Baterai HP Terasa Boros? Ini Nih Tips Menghemat Baterai Smartphone

tips menghemat baterai smartphone

Smartphone charging via cable in a car

Tips Menghemat Baterai Smartphone – Keberlangsungan baterai menjadi hal yang penting bagi pengguna smartphone, terlebih buat kamu yang sedang dalam perjalanan panjang dan tidak ada kesempatan untuk charging smartphone kesayanganmu. Maka dari itu, banyak yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar.

Meski demikian, kapasitas baterai yang besar juga tidak menjamin bahwa daya tahan baterai akan lama. Semua itu, balik lagi kepada penggunaan, apakah berat atau tidak. Lalu bagaimana sih caranya agar baterai tetap irit walau dipakai seharian? Yuk simak informasinya di bawah in!

Baca Juga: Tips Mendampingi Anak yang Kecanduan Internet

Cara Menghemat Baterai Smartphone

1. Matikan yang tidak dipakai

Ada kalanya fitur tetap berjalan meski kamu sedang tidak memakainya. Jangan dibiarkan karena aplikasi yang berjalan akan terus menyodot baterai. Maka dari itu, saat tidak digunakan, ada baiknya fitur-fitur tersebut dinonaktifkan agar daya pakai smartphone bisa lebih lama lagi, seperti misalnya koneksi Wi-Fi, Bluetooth, hingga GPS. Oh iya, sebisa mungkin jangan aktifkan mode getar, sebab ketika getar, perangkat akan berusaha keras untuk memutar alat penggerak sehingga menghasilkan vibrasi.

2. Nyalakan Airplane mode

Tips menghemat baterai smartphone yang kedua adalah dengan menyalakan Airplane mode. Namun, perlu diingat bahwa dengan menyalakan Airplane mode maka smartphone kamu tidak bisa mendapatkan sinyal karena sistem jaringan seluler akan mati. Sebaliknya, kamu tetap bisa menggunakan internet dengan menyalakan Wi-Fi. Dibanding Wi-Fi, koneksi data seluler lebih menyedot baterai lho.

3. Matikan aplikasi usai dipakai

Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai smartphone terkuras dalam waktu cepat. Bahkan smartphone kadang suka nge-lag. Nah, untuk melakukan hal ini, tak perlu aplikasi khusus. Android Authority menyebut jika aplikasi khusus ‘killer app’ hanya menambah beban konsumsi baterai. Lagipula, apa susahnya mematikan aplikasi langsung dengan jari kita?

4. Gunakan internet dengan bijak

Seperti yang telah disebutkan di atas, layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang wi-fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi, penggunaan Wi-Fi juga bisa menghemat kuota data seluler yang kami miliki.

5. Atur tingkat kecerahan layar

Kecerahan layar yang cukup tinggi ternyata juga mampu menyedot baterai dalam jumlah besar. Bahkan layar merupakan musuh baterai paling utama. Maka dari itu, atur kecerahan layar kamu serendah mungkin dari fitur Pengaturan di dalam HP. Atau bisa juga menggunakan fitur Adaptive Brightness yang membuat kecerahan layar diatur secara otomatis tergantung pada situasi dan kondisi pencahayaan di sekitar. Selain itu, atur kunci layar dalam durasi yang lebih cepat. Yang terbaik adalah pengaturan kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

6. Aktifkan mode menghemat baterai

Mode hemat baterai bisa dibilang menjadi ‘pahlawan’ bagi perangkat ponsel. Hampir semua pabrikan smartphone memiliki fitur ini untuk bisa menghemat baterai hingga bertahan lebih lama dari yang diharapkan. Fitur penghemat baterai secara otomatis mematikan aplikasi yang ada di background, mampu mengelola aplikasi dengan baik, mengendalikan pengaturan pada ponsel secara otomatis, dan yang paling penting, secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.

Baca Juga: Biar Unik, Gini Cara Bikin Warna Font WhatsApp

Exit mobile version