Cara Download Sertifikat Vaksin, Jangan Dicetak!

cara download sertifikat vaksin

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mencetak sertifikat atau kartu vaksin. Daripada kamu harus mencetak kartu vaksin, lebih baik kamu bisa download saja melalui smartphone. Ada kok cara download sertifikat vaksin.

Menunjukkan bukti vaksin saat ini menjadi salah satu syarat wajib untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari melakukan perjalanan sampai ketika ingin masuk ke pusat perbelanjaan atau mal. Nah, sayangnya masih ada sebagian masyarakat yang malah mencetak kartu vaksin.

Baca Juga: Syarat Wajib Vaksin Masuk Mall Demi Menyelematkan Pelaku Usaha

Padahal, kartu tersebut sekarang ini menjadi salah satu dokumen penting. Di dalam kartu vaksin terdapat QR code yang memuat data pribadi, seperti salah satunya Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, nama, hingga merk vaksin yang dipakai.

Makanya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mengimbau masyarakat untuk jangan mencetaknya. Masyarakat bisa melihat sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi yang bisa didapatkan di toko aplikasi, seperti Google Play Store dan App Store.

“Dengan adanya aplikasi PeduliLindungi ini, masyarakat tidak perlu lagi repot mencetak sertifikat vaksin yang dimiliki,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengutip dari Sindonews. Menurut Wiku, sangat berbahaya apabila kartu vaksin bisa jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Imabuan untuk tidak mencetak sertifikat vaksin ini muncul lantaran banyaknya jasa yang menawarkan cetak kartu tersebut. Nah, mending kamu download aja di HP. Jadi, ketika dibutukan kamu tinggal tunjukin sertifikat yang sudah kamu download di smartphone. Berikut langkahnya.

Baca Juga: Mau Vaksin? Simak Tips Sebelum Vaksin Covid-19 Berikut!

Cara Scan QR Code dari aplikasi PeduliLindungi

Seperti yang dikatakan di awal, QR code ini menyimpan data penting. QR code dibutuhkan ketika kamu ingin masuk ke pusat perbelanjaan atau mal. Untuk menggunakannya:

  1. Buka aplikasi PeduluLindungi dan login
  2. Pilih Scan QR Code di menu utama
  3. Pindai QR Code yang tersedia di lokasi pintu masuk mal
  4. Tunjukan hasil scan tadi kepada petugas yang berjaga di mal
  5. Nantinya akan muncul warna sebagai tanda
  6. Hijau berarti kamu aman, kuning harus dilakukan verifikasi ulang, dan merah dilarang masuk.

Cara download sertifikat vaksin dari aplikasi PeduliLindungi

  1. Buka aplikasi PeduluLindungi dan login
  2. Di menu utama, pilih Akun
  3. Dari sekian banyak menu di Akun tadi, pilih Serifikat Vaksin, pilih nama kamu
  4. Nantinya akan muncul sertifikat vaksin pertama dan kedua
  5. Tunjukan sertifikat tersebut kepada petugas mal
  6. Kalau tidak mau repot, kamu juga bisa download sertifikat tadi supaya tersimpan di galeri, mana kala ponsel dalam kondisi internet mati.

Itu dia tadi cara download kartu vaksin. Lebih baik menggunakan aplikasi daripada kamu harus mencetaknya. Selalu waspada akan tindak kejahatan dengan tidak mencetak sertifikat vaksin.

Baca Juga: Tips Anti-Tumbang Setelah Vaksin ala JNE

Exit mobile version