggak sehat.

Bukan hanya diproduksi oleh makanan berlemak, ada juga lho minuman yang bisa sebabkan kolesterol tinggi. Langsung aja yuk simak informasinya!

5 Minuman dengan Kadar Kolesterol Tinggi

1. Minuman bersoda

Kamu termasuk hobi minum minuman bersoda? Sebaiknya mulai sekarang kurangi atau stop kalau bisa. Karena disamping dapat memicu diabetes, obesitas, hingga penyakit ginjal, minuman bersoda juga menyebabkan kolesterol tinggi lho. Umunya dalam satu kaleng minuman soda mengandung 10 hingga 15 sendok teh gula atau setara dengan 160-240 kalori. Sebuah studi menyebut bahwa minuman soda yang notabene mengandung pemanis buatan dapat berkontribusi pada kenaikan kolesterol itu sendiri.

2. Minum teh manis

Apapun makannnya, orang Indonesia pasti minumnya es teh manis. Hmm, memang enak banget ya kan, makan ditemani dengan segelas es teh manis. Selain sebagai pendamping makan, es teh manis juga cocok diminum pada saat cuaca panas atau kondisi haus. Sebenarnya risiko ini tidak hanya berlaku pada teh manis, tapi minuman manis lainnya. Karena studi yang ditulis dalam Journal of the American Heart Association menyebut bahwa Minuman mengandung gula tinggi beresiko sampai 98 persen menyebabkan kenaikan LDL dan 53 persen kenaikan kadar trigliserida yang berperan penting meningkatkan kadar kolesterol.

3. Minuman dengan krimer

Siapa di sini yang hobi minum kopi? Minum kopi sendiri bagus untuk kesehatan, asal jangan ditambahkan dengan krimer. Sebab, menambahkan krimer ke dalam kopi sama saja dengan menambahkan gula dan lemak ke dalam minumanmu. Krimer memiliki bahan dasar susu yang punya kandungan lemak trans atau lemak jenuh dalam jumlah yang tinggi. Karenanya, jangan heran kalau krimer turut berkontribusi meningkatkan kolesterol ya.

Baca Juga: Contoh Minyak Baik dan Lemak Baik Biar Nggak Terkena Kolesterol

4. Minuman beralkohol

Hobi mengonsumsi minuman beralkohol memang tidak baik untuk kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebab, menurut ahli diet Ronald Smith, alkohol memiliki kemampuan untuk merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol. Maka dari itu disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan. Karena selain risiko di atas, konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan perlemakan hati yang berujung pada risiko terjadinya pengerasan hati.

5. Milkshake

Duh, dari tadi kenapa yang disebut minuman enak semua ya. Selain empat minuman di atas, milkshake ternyata juga bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat lho. Hal ini dibuktikan dari studi tahun 2017 yang diterbitkan jurnal Laboratory Investigation. Salah satu penyebab milkshake bikin risiko kolesterol adalah karena di dalam milkshake terdapat kandungan lemak jenuh dari es krim di dalamnya.

Baca Juga: Garmin Luncurkan Venu 2 Plus untuk Pantau Kesehatan dan Kebugaran

Exit mobile version