Gaya Foto-Foto Cantik: Tip dan Trik untuk Foto Selfie Terbaik

Memiliki sejumlah foto-foto cantik saat berkunjung di coffee shop atau tempat wisata sudah menjadi kebutuhan masyarakat digital sekarang ini. Hasil foto tersebut biasanya diunggah ke media sosial atau dibagikan di story.

Tidak dipungkiri, selfie sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat dan tidak mengenal gender. Apalagi bagi mereka yang aktif di media sosial, memiliki foto-foto cantik adalah sebuah kewajiban.

Bahkan sudah menjadi rahasia umum ada yang rela upgrade gadget di versi terbaru demi mendapatkan kualitas foto terbaik dan bisa melakukan mirror selfie dengan tampilan logo ponsel tersebut. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, karena setiap orang memiliki kebutuhan dan pandangan berbeda tentang gaya hidup.

Biasanya foto selfie memiliki banyak pose untuk ditampilkan agar terlihat lebih fotogenic dan estetik, sehingga bisa mendulang banyak likes, komen serta engagement yang tinggi. Sayangnya, masih ada yang sering kesulitan mendapatkan foto-foto cantik saat selfie. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor misalnya kurangnya cahaya, salah pose dan komposisi tidak tepat.

Oleh karena itu, agar bisa menghasilkan foto selfie terbaik, berikut akan dijelaskan beberapa tip dan trik pengambilan foto yang mudah untuk dipraktikkan.

Tips dan Trik Foto-Foto Cantik Selfie Terbaik

Gaya Foto-Foto Cantik

1. Cahaya adalah Kunci

Foto yang minim cahaya akan membuat objek tidak terlihat jelas. Selain itu, foto dengan kualitas rendah cahaya akan sulit diedit. Walaupun bisa menaikkan kecerahan tapi hasilnya akan kurang tajam.

Tidak perlu repot mencari lampu studio, berbekal cahaya matahari bisa menghasilkan foto-foto cantik terbaik. Caranya, dengan mencari spot foto baik di rumah atau ruang publik yang memiliki cahaya matahari melimpah.

Misalnya, rumah menghadap arah timur, berarti saat memotret terbaik itu di pagi sampai siang hari. Memotret dengan cahaya matahari melimpah, akan menghasilkan foto selfie yang glowing, lebih tajam dan minim editing.

Baca juga: Tip dan Panduan Foto Selfie OOTD Hijab ala Fashionista

2. Gunakan Make Up Lebih Bold

Ingin menghasilkan foto-foto selfie cantik, tentunya kamu harus memiliki ‘modal’, tidak perlu mahal karena bisa dilakukan sendiri yaitu rias wajah. Dengan menggunakan make up sedikit lebih bold dari riasan sehari-hari, akan menghasilkan foto yang kontras tapi estetik.

Sebagai trik, gambar alis dengan warna agak lebih gelap, gunakan eyeliner dan eye shadow warna natural seperti pink, sebagai penutup gunakan lipstik lebih bold seperti warna merah, atau ombre dengan warna cerah. Pilih salah satu bagian mata atau bibir yang ingin ditonjolkan. Apabila ingin menggunakan lipstik warna nude, berarti riasan mata agak sedikit lebih tebal.

Jangan lupa untuk tata rambut dengan rapi. Bisa menggunakan gaya cepol, ponytail atau diurai saja. Bagi yang mengenakan hijab, atur rapi hijab agar tampak selaras dengan make up.

3. Latar Belakang Foto

Latar belakang foto juga berpengaruh terhadap hasil foto estetik. Gunakan latar belakang yang sederhana, misalnya dinding polos atau sedikit bertekstur. Bisa juga menggunakan latar taman tapi jangan terlalu ramai yang bisa membuat fokus foto jadi teralihkan.

Apabila ingin foto di keramaian, pastikan menggunakan setting kamera dengan aperture yang besar, ada jarak antara objek dengan background dan jarak antara kamera dengan objek tidak jauh. Jika menggunakan kamera ponsel, pastikan titik fokusnya di objek.

4. Pose dan Ekspresi Wajah

Ingin tampil cantik, feminim, sporty, galak bisa diwujudkan dengan pose dan ekspresi wajah yang tepat. Berikut ini beberapa pose dan ekspresi yang bisa dijadikan referensi untuk foto selfie.

Semua pose tersebut bisa dicoba dan menyesuaikan dengan kebutuhan ingin menampilkan suasana apa di foto nanti.

5. Sudut Pengambilan Foto

Dalam teknik fotografi, sudut pengambilan foto akan memengaruhi hasilnya. Jadi, untuk foto-foto cantik selfie umumnya menggunakan high angle untuk menampilkan wajah yang ramping. Sedangkan low angle yaitu foto dengan kamera dari bawah untuk menghasilkan ilusi objek foto yang tinggi serta ramping.

Selain dua sudut pengambilan foto tersebut, ada juga yang sering menggunakan frog view. Angle foto ini akan menghasilkan efek visual yang memukau. Objek foto akan tampak lebih tinggi, ramping serta elemen-elemen di belakang objek akan tertangkap kamera dan menghasilkan foto yang estetik.

6. Editing

Mengedit foto tidak perlu terlalu ‘wah’, seperlunya saja dengan menggunakan beberapa elemen seperti kecerahan, kontras, saturasi, detail, sharp. Foto yang dihasilkan dengan cahaya melimpah, biasanya tidak memerlukan editan banyak. Menggunakan filter juga bisa menambah nilai estetika foto.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Foto dengan Tool Selengkap Aplikasi Photoshop

Semua orang bisa menghasilkan foto-foto cantik dengan cara menerapkan beberapa tips dan trik di atas. Gimana tertarik mencobanya? Selamat memotret.

Exit mobile version