Hati-Hati, Modus Baru Pembobolan Rekening via Link WhatsApp

ilustrasi gambar whatsapp yang menjadi modus baru pembobolan rekening

closeup hand holding smart phone with social network mock up blank speech bubbles template chat box dialogue on phone screen for text chatting and online message concept, isolated on white background

Modus penipuan dan pembobolan data semakin marak di Indonesia, dan caranyapun beragam. Terbaru adalah modus pembobolan rekening melalui undangan pernikahan yang dikirim via WhatsApp.

Dalam tangkapan layar yang beredar di media sosial, akun @heraloebss mengingatkan untuk berhati-hati terhadap modus baru ini.

“Ada modus baru pembobolan rekening via undangan pernikahan melalui WhatsApp,” dikutip dari @heraloebss, Sabtu (28/1/2022).

Baca juga: Penipuan Berkedok Promo dari KAI, Hati-Hati!

Dijelaskan, pelaku mengirimkan file berbentuk APK yang disertai keterangan surat undangan pernikahan. Saat mengirimkan file tersebut, pelaku tidak menyertakan nama pengirim dan calon pengantin.

Nah, hal itu tentunya mengundang rasa penasaran hingga akhirnya penerima mengklik tautan tersebut atau mengunduh aplikasinya.

Kemudian, bila aplikasi selesai diunduh, pelaku pun dapat mencuri data pribadi yang masuk melalui SMS, termasuk data perbankan yang bersifat rahasia seperti OTP (One Time Password) dan data lainnya.

Kejahatan penyadapan melalui jaringan internet ini dinamakan sniffing. Tujuan utama dari modus ini adalah untuk mencuri data dan informasi penting pemilik ponsel.

Data penting tersebut berupa username dan password m-banking, informasi kartu kredit, password email, dan lainnya.

Baca juga: Hati-hati Krim Racikan Abal-abal, Kenali Perbedaannya

Merujuk dari Otoritas Jasa Keuangan, berikut tips agar terhindar dari kejahatan sniffing ini:

1. Hindari mengunduh sembarangan aplikasi atau mengklik tautan yang dikirim melalui SMS, WhatsApp atau e-mail.

2. Pastikan keaslian nomor telepon, SMS, atau WhatsAppa dengan menghubungi call center resmi perusahaan bila menerima pesan yang mencurigakan.

3. Usahakan hanya mengunduh aplikasi resmi dari sumber resmi (website resmi perusahaan, App Store, Play Store).

4. Aktifkan notifikasi transaksi rekening. Kemudian, selalu cek history rekening secara berkala. Dan pastikan selalu mengganti password secara berkala. Serta jangan gunakan Wi-Fi publik untuk transaksi keuangan.

Baca juga: Ragam Fakta Jamur Cordyceps Dari Serial di The Last of Us

Exit mobile version