Kolaborasi Dengan JNE Pusat, Kini Mural JNE Jember Menjadi Daya Tarik Baru

Oleh : Agung Deri Krisyanto, Branch Manager Jember

Kota karnaval, sebutan untuk sebuah kota di timur pulau Jawa yang memang dikenal dengan event tahunan karena memportontonkan berbagai jenis kostum unik dengan unsur etnik. Kota ini menjadi daya tarik media nasional, bahkan international.

Kota ini juga dikenal dengan salah satu hasil utama yang menjadi komoditi unggulan yaitu tembakau. Jika kita berkeliling, akan terlihat area persawahan terbentang hijau menawan diselingi gudang berbahan anyaman bambu beratapkan daun kering yang berfungsi menjadi gudang penyimpanan tembakau setelah panen.

Ya, Kota Jember Jawa Timur. Sebagian gambaran di atas saat ini telah dipadukan menjadi sebuah karya yang mencolok mata berdiri kokoh di kantor utama JNE Cabang Jember. Mural, begitulah biasa disebut di antara pro kontra dan simpang siur persepsi mata memandang serta hati menilai.

Terbukti berdirinya mural ini seolah mengajak seluruh karyawan JNE Jember maupun customer untuk menjadikan tembok bercorak warna merah menyala penuh dengan gambar yang setiap goresannya memiliki cerita ini menjadi objek foto baru yang siap diunggah menjadi konten di media sosial.

Tepatnya di tembok sebelah selatan kantor utama JNE Cabang Jember, Mural ini berhasil dikreasikan atas upaya Dept. Marketing JNE Cabang Jember yang berusaha mengajukan anggaran ke JNE Pusat melalui Dept. Project Brand Specialist.

Kami bersyukur pada akhirnya JNE Pusat menyetujui pembuatan mural ini. Pada hari senin 12 juli 2021 tembok pembatas sebuah kantor yang semula berwarna biru polos itu perlahan dipoles dan dipermak oleh 2 orang ahli dengan target pengerjaan kurang lebih satu mingguan.

Desain mural yang terbentang kurang lebih 12 meter ini bukan hanya menampilkan khas kota Jember namun juga terpampang beberapa desain bergambar maskot JNE yaitu JONI dengan tangan mengepal menggunakan masker. Tentunya ini menggambarkan kondisi kita menghadapi krisis pandemi covid-19 yang menuntut kita untuk tetap menjadi tangguh serta tumbuh.

Pada sisi lainnya JONI yang sedang menaiki kendaraan operasional menyapa dengan penuh kehangatan dalam menyambut setiap customer yang silih berganti datang ke sales counter untuk melakukan pengiriman.

Agung Fathur, Head Unit Sales Marketing JNE Cabang Jember menuturkan bahwa adanya mural ini sebelumnya tidak disangka akan terwujud. “Hal itu karena melihat kantor cabang lainnya yang sudah disetujui, mayoritas pengerjaannya di gedung tinggi atau sisi samping gedung bertingkat”, ungkapnya.

Mural ini tidak sekedar sebuah penguatan branding namun bagaimana menjadi suatu media untuk daya tarik masyarakat bahwa JNE beda, juga menjadi motivasi tersendiri bagi karyawn apalagi posisi mural tepat di akses keluar masuk kendaraan operasional pungkasnya.

Mural yang saat ini menjadi satu pemandangan berbeda di kantor utama JNE Cabang Jember ini dimanfaatkan oleh team Marketing menjadi program give away aktivasi sosial media dengan foto maupun konten lainnya. Akan dipilih 3 (tiga) foto dengan poin tertinggi yang akan menjadi pemenang serta mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan gimmick dari JNE.

Tidak sampai disitu, inisiatif Pusat yang disambut baik oleh JNE di beberapa daerah ini pun saat ini menjadi bukti bahwa JNE memiliki kreaitifitas juga inovasi yang begitu tinggi. Semoga kedepan semakin banyak cabang JNE yang turut antusias memiliki kreatifitas untuk dituangkan dalam program sebagai perwujudan penguatan Branding JNE.

Exit mobile version