Bukan Hiasan, Ini Fungsi Kancing Kecil di Saku Celana Jeans

 

Meski sudah lama, namun keberadaan celana jeans sampai saat ini masih sangat digandrungi. Bahkan dari sektor fashion sendiri, material jeans masih tetap jadi pilihan utama yang bisa dikolaborasikan dengan ragam pakaian lain.

Seiring dengan perkembangannya, jeans pun mulai banyak digunakan kaum hawa, dan tak bisa dipungkiri, justru makin populer berkat ragam model yang sukses dikembangkan.

Tapi, apakah pernah meyadari bila setiap celana jeans selalu dilengkapi dengan bagian unik seperti kancing kecil terbuat dari besi atau kuningan yang biasanya terletak di bagian kantong.

BACA JUGA : Biar Aman, Ini Panduan Safety Riding Bagi Wanita

Apakah sudah tahu maksud dan tujuannya, atau memang hanya sekadar pelengkap fashion saja agar tidak monoton ? Benarkan demikian !

Kancing kecil celana jeans

Melansir dari beragam sumber yang salah satunya adalah Goodhouskeeping.com, ternyata kancing kecil pada jeans bukan hiasan atau aksesori semata, melainkan memiliki peran yang tak bisa dianggap remeh.

Kancing yang kerap disebut dengan rivets tersebut, memiliki tugas untuk menopang ujung jahitan pada ditiap sisi celana jeans.

Dengan demikian, struktur jahitan diklaim akan lebih kuat. Terutama jahitan pada sektor saku atau kantung, yang biasanya digunakan untuk menyimpang ramah barang, mulai dari uang sampai ponsel.

Asal muasalnya rivet atau kancing pada jeans juga sudah ada sejak dulu. Kabarnya, pemasanan rivet tersebut dicetuskan oleh seorang istri penambang bernama Jacob Davis.

Jadi, jeans sendiri dulunya banyak digunakan oleh penambang karena memiliki material yang kuat dan dianggap bisa melindungi, namun Jacob sering mengeluh pada istrinya karen jeans yang digunakan mudah rusak atau sobek, terutama pada bagian kantung.

BACA JUGA : Kemenhub Wajibkan Aplikasi PeduliLindungi di Semua Moda Transportasi

Istri yang menjahit celana jeans Jacob berinisiatif untuk memasang rivet di daerah dekat kantong, karena sektor tersebut yang paling rawan lantaran banyak meregang saat berjalan atau beraktivitas.

Dengan adanya rivet, otomatis membantu potongan bahan menyatu dengan erat sehingga hasilnya akan lebih kuat dan tak mudah sobek.

Exit mobile version