Bukalapak dan Kemenkop UKM Suarakan Dukungan untuk UMKM Lokal

Melalui program Rabu Lokal, Bukalapak dan Kemenkop UKM menyampaikan dukungannya terhadap UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Bukalapak mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal sebagai bagian dari dukungan pemberdayaan pelaku UMKM Indonesia. Ajakan tersebut disampaikan Bukalapak pada program bincang virtual Rabu Lokal edisi khusus yang bertajuk “Semangat Merdeka Mendukung Penggerak Ekonomi Indonesia”.

Dalam acara tersebut Bukalapak bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) menyampaikan komitmen untuk senantiasa mendukung UMKM menjaga ketahanan bisnis mereka, terutama di masa pandemi.

BACA JUGA : Mau Vaksin? Simak Tips Sebelum Vaksin Covid-19 Berikut!

Rabu Lokal sendiri merupakan gerakan mengajak masyarakat mengapresiasi dan mendukung produk buatan Indonesia dari UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Saat ini, kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) ekonomi nasional mencapai hampir 61 persen dan mampu menciptakan 97 persen dari lapangan pekerjaan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, “Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pelaku UMKM, namun demikian masih banyak UMKM bisa bertahan bahkan tumbuh, yaitu UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.”

Meski demikian, tantangan transformasi digital tidak hanya pada kehadiran UMKM di platform digital. Terdapat tantangan lain diantaranya seperti literasi digital, kapasitas produksi yang masih relatif rendah, kualitas produksi yang belum memenuhi standar, hingga akses pasar.

“Kami berterima kasih kepada perusahaan digital, termasuk salah satunya Bukalapak, yang telah memberikan dukungan dalam bentuk pemasaran dan pemberdayaan bagi pelaku UMKM. Hal ini dapat membantu pemerintah dalam mendorong digitalisasi UMKM, yang sebelum pandemi hanya ada di angka 8 juta, sekarang meningkat menjadi 22,7 persen selama pandemi,” lanjut Teten.

BACA JUGA : Sambut Hari UMKM, Pemerintah Minta Terus Berinovasi dan Transformasi

Sementara itu, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyatakan bahwa dukungan Bukalapak sebagai perusahaan all-commerce buatan lokal dituangkan dalam berbagai langkah dan inisiatif.

“Penyerapan produk UMKM di dalam negeri harus ditingkatkan. Perlu ada keberpihakan dari kita semua untuk berkomitmen mendukung UMKM dengan cara membeli produk lokal.” kata Rahmat.

Bukalapak sendiri telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mewujudkan dukungan tersebut. Seperti memberlakukan satu tarif untuk layanan Super Seller sebesar 0.5%, sebuah nilai tarif termurah yang diberikan oleh platform e-commerce di Indonesia.

Selain itu, ada Kontes Pelapak Indonesia dengan menawarkan insentif yang cukup besar, sehingga diharapkan dapat makin memberi angin segar bagi bagi para pelaku UMKM di seluruh penjuru negeri.

Bukalapak juga turut membantu pelaku UMKM yang melayani pelanggan secara offline, seperti warung dan agen-agen individual, agar bisa naik kelas dengan memanfaatkan teknologi melalui program Mitra Bukalapak.

Exit mobile version