Asyiknya Contact Center JNE

Oleh : Deden Sudendi, Section Head Contact Center JNE

Contact Center JNE

Pernah surprise dan terkesan mendengar asyiknya suasana kantor Google di banyak negara dan kota, sebut saja misalnya New York USA, London, Sydney, sampai dengan Jakarta Indonesia? atau pernah menyaksikan langsung nuansa ceria, desain kreatif, dan keseruan-keseruan di kantor Google atau sekedar melihat di laman situs-situs internet dan terpukau dengan tampilan-tampilannya?

Jika ya, ada baiknya mendengar dan menyaksikan juga suasana kerja contact center JNE dan menjadi saksi mata bagaimana ksatria-ksatria dan srikandi-srikandi JNE menikmati setiap waktu serta aktifitas mereka di kantor atau lingkungan kerja.

Boleh jadi yang melihat akan terpukau dan bersorak “WOW! this is even more fun and creative!”, atau bagi yang ingin berkarir dan berprestasi, bisa jadi akan spontan mengatakan “this is the best environment to work and perform!”.

Ya, merias tampilan kantor untuk terlihat dan terasa lebih gorgeous, energize, dan seterusnya, belakangan ini menjadi tren tersendiri di banyak perusahaan. Terlebih pada perusahaan-perusahaan start up yang banyak diisi oleh talenta-talenta muda, dimana kreatifitas-kreatifitas lebih mungkin tumbuh subur sebagai potensi yang diklaim lebih dimiliki oleh generasi millenial.

Seiring dengan semaraknya desain lingkungan kerja tersebut, beragam aktifitas diluar rutinitas pun diselenggarakan, baik di sela-sela waktu kerja maupun di luarnya. Para pekerja bisa mengikuti aktifitas-aktifitas yang mereka rancang sendiri, ataupun yang memang sudah diagendakan oleh management.

Yang menjadi tantangan kemudian adalah seberapa efektif kah aktifitas-aktifitas tersebut menggenjot produktifitas yang sudah tentu merupakan tujuan utama, meski kemasannya dibuat menyenangkan. Contact center JNE adalah sebuah keunikan yang akan mencengangkan tentang gambaran keseruan yang dipaparkan di atas.

Salah satu sektor penting dalam perusahaan ini adalah tentang bagaimana profesionalitas kerja ditopang oleh beragam kreatifitas dalam berbagai bentuknya. Aktifitas-aktifitas yang menyenangkan tapi diperlukan sepanjang tahun, yang berkorelasi kuat dengan meningkatnya kualitas pelayanan dan produktifitas.

Hal yang juga sangat menarik adalah bahwa semua aktifitas tersebut dirancang dan diramaikan secara fun dan kreatif oleh para ksatria dan srikandi itu sendiri. Jadi kreasi-kreasi adalah dari mereka, oleh mereka, dan untuk mereka.

Jika berkunjung ke contact center JNE beberapa kali berselang dalam setahun, akan melihat bahwa desain ruangan kerja, ornamen-ornamennya, hingga suasananya, baik sebagian maupun keseluruhan, selalu berbeda. Area kerja disulap sedemikian rupa, segar, meriah, selaras dengan berbagai event besar yang dijadikan moment.

Kali tertentu akan terasa seperti di sepanjang pesisir pantai, dimana setiap orang berpakaian baju cerah warna-warni. Di sana-sini terdapat gebyar-gebyar kembang api serta ragam dekorasi tahun baru yang menyegarkan mata.

Di lain waktu, akan seperti sedang berbaur dengan keriuhan HUT RI, dimana setiap orang berbusana ragam daerah di nusantara. Ada kibar bendera di setiap jengkal plafon ruang kerja, gambar-gambar bambu runcing di tembok-tembok, dan seterusnya. Setiap tahun selalu terasa berbeda, karena moment yang dipilih selalu baru dan jauh dari moment berulang yang menjemukan.

Hanya di contact center JNE, barangkali, bisa menemukan Happy Room, sebuah area khusus yang disediakan untuk berbahagia, refresh, dan melepas kepenatan kerja. Para ksatria serta srikandi JNE bisa bermain soccer table, samsak tinju, bermain rebana, menikmati musik, menonton film, sesi motivasi mau pun spritualitas, dan sebagainya.

Soccer table di Happy Room Contact Center JNE

Di Happy Room inilah setiap orang bebas mengekpresikan dirinya sejenak di sela-sela pekerjaan maupun di luar kerja. Tujuannya utamanya, sudah tentu adalah untuk memompa semangat pelayanan terbaiknya terhadap pelanggan dan perusahaan.

Kebutuhan pengembangan diri dan pencapaian kinerja pun ditopang oleh beragam aktifitas. Ada sesi coaching dan konseling yang bukan hanya diberikan pada saat tertentu saja, tapi memang menjadi agenda wajib harian untuk semua petugas contact center.

Jika pernah menonton film Coach Carter dan film-film lain yang menyuguhkan kesan coaching atau konseling mendalam, di contact center JNE, bisa menyaksikan itu setiap harinya. Ada pula ruang-ruang coaching dan konseling khusus, ruang-ruang training, perpustakaan yang bisa diakses oleh para penyuka baca, hingga ruang klinik untuk mereka yang harus rehat untuk kemudian siap melayani dengan pelayanan terbaik kembali.

Beberapa dari aktifitas regular yang dipastikan menghiasi contact center JNE setiap tahunnya sebut saja diantaranya; Monthly, Quarterly, dan Annually Rewarding, Thanks Day, Coaching Clinic, Bedah Buku, I Love Monday, Dress Code, Bakti Sosial, Kajian Keagamaan, Liga Olahraga, Team Outbound, Fun Activities, dan masih banyak lagi.

Semua aktifitas direncanakan, diramu, dan diikuti secara antusias, bahkan oleh para ksatria dan srikandi sendiri yang secara bergantian menjadi bagian dari TEAM PEOPLE. Tim ini secara dedikatif memberikan fokus lebih terhadap kesuksesan keseluruhan proses semua aktifitas tersebut.

Di awal tahun 2021, meskipun dunia masih sedang berjibaku menghadapi pandemi, contact center JNE tetap mampu menyelenggarakan aktifitas-aktifitas yang sebagian kalangan tentu sulit membayangkan. Terselenggaralah acara Quarterly dan Annually Rewarding dengan sukses, dengan menghadirkan konsep digital dan balutan kreasi untuk mendukung kebijakan penegakan protokol kesehatan yang diserukan pemerintah.

Tema acaranya adalah “Unique Mask” dimana semua peserta acara yang jumlahnya ratusan orang mengenakan masker yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing, dan mendapatkan reward seperti halnya para ksatria dan srikandi yang berprestasi.

Kesuksesan kegiatan pun sedang akan diraih pada pertengahan Juni sampai dengan pertengahan Juli 2021. kali ini perhelatan olahraga bergengsi EURO menjadi momen yang akan diambil oleh contact center JNE untuk menyelenggarakan kegiatan yang akan dirancang dan diikuti oleh seluruh ksatria dan srikandi.

Nilai-nilai yang harus terkandung dalam keseluruhan proses acara dan tujuan-tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu dirumuskan serta disepakati secara bersama. Munculah beragam kata; soliditas, teamwork, kekeluargaan, spirit kerja.

Selanjutnya, semangat untuk refresh, dan fun pun bercampur dengan performance, positive work environment, synergy, knowing each other, people development, dan sebagainya sampai dengan Connecting Happiness. Semuanya tentu dilandaskan dan bersumberkan dari nilai-nilai JNE yaitu Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, dan Visioner.

Datanglah ke contact center JNE beberapa waktu ini sampai beberapa minggu ke depan, dimana terlihat suasana penuh semangat yang begitu meriah, aura sportivitas, euphoria yang menggembirakan bahkan bagi yang kurang bergairah.

Ada bendera negara-negara peserta EURO berjejer, bertebaran memenuhi seluruh area kerja, balon-balon sepak bola, photo booth yang cantik, menarik dan tentunya instagramable. Ada juga karpet bola, poster-poster bintang sepakbola, miniatur piala euro, poster raksasa jadwal tanding euro, bertebaran quotes-quotes inspiratif dan menggugah dari para legenda pesepak bola, dan banyak dekorasi lainnya untuk penyemangat hari.

Seluruh ksatria dan srikandi memakai jersey negara-negara yang dijagokan masing-masing. Mungkin bagi yang berkunjung menjagokan salah satu negara, bisa dipastikan jersey negara yang dijagokan pengunjung tersebut dikenakan salah satu atau banyak ksatria maupun srikandi.

Tak berhenti sampai disitu, suasana akan membuat lebih larut dalam euphoria melihat banyak berseliweran atribut sepakbola lainnya, seperti syal, ikat kepala, topi, wig warna, bahkan coretan muka khas supporter bola.
Pengunjung juga bisa ikut bergembira bermain bersama, ada banyak games yang disediakan oleh contact center JNE.

Setiap games-nya sudah dipilih dan dirancang dengan perencanaan matang dan penuh pertimbangan atas nilai-nilai dan tujuan-tujuan luhur demi kebaikan serta kemajuan para ksatria dan srikandi pada umumnya, mau pun perusahaan pada khususnya.

Ada games tiktok celebration challenge, dimana akan terdapat beberapa orang yang tergabung ke dalam banyak grup, yang masing-masing group akan bersuka ria meramu teamwork-nya, kreatifitasnya, sinerginya, untuk bersaing menyuguhkan sebuah karya yang luar biasa.

Ada pula games eat bulaga yang yang mengeksplorasi wawasan, pengetahuan, skill analisa, kejelian, bukan hanya tentang sepakbola, tapi juga tentang istilah-istilah penting yang biasa digunakan dalam bekerja sehari-hari dan pencapaian prestasi kerja.

Ada juga games soccer table, sepak bola kertas, tape roll challenge, ping pong mask, yang mendorong soliditas, ketahanan konsentrasi, spirit berjuang dan berprestasi, dan lainnya. Seperti games yang lainnya, ini akan berbentuk kompetisi grup, dan setiap grupnya dibentuk secara terencana dengan membaurkan individu-individu yang relative sehari harinya kurang saling kenal, sehingga di ujung acara semua bisa lebih saling mengenal satu sama lain,

Dari itu semua, terciptalah rasa kekeluargaan yang lebih kuat, dan semua itu diraih dengan fun, sukacita, dengan saling menghubungkan kebahagiaan, dan ke depan tentunya positive work environment makin lebih dirasakan oleh semua.

Yang paling membanggakan adalah, contact center JNE menyelenggarakan semua tahapan acara ini dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Maka bermunculanlah kreatifitas-kreatifitas yang mendukung ke arah itu.

Oleh karena itu, infrastuktur digital yang sudah matang disiapkan dalam games selebrasi tiktok, pengaturan schedule yang sudah disusun dengan sangat rapih untuk semua games, dan seterusnya, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Publisitas pun dibuat massive secara digital menggunakan banyak media channel, sehingga para ksatria dan srikandi tetap bisa bekerja, belajar, berkreasi, bermain, berbahagia, serta berkembang bersama.

Baca juga : Salah Satu Menu Sarapan yang Pas di Jalan Tomang Raya

Exit mobile version