5 Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia

tradisi unik idul fitri di Indonesia

tradisi unik idul fitri di Indonesia. Foto: Bertuah Pos

Perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H tinggal menghitung hari. Guna menyambut momen istimewa bagi umat muslim tersebut, sejumlah tradisi unik saat Idul Fitri pun biasanya digelar di berbagai penjuru nusantara.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia. Tidak heran, Idul Fitri atau Lebaran jadi momen yang paling dinanti-nanti setiap tahunnya.

Baca Juga: 6 Tips Supaya Bisnis Kue Kering Lebaran Laris Manis

Mudik jadi salah satu tradisi yang dilakukan pada saat Lebaran. Namun, di samping mudik ada juga sejumlah tradisi unik yang masyarakat Indonesia lakukan saat merayakan Idul Fitri. Apa saja? Simak informasinya di bawah.

Ragam Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia

1. Meugang atau Makmeugang (Aceh)

Tradisi Idul Fitri yang satu ini mirip ibadah di hari raya Idul Adha. Ya, Meugang atau Makmeugang merupakan tradisi menyembelih hewan seperti kambing atau sapi yang dilakukan oleh masyarakat Aceh. Biasanya masyarakat Aceh menggelar tradisi ini sekitar tiga kali dalam setahun, yakni pada bulan Ramadan, saat Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha. Tradisi ini dilaksanakan berbeda-beda hari, ada yang dua hari sebelum hari raya dan adapula yang sehari sebelum Idul Fitri.

2. Batobo (Riau)

Tradisi Idul Fitri khas masyarakat Riau ini biasanya dilakukan sebagai bentuk penyambutan khusus bagi perantau dari luar daerah yang kembali ke kampung halaman. Bak seorang pahlawan, para perantau yang tiba di kampung halaman akan disambut meriah lengkap dengan iring-iringan rebana dan diarak melintasi perawahan, hingga menuju masjid tempat buka puasa bersama. Tradisi ini dilakukan sebagai momen melepas rindu dan silaturahmi keluarga dengan perantau.

3. Grebeg Syawal (Yogyakarta)

Seperti halnya masyarakat daerah lainnya, masyarakat di Yogyakarta juga punya tradisi unik Idul Fitri, yakni Grebeg Syawal. Tradisi yang sudah dilakukan turun temurun sejak zaman dahulu ini diadakan sebagai bentuk ungkapan syukur karena telah menyelesaikan ibadah puasa Ramadan. Nantinya akan diadakan arak-arakan tumpukan menggunung hasil bumi yang berlimpah dengan dikawal oleh prajurit keraton.

Baca Juga: Daftar Lokasi Salat Idul Fitri, Jumat 21 April 2023 di Jakarta

4. Perang Topat (Lombok)

Tradisi unik Idul Fitri berikutnya adalah Perang Topat. Tradisi yang dilakukan setiap enam hari setelah Idul Fitri ini merupakan tradisi yang sudah melekat di antara warga Lombok dan diadakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Dalam tradisi ini para warga akan saling lempar ketupat.

5. Badulang (Bangka Belitung)

Tradisi Badulang merupakan tradisi dimana masyarakata Bangka Belitung akan berkumpul dan makan bersama selepas Salat Id. Setelelah menunaikan ibadah Salat Id di masjid, biasanya warga akan meninggalkan masjid untuk bersalam-salaman, dan kemudian akan kembali ke masjid untuk makan bersama di halaman masjid.

Nah, gimana? Unik bukan tradisi masyarakat Indonesia jelang Idul Fitri. Kalau di tempat kamu ada tradisi unik apa nih?

Baca Juga: 5 Cara Kelola THR untuk Bujet Mudik Lebaran

Exit mobile version