Ini Salah Satu Cara JNE Sukabumi Mendukung Pertumbuhan UMKM

Oleh : Neng Sarah Salsabila, JNE KCU Sukabumi

UMKM merupakan pilar yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

Namun hal ini tidak terlepas dari tantangan yang ada, untuk menjawab tantangan tersebut pemerintah menjalankan berbagai macam program dukungan untuk UMKM, termasuk JNE selaku pihak ekspedisi siap membantu pemerintah untuk memberi dukungan terhadap perkembangan UMKM saat ini.

Kepala Cabang JNE Sukabumi, Tri Hery mengatakan seiring dengan pertumbuhan JNE dari tahun ke tahun JNE mengalami kenaikan atas penjualan sekitar 20% sampai dengan 30% setiap tahunnya. Angka tersebut menunjukan bahwa pertumbuhan UMKM di sukabumi terus meningkat.

Hal ini bisa digambarkan dengan banyaknya para pebisnis online yang baru, dengan begitu JNE dapat terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya dengan pertumbuhan UMKM saat ini.

Produk UMKM di Sukabumi sangat beragam seperti kerajinan dan makanan yang menjadi ciri khas. Namun saat ini produk fashion masih yang paling dominan. Dengan JNE yang mempunyai hampir 8000 titik layanan diseluruh Indonesia Produk UMKM di Sukabumi tersebar luas dari sabang sampai dengan merauke.

Ketika ditanya daerah mana yang paling banyak tersebar produk UMKM di Sukabumi Tri Hery menjelaskan saat ini wilayah yang paling banyak pengirimannya yaitu ke pulau jawa dan Sumatera. Sebagai penggerak ekonomi nasional Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus bisa beradaptasi dengan era digital saat ini yaitu dengan cara memanfaatkan media online seperti marketplace dan social commerce.

Tri Hery  menjelaskan, “Saat ini JNE terus mendorong dengan program-program terhadap UMKM agar UMKM tersebut bisa berkembang, sala satu nya yaitu dengan cara pelatihan digital marketing, program cashback diskon gratis ongkir, JLC JNE loyality Card, dan layanan free Pick Up tanpa ada minimal paket”, Ucapnya.

Harapannya “untuk produk UMKM di Sukabumi agar dapat terus maju dan berkembang bersama dengan JNE dan semoga UMKM di Sukabumi dapat terus mempercayakan produknya untuk mengirimkan ke berbagai daerah di Indonesia melalui jasa kami”, tutur Hery.

“JNE siap membantu men-support dan ikut andil untuk perkembangan UMKM di Indonesia saat ini, karena seperti yang kita ketahui agar Indonesia bisa menjadi negara maju, kita harus terus memacu perkembangan para wirausaha atau UMKM ini,” pungkasnya. *

Baca juga : JNE Pekanbaru Salurkan Donasi Berupa Ambulans, Keranda Jenazah dan Sembako

Exit mobile version