Bahagia Bersama Dengan Literasi

Oleh : Sigit Handoko, Quality Control & Engineering Department

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman.

Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Bahkan, sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

Setelah kita memahami pengertian Literasi diatas, tentunya kita sudah memiliki gambaran mengenai tujuan literasi. Adapun tujuan literasi itu sendiri ialah sebagai berikut:

Setelah melihat tujuan literasi yang begitu baik, hal ini tentunya masyarakat akan mendapatkan berbagai manfaat. Adapun beberapa manfaat literasi ialah sebagai berikut:

Media massa memang seolah sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat khususnya di era digital ini, ketika media lebih mudah diakses karena hadir dalam bentuk elektronik. Informasi yang semakin simpang siur tersebut sebaiknya dibarengi dengan memberikan edukasi literasi media ke publik.

Apa itu Literasi Media? Literasi media merupakan bentuk kemampuan dalam mengakses, menganalisis, mengevaluasi, hingga mengkomunikasikan informasi dari berbagai bentuk media. Secara umum, literasi media dapat dipahami sebagai seperangkat perspektif yang digunakan saat mengakses media massa.

Secara garis besar, literasi media erat hubungannya dengan perilaku masyarakat saat menginterpretasikan informasi yang dimuat dalam media. Jadi, literasi media adalah skill dalam menilai, mengorganisasikan pesan dan membangun pesan sebelum disampaikan ke orang lain.

JNE, sebagai perusahaan ekspedisi yang mempunyai titik jaringan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Mempunyai wadah media massa untuk membagikan informasi tidak hanya untuk internal JNE. Tetapi juga ke eksternal JNE. Media Portal JNE tersebut bernama JNEWSONLINE.

Sudah setahun media portal JNEWSOnline hadir. JNEWS yang awalnya berupa majalah konvensional versi cetak dan sudah mulai terbit sejak 2001 silam, setahun lalu bermigrasi menjadi media online atau digital menjadi JNEWSOnline.com.

Kini JNEWSOnline.com beritanya lebih informatif, disajikan pula setiap hari berita-berita tentang perkembangan jasa pengiriman dan logistik Tanah Air, tentang dunia e-commerce, UKM, lifestyle, tekno hingga traveling dengan ragam sajian konten-konten menarik lainnya.

Redaksi JNEWSOnline berharap agar kehadiran JNEWSOnline.com bukan hanya sebagai media informasi internal karyawan JNE namun juga bisa menjangkau pembaca dari kalangan masyarakat umum secara luas. JNEWS selain memuat tulisan atau berita dari internal Redaksi, juga memuat tulisan-tulisan hasil karya dari karyawan JNE.

Untuk menambah minat dari karyawan internal JNE dalam menulis, tahun ini sudah beberapa kali redaksi JNEWS mengadakan “Writing Competition” untuk karyawan JNE.  Namun, kali ini ajang tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT JNE Ke-31th program ini diberi nama Fun Writing.

Suatu pengalaman pribadi yang sangat berkesan dalam hidup saya, dikarenakan saya yang sebelumnya tidak pernah mengikuti lomba menulis di mana pun, ketika mengikuti lomba menulis yang diadakan oleh JNEWS, Alhamdulillah terpilih menjadi juara ke 3. Saya ceritakan ke istri, sungguh bahagianya istri saya. Alhamdulillah hadiah dari lomba tersebut sangat bermanfaat untuk keluarga kami. *

Semoga di ulang tahun JNE ke 31 JNE & juga JNEWSonline.com selalu diberkahi Allah. Makin sukses, makin dicintai oleh masyarakat. Sehingga senantiasa memberikan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia.  “Maju Indonesia, Bahagia Bersama Dengan Literasi”. *

Exit mobile version