Engagement JNE Jember ke Karyawan Berkembang Hingga Ciptakan Sebuah Value

Oleh : Agung Deri Krisyanto, JNE KCU Jember

Dalam upaya menjaga agar karyawan tetap aktif dan produktif selain melakukan aktifitas pekerjaan sehari-hari, perusahaan juga memberikan wadah untuk karyawan menyalurkan bakat juga kebolehan sebagai wujud pembelajaran dan membangun budaya.

Bukan sekedar mencari kehidupan di perusahaan melainkan bagaimana karyawan juga memiliki kepedulian untuk menghidupkan perusahaan dengan cara berkegiatan yang positif dan bermanfaat.

Sebagai wujud nyata adalah dengan adanya kegiatan dibawah naungan engagement yang diprogramkan oleh perusahaan bersama dengan karyawan menginisiasi dua jenis atau kategori program yaitu spiritual/rohani serta jasmani.

JNE Jember seyogyanya sudah cukup rutin melaksanakan kegiatan tersebut, berawal dari Khataman Qur’an tiap dua bulan sekali, Sholawat bersama tiap sebulan sekali, pembacaan Surat yasin tiap malam jum’at dan kegiatan lainnya dengan background spiritual.

Sebagai penyeimbang JNE Jember juga men-support dan memberikan wadah terhadap karyawan yang ingin menyalurkan skill atau bakat dalam berolahraga seperti halnya Futsal, Pingpong, Badminton, Aerobic dan lain sebagainya.

Adanya kegiatan-kegiatan tersebut tentunya tidak lepas dari budaya yang dibangun serta diwariskan oleh Pendiri JNE Alm. H Soeprapto Soeparno yang pada akhirnya tertanam menjadikan sebuah kebiasaan ksatria srikandi JNE, bahwa JNE didirikan oleh beliau bukan hanya untuk sekedar menjalankan bisnis.

Selain demi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkirim-kirim paket, pendiri JNE Alm. H Soeprapto Soeparno juga menanamkan prinsip bagaimana mengamankan misi untuk dunia dalam sosial dan akhirat dengan berkegiatan baik olahraga maupun keagamaan.

Dalam hal ini beliau juga meyakini bahwa JNE dapat terus tumbuh dan berkembang seiring perkembangan jaman dan perubahan dunia yang begitu cepat bukan hanya dari unsur management tetapi ada campur tangan dari doa anak yatim, kaum dhuafa yang merasakan manfaat dari kegiatan-kegiatan di JNE.

Begitupun juga yang menjadi rutinitas di JNE Jember, sebagai upaya agar tetap istiqomah dalam kebermanfaatan. Saat ini di JNE Jember sudah memiliki kegiatan sosial dan keagamaan yang latar belakangnya bukan sekedar menjalankan ibadah rutin namun bagaimana juga fokus dalam membina, meningkatkan skill maupun wawasan karyawan beserta keluarga yang memiliki antusias mendalami ilmu keagamaan.

Sebut saja kegiatan Tahsin Qur’an yang sebelum pandemi rutin berjalan setiap seminggu dua kali dengan menghadirkan Guru dari yayasan agar karyawan beserta keluarga lebih baik dalam mengaji atau membaca ayat suci Al Qur’an sampai dengan pembacaan Hadist riwayat Nabi setelah sholat berjamaah secara bergantian oleh karyawan sampai dengan sekarang.

Semakin semangat karena Pemilik JNE Jember mendukung penuh bahkan juga antusias memberikan arahan-arahan agar kegiatan yang diprogramkan dan diaplikasikan benar-benar sejalan dengan apa yang diharapkan,

“Bapak dan Ibu sangat senang karena teman-teman begitu peduli terhadap perusahaan dengan menunjukan antusias dalam kegiatan diluar lelahnya bekerja dan mungkin saat melakukan kegiatan mengurangi sedikit waktu untuk keluarga, khususnya rohani kalau bisa tolong lebih diperbanyak lagi” ujar Ibu Nur Farida sebagai salah satu pemilik JNE Jember saat pemaparan laporan bulanan oleh Kepala Cabang.

Sebagai langkah pengembangan, oleh divisi marketing diaktifkan akun ig @jneengagement.jbr yang akan dimaksimalkan untuk bersosialisasi dan mengabadikan momen saat event atau kegiatan berlangsung. Setidaknya ini adalah inisiatif yang diwujudkan karena kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi rutinitas secara internal karyawan mulai dilirik dan diminati oleh perusahaan serta komunitas lain yang sejalan.

Dari salah satu Bank syariah, pernah visit ke JNE dan menawarkan untuk mengadakan kegiatan keagamaan bersama lalu juga ada dari customer mayor JNE Jember dan komunitas olahraga menghubungi. Semuanya mengajak untuk mengadakan latihan bersama atau laga persahabatan.

Pada akhirnya kegiatan yang awalnya diinisiasi secara internal dalam rangka memberikan wadah untuk karyawan dapat melakukan aktifitas diluar rutinitas pekerjaan juga menjadi sebuah value yang bisa disinergikan dan dikolaborasikan dengan external agar saling memberi manfaat kepada lingkungan baik dalam hal guyub rukun dalam satu venue maupun yang bersifat kebermanfaatan langsung.

Seperti halnya santunan anak yatim, khitanan massal, renovasi mushola dan lain sebagainya, semoga kegiatan-kegiatan yang positif serta bermanfaat ini dapat tetap istiqomah berjalan di JNE Jember disela-sela kesibukan ksatria / srikandi menjaga amanah pelanggan.*

Baca juga : 5 Tempat Ngopi di Tangsel yang Cocok Banget Buat Jadi Referensi Nongkrong

Exit mobile version