6 Platform Baca Komik Korea Legal buat Pencinta Manhwa

Jika selama ini pecinta komik mengenal manga dari Jepang, sekarang ada manhwa, komik dari negeri Ginseng yang bisa dibaca secara online maupun dibeli dalam versi cetaknya. Baca komik Korea tidak jauh berbeda dari Jepang, genre-nya mulai dari drama romantis, action hingga fantasi.

Tapi yang membuat manhwa berbeda adalah tampilannya di platform online dalam bentuk warna dan untuk membacanya dari kiri ke kanan seperti komik Amerika juga Eropa. Untuk versi cetak, umumnya diterbitkan dalam bentuk hitam putih seperti manga. Menariknya lagi, beberapa cerita dari komik Korea diangkat ke dalam drama Korea bahkan Anime lho.

Istilah manhwa, manga dan manhua memiliki arti yang sama yaitu komik. Kendati demikian, ada perbedaan dalam gaya gambarnya. Umumnya, komik Korea lebih ke arah genre romantis dengan menyasar kalangan usia tertentu.

Biasanya, tiap episode manhwa diunggah seminggu sekali atau dua kali tergantung platformnya. Untuk mengakses komik digital dari Korea sekarang ini tidaklah sulit. Ada berbagai platform yang menyediakan akses baca komik Korea gratis hingga berbayar.

Tertarik membaca manhwa? Berikut ini rekomendasi platform baca komik Korea legal yang bisa diunduh baik di Android maupun iOS.

6 Platform Baca Komik Korea Legal

6 Platform Baca Komik Korea Legal buat Pencinta Manhwa

1. LINE Webtoon

Popularitas Webtoon tidak perlu diragukan lagi. Platform baca komik Korea Legal ini sudah mendunia bahkan beberapa komik di dalamnya sudah diangkat menjadi drama Korea, contohnya Sweet Home, True Beauty dan lain sebagainya.

Webtoon merupakan platform komik digital yang diluncurkan oleh Naver di tahun 2004. Tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa karena di Webtoon sudah tersedia versi bahasa Indonesia.

Yang menarik dari platform ini, pembaca bisa memberikan like, rating dan komentar di tiap episode komik. Untuk fasilitas baca komik gratis hanya untuk episode yang sudah tayang beberapa hari atau minggu dari jadwal. Sedangkan jika ingin membaca saat waktu unggahan, pembaca harus membayar.

Baca juga: 10 Situs Webtoon Web Gratis yang Jadi Favorit Pembaca

2. KakaoPage Webtoon

Hampir mirip dengan LINE yang awalnya merupakan aplikasi komunikasi lalu merambah ke komik digital, begitu juga dengan Kakao.

Kakao Webtoon diluncurkan oleh perusahaan yang sama dengan Kakao Talk yakni Kakao Corp di tahun 2013. Platform baca komik Korea ini tidak hanya menawarkan manhwa saja tapi pembaca bisa mengakses berbagai web-novel juga.

Di platform ini sudah ada versi bahasa Indonesia, jadi pembaca tidak perlu khawatir mesti menerjemahkannya terlebih dulu. KakaoPage juga memberikan beragam rekomendasi manhwa berdasarkan ranking dari pembaca, top selling, favorit, bintang lima di halaman utamanya. Jadi, pembaca bisa dengan leluasa memilih mana yang akan dibaca terlebih dulu.

Salah satu komik digital yang diangkat ke dalam drama Korea dari KakaoPage Webtoon adalah Itaewon Class. Serial drakor ini tak hanya sukses di Webtoon tapi juga menjadi favorit penonton di layanan streaming Netflix mancanegara.

3. Tapas

Masih di bawah naungan Kakao Entertainment, platform baca komik Korea berikutnya adalah Tapas. Platform ini berdiri sejak tahun 2016 menggantikan Tapastic.

Ada banyak genre yang bisa dibaca di Tapas, tapi mayorita pembaca di platform ini menyukai fantasi dan romance. Yang menarik dari Tapas, mayoritas manhwaga (sebutan untuk kreator komik Korea) adalah perempuan, persentasenya kurang lebih 63%. Sedangkan untuk demografi pembacanya juga mayoritas perempuan di rentang usia 18-24 tahun.

Namun yang perlu diketahui, tidak semua komik di Tapas bisa dibaca gratis. Platform ini menerapkan model freemium artinya ada yang free dan premium. Biasanya, untuk episode pertama disediakan gratis. Untuk membaca episode berikutnya secara on going dikenakan tarif berbayar.

4. TappyToon

Rekomendasi platform baca komik Korea berikutnya ada TappyToon. Di aplikasi ini, pembaca bisa membaca berbagai koleksi manhwa dan jadwal terbit episode baru sama dengan platform lainnya yakni satu atau dua kali dalam seminggu.

Yang menarik dari TappyToon adalah platform ini menyediakan wadah untuk kreator komik lintas negara agar bisa mengunggah karya mereka. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi kreator komik mancanegara supaya karya mereka bisa dikenal oleh pembaca.

Membaca episode komik Korea di TappyToon bisa secara gratis dan berbayar. Jika ingin akses premium, pembaca bisa mengambil kategori TappyToon VIP yang menyediakan bacaan komik yang bebas iklan, memiliki akses untuk episode eksklusif dan berbagai fasilitas lainnya.

5. Lezhin Comics

Platform baca komik Korea digital yang legal dan populer berikutnya adalah Lezhin Comics. Diluncurkan sejak tahun 2013, aplikasi ini menawarkan berbagai genre seperti drama, romansa, fantasi, action dan lain sebagainya bagi para pembaca.

Untuk bisa mengakses Lezhin Comics, pengguna mesti mendaftar terlebih dulu dan membeli koin agar bisa membaca komik. Sama seperti platform manhwa lainnya, Lezhin Comics juga menawarkan episode gratis dan berbayar.

Kelebihan menjadi anggota Lezhin Comics antara lain bisa mengakses episode baru, berbagai konten eksklusif dan memilih manhwa yang sudah dikurasi. Tidak perlu khawatir dengan bahasanya, karena platform ini sudah menyediakan fasilitas terjemahan dalam berbagai bahasa.

6. Manta Unlimited Comics

Manta Unlimited Comics merupakan aplikasi baca komik Korea yang lebih fokus ke genre romantis. Platform ini merupakan besutan RIDI Corporation, perusahaan di Korea Selatan dengan spesialisasi di bidang web comic. Tidak mengherankan jika pembaca akan menemukan beragam komik Korea berkualitas dari segi gambar dan cerita di Manta.

Platform ini membuka lebar pintu bagi para kreator komik dunia untuk mengunggah karya-karya terbaik mereka agar bisa dinikmati oleh pembaca. Aplikasi Manta mengadopsi model freemium untuk para penggunanya dalam mengakses bacaan komik.

Baca juga: 8 Serial Korea Terbaik yang Diadaptasi dari Webtoon

Keuntungan membaca komik digital adalah keleluasaan waktu, di mana pembaca bisa mengakses kapan pun dan di mana pun. Tak hanya itu saja, kemudahan akses di smartphone, membuat manhwa bisa dijadikan sebagai sarana pelepas stres setelah lelah bekerja. Pastikan baca komik Korea di salah satu aplikasi legal di atas ya. Ini sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap para kreator komik atas karya-karya terbaik mereka.

Exit mobile version