9 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara Penuh Tradisi dan Keunikan

JNEWS – Momen ulang tahun adalah hal yang dinantikan oleh banyak orang. Ada yang merayakannya dengan pesta, traktir teman atau mengadakan syukuran kecil-kecilan bersama keluarga. Dalam merayakannya, biasanya ada makanan khas ulang tahun dari berbagai negara yang menjadi tradisi untuk selalu disediakan.

Umumnya dalam merayakan ulang tahun, kue basah seperti black forest atau cake dengan hiasan warna-warni selalu disediakan. Lalu ditambah lilin untuk ditiup sambil berdoa mengucapkan harapan. Namun, ternyata di berbagai negara perayaan ulang tahun menjadi tradisi turun temurun dengan menghadirkan makanan khas.

Menariknya, makanan khas ulang tahun tersebut dibuat dengan berbagai bahan seperti buah-buahan, aneka rempah yang menghasilkan cita rasa manis dan segar. Bentuknya pun bervariasi. Mulai dari bentuk kerucut, berlapis dan warna-warni, hingga makanan khusus yang tersembunyi di dalam sajian ulang tahun.

Makanan tersebut biasanya memiliki filosofi tentang kehidupan dan melambangkan harapan akan masa depan yang lebih baik serta dilimpahi rezeki.

Berikut ini sejumlah makanan khas ulang tahun dari berbagai negara di dunia. Dari kue hingga makanan berat yang bisa disantap dengan nasi.

9 Makanan Khas Ulang Tahun Berbagai Negara

9 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara Penuh Tradisi dan Keunikan

1. Nasi Tumpeng, Indonesia

Nasi tumpeng adalah makanan lengkap dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran yang kerap disajikan di berbagai acara syukuran. Bentuk tumpeng seperti topi kerucut ulang tahun yang berisi nasi kuning dan dihias dengan aneka pauk mengelilingi nasi. Adapun aneka lauk pauknya seperti ayam goreng, urap, mie, tempe orak-arik, dan mi.

Dikutip dari website Raminten, secara etimologi kata tumpeng adalah akronim dari ‘yen metu kudu mempeng’ yang artinya ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat. Nasi tumpeng ini merupakan simbol dari rasa syukur, kemakmuran dan kesejahteraan.

Apabila dikaitkan dengan ulang tahun, tumpe bermakna sebagai dorongan untuk terus bersyukur atas limpahan rezeki yang didapatkan selama ini dalam hidup.

Baca juga: Mengenal Kaiseki: Hidangan Makanan Jepang Tradisional yang Menarik

2. Sup Rumput Laut, Korea Selatan

Makanan khas ulang tahun dari Korea Selatan yaitu sup rumput laut. Sajian ini wajib ada saat ulang tahun. Bagi orang Korea, menyantap sup rumput laut berarti doa agar bisa hidup lebih lama.

Seperti namanya, sup ini terbuat dari kuah kaldu rumput laut yang gurih dan dilengkapi dengan daging sapi atau ayam. Sup ini juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan karena rumput laut kaya akan vitamin, antioksidan  dan mineral.

Selain disantap saat ulang tahun, sup rumput laut juga kerap dikonsumsi oleh para ibu yang baru saja melahirkan. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan nutrisi bagi ibu menyusui.

3. Mi Panjang Umur, Tiongkok

Mi identik dengan Negeri Tirai Bambu. Menurut catatan sejarah, mi pertama kali dibuat oleh masyarakat Tiongkok. Makanan ini disebut shu yin bing yang artinya mi rebus.

Tradisi ulang tahun di Tiongkok adalah menyajikan semangkuk penuh olahan mi yang dipadukan dengan kaldu gurih, sayur, dan topping telur. Adapun mi yang digunakan berbentuk khusus yakni ukurannya lebih panjang dari umumnya. Hal ini dimaksud sebagai simbol berusia panjang.

Mi spesial ini lebih kenyal dan padat karena adonannya dicampur dengan air karbonasi bukan air biasa seperti pembuatan mi pada umumnya. Agar lebih spesial, penyajian mi panjang umur ditambahkan topping chasiu (daging babi panggang) atau potongan ayam rebus.

4. Payash, India

Makanan khas ulang tahun dari India adalah payash. Payash atau dikenal juga sebagai kheer adalah hidangan penutup yang lembut dan manis. Dessert ini kerap disajikan di berbagai festival dan acara khusus seperti ulang tahun.

Bahan baku pembuatan payash adalah nasi, susu, gula dan dibumbui dengan kapulaga serta kunyit. Kurang lebih bentuknya mirip dengan puding beras. Karena bisa dicampur dengan sejumlah bumbu, maka menghasilkan banyak varian payash.

5. Tarte Aux Fruits, Prancis

Di Prancis, tart buat kerap disajikan sebagai kue ulang tahun. Nama lengkap kuenya adalah tarte aux fruits. Tart ini memiliki cita rasa yang lezat dan tampilan yang menarik.

Tarte aux fruits merupakan hidangan klasik Prancis yang terbuat dari kulit pastry renyah dan diisi dengan crème patissiere yang kaya rasa dan lembut, lalu dilengkapi dengan aneka topping buah-buahan segar. Umumnya buah yang digunakan yaitu kiwi, peach, mangga, stroberi, apricot dan blueberry.

Memang cukup rumit dan membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya. Namun sepadan dengan cita rasa yang dihasilkan.

6. Mochi, Jepang

Masyarakat Jepang biasanya merayakan ulang tahun dengan menghadiahi diri sendiri dengan mochi manis berbagai varian. Bentuk mochi sengaja berukuran kecil supaya bisa dinikmati bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Mochi seperti bola yang halus. Bahan baku utama dari mochi adalah ulenan tepung beras yang bertekstur kenyal sehingga mudah disantap. Untuk isiannya, kue ini biasanya ditambahkan aneka pasta terutama dari kacang merah. Penyajiannya ditaburkan sedikit tepung kedelai atau gula.

7. Kransekake, Norwegia

Kransekake atau “kue karangan bunga”, adalah hidangan penutup yang populer di Norwegia. Kue ini berbentuk seperti menara tinggi dan hanya terbuat dari tiga bahan yaitu kacang almond bubuk, gula halus dan putih telur. Umumnya kransekake disajikan pada acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan dan Natal.

Susunan dari kue ini terlihat seperti kue tart dan tingkatnya bisa mencapai 18 atau lebih. Untuk mempercantik tampilan kue ini, biasanya didekorasi dengan berbagai ornamen dan tidak bisa ikut dimakan.

Baca juga: Makanan Sehat dan Usia Panjang: Menjelajahi Diet Orang-orang yang Hidup di Blue Zone

8. Chocotorta, Argentina

Chocotorta adalah hidangan penutup khas Argentina yang terbuat dari biskuit cokelat yang dicelupkan ke dalam susu, dilapisi dengan krim sutra dulce de leche dan cream cheese (atau queso crema).

Kue ulang tahun ini disukai karena pembuatannya yang tidak ribet dan tidak dipanggang. Adapun biskuit yang digunakan untuk kue ini dari merek chocolinas.

9. Yellow Cake, Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, perayaan ulang tahun identik dengan sajian kue basah yang disebut yellow cake. Warna kue ini sesuai dengan namanya, didominasi kuning yang berasal dari penggunaan kuning telur dan mentega yang banyak. Dari bahan itulah yang menjadi pembeda dengan cake lainnya yang mencampur dengan putih telur.

Tampilan dari yellow cake sederhana, tapi diberikan beragam frosting seperti cokelat, raspberry atau lemon. Untuk melengkapi tampilannya, ditambahkan ucapan ulang tahun.

Makanan khas ulang tahun di atas masih terus disajikan pada momen bahagia tersebut. Tidak mesti yang mewah, tapi berkumpul bersama orang tersayang dan menyantap makanan khas di atas menjadi momen bahagia bagi yang berulang tahun.

 

Exit mobile version