Manfaat Positif Membaca Manga dari Seorang Staff IT JNE Klaten

Oleh : Riszal Wahyu Nugroho, JNE Sub Agen Klaten

Andri, di saat jam istirahat kantor

Saat kecil kita pasti pernah dibacakan orang tua kita dongeng maupun fabel seperti cerita Si Kancil, Kisah Pangeran Kodok maupun cerita tentang Cinderella, akan tetapi beda dengan salah seorang staff di bagian IT JNE Klaten Andri, sejak kecil dia sudah disuguhi komik lebih tepatnya komik jepang yaitu Manga.

Manga adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide melalui gambar atau novel grafik yang di buat di jepang atau menggunakan bahasa jepang, Manga pertama yang di baca Andri adalah Doraemon meskipun memang waktu itu belum dapat membaca tapi dengan melihat gambar yang ada sudah sangat menghibur.

Hobi tersebut pun berlanjut hingga dewasa meskipun kesibukan kerja sebagai IT di JNE sudah cukup menguras waktu tetapi ada saja waktu khusus untuk membaca Manga apalagi dengan kemajuan digital di era sekarang baca Manga sudah bisa dilakukan di gawai maupun komputer kapan pun dan dimanapun.

Sudah banyak judul Manga yang dibaca Andri seperti Detektif Conan, One Piece, Haikyuu maupun Bleach, Menurutnya dengan membaca Manga pesan atau maksud dari pengarang atau Mangaka sebutan untuk pembuat Manga lebih mudah tersampaikan karena ada gambar sebagai ilustrasinya dan imajinasi kita lebih dapat berkembang .

Manfaat membaca Manga ada banyak seperti:

Meredakan Stress, Ketika kita membaca Manga rasa stress kita akan berkurang karena biasanya cerita di Manga sangat seru serta gambar tokoh banyak yang lucu dan unik sehingga sangat menghibur.

Dapat Menganalisa Masalah dengan Baik, Jalan cerita di Manga itu sangat sulit di tebak dan tokoh juga sangat beragam sehingga kita akan terlatih menganalisa dan menebak jalan cerita selanjutnya.

Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi, Ketika membaca Manga kita akan terlatih mendapat jawaban atas segala kesulitan dengan cara yang kreatif sehingga kita akan selalu berusaha lebih kreatif dan imajinasi kita akan terus berjalan.

Harapan Andri adalah semoga banyak anak-anak yang sejak dini di ajarkan literasi sehingga kelak banyak komikus Indonesia yang dapat membuat komik lebih baik dari Manga, karena Andri merasa sumber daya dan potensi di Indonesia itu jauh lebih baik daripada negara-negara lain, ditambah lagi keragaman budaya di Indonesia harusnya bisa membuat kita lebih kreatif.

Baca juga : Jurus Jitu UMKM Dongkrak Penjualan via Strategi Omnichannel

Exit mobile version