Tip Belanja di Pekan Raya Jakarta, Hemat dan Cerdas

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta ke-54 kembali hadir menyapa para warga sekitar DKI Jakarta. Acara tahunan ini digelar 14 Juni hingga 16 Juli 2023, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Event terpopuler di Jakarta ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta. Adapun, pada tahun 2023 ini tema yang diangkat bertajuk ”Bersatulah Indonesia Mendukung Perdagangan dalam Negeri dan Ekspor ke Pasar Dunia”. 

Gelaran Jakarta Fair menjadi pameran modern yang menampilkan produk-produk unggulan dengan diskon menggiurkan bagi para pengunjung disertai hiburan dan konser musik. Terdapat 1.500 stan dan 2.500 tenant yang tergabung dalam Jakarta Fair Kemayoran 2023 kali ini. 

Pihak swasta hingga UMKM terlibat juga dalam event ini menawarkan produk-produk fashion, aksesoris, elektronik, furniture, otomotif hingga kuliner. Daya tarik acara ini sangat tinggi hingga warga luar Jakarta pun selalu menantikan dan datang ke event ini.

Agar tidak kalap ketika berkunjung ke PRJ, pastikan untuk melakukan beberapa tip belanja hemat dan cermat berikut ini. 

Tip Belanja Hemat dan Cermat di Pekan Raya Jakarta

Tip Belanja di Pekan Raya Jakarta, Hemat dan Cerdas

1. Tetapkan Anggaran Belanja

Tak hanya ke Pekan Raya Jakarta, saat berencana untuk belanja, kamu juga perlu menetapkan anggaran sebelum berangkat. Apalagi, di PRJ kamu akan menemukan berbagai diskon barang menarik. Dengan menetapkan anggaran belanja, kamu akan dapat mempertimbangkan setiap hal yang ingin kamu beli. 

Tip lain untuk mencegah pemborosan ketika berbelanja di PRJ yaitu dengan membawa uang sesuai dengan anggaran yang ditentukan. Selain itu, para pengunjung PRJ juga harus berhati-hati karena sering kali muncul pencopet di tempat ramai seperti Pekan Raya Jakarta.

Bahkan, kamu tak perlu membawa kartu ATM untuk pembayaran. Tak sedikit stan di PRJ yang menerima pembayaran QRIS. Dengan begitu, kamu fokus mengamankan smartphone yang kamu bawa dan dompet kecil untuk uang tunai saja. 

Baca juga: Pekan Raya Jakarta: Sejarah dan Fakta Uniknya

2. Buat Daftar Belanja 

Jika tujuan untuk ke PRJ membeli kebutuhan rumah tangga yang sedang diskon besar, kamu dapat membuat daftar apa saja yang kamu butuhkan di rumah dan berapa anggaran yang diperlukan. Untuk bisa update, ada beberapa content creator yang digandeng untuk mempromosikan berbagai program dan peluang diskon di PRJ. Kamu bisa mencari informasinya di media-media sosial, lewat konten-konten mereka. 

Selain itu, lewat akun resmi PRJ pun sering kali memberikan informasi daftar stan dan brand yang tengah memberikan diskon besar-besaran. Nah, kalau sudah begini, biasanya nafsu belanja jadi melonjak deh. So, kalau ada daftar belanjaan, maka hal tersebut dapat menahan kamu menjadi impulsif di tengah gemerlap diskon PRJ.

3. Pergi bersama Teman atau Keluarga

Cara belanja di Pekan Raya Jakarta dengan hemat dan cermat lainnya yaitu dengan mengajak teman atau keluarga.

Tip ini cukup efektif, teman atau kerabatmu dapat menjadi pengingat agar kamu tidak kalap dan belanja sesuai dengan apa yang telah dianggarkan sejak awal. Ongkos untuk pergi ke PRJ pun dapat lebih murah karena dapat dibagi.

4. Makan sebelum Berangkat 

Mengisi perut di rumah sebelum berangkat dapat membuat kamu bisa menahan diri untuk jajan makanan secara berlebihan. Dengan demikian, uang yang disisihkan akan fokus digunakan untuk belanja hal-hal yang memang diperlukan. Kamu dapat membeli makanan ketika selesai berbelanja dan sebelum pulang ke rumah. 

5. Selektif Memilih Barang 

Berbahagialah jika kamu memang tipe orang selektif. Ketika datang ke PRJ, di mana banyak barang-barang menarik dengan harga terjangkau, kamu tetap akan memperkuat insting untuk memilih barang yang memang bermanfaat dan berkualitas. 

Sebelum membeli barang, pastikan kamu memang membutuhkan barang tersebut. Yakinkan dirimu sendiri, dan bertanyalah, apakah hidupmu akan sulit jika tidak membeli barang-barang tertentu tersebut?

Pasalnya, ketika kamu membeli sebuah barang hanya karena keinginan, atau atas nama mumpung diskon, padahal sebenarnya tidak butuh, maka  itulah awal mula pemborosan terjadi.

6. Tawar Harga Barang Incaran

Sejumlah stan di PRJ memang memberikan papan dengan tulisan “Harga Nett”. Tetapi, jangan ragu untuk tetap teguh pada konsep berhemat. Beranikan diri untuk memberi penawaran harga yang lebih rendah untuk mendapatkan barang bagus. 

Berikan penawaran secara bijaksana, tanpa memaksa. Kamu dapat melihat mengecek perbandingan harga dengan yang dijual di online shop. Lalu, pertimbangan dengan bijak dan tawar dengan harga sesuai. 

7. Belanja ketika Hampir Tutup

Pekan Raya Jakarta dibuka pukul 15.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB untuk weekdays dan buka dari pagi hingga malam saat akhir pekan. Belanja di jam-jam menjelang akhir penutupan biasanya akan ada potongan harga yang menarik. 

Para pedagang tak ragu memberikan potongan harga spesial jelang tutup. Umumnya, para penjual makanan atau minuman yang menurunkan harga demi menghabiskan stok sebelum habis masa kedaluwarsa. Diskon fantastis jelang tutup bisa mencapai 20-70 persen. 

8. Jangan Ragu Window Shopping 

Ketika memasuki stan, kamu pastinya akan berkeliling dan mencari barang yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika memang tidak ada barang yang pas dan sesuai harapan, maka jangan ragu untuk keluar dan mencari ke tempat lain. 

Bahkan, ajang Pekan Raya Jakarta pun tidak hanya untuk membeli sesuatu. Kamu bisa mengajak teman atau kerabat hanya untuk berkeliling dan melihat-lihat atau Window Shopping. Jangan segan untuk melihat-lihat tanpa membeli. 

Baca juga: Yuk, Cermat dan Bijak Kelola Belanja Bulanan

Demikian beberapa tip yang bisa dilakukan agar bisa belanja hemat dan cerdas saat Pekan Raya Jakarta. Siap untuk berbelanja sekarang?

Exit mobile version